Roboguru

Tuliskan kelebihan dan kekurangan sumber energi terbarukan dibandingkan sumber energi tak terbarukan!

Pertanyaan

Tuliskan kelebihan dan kekurangan sumber energi terbarukan dibandingkan sumber energi tak terbarukan!

Pembahasan Soal:

Kelebihan dan kekurangan sumber energi terbarukan:

Kelebihan:

Energi baru dan terbarukan dapat selalu dipakai tanpa perlu khawatir pasokannya  akan habis. Sumber energi alternatif juga dikenal ramah lingkungan karena tidak menghasilkan limbah yang merusak lingkungan  atau  memiliki  kadar  polusi  yang  jauh lebih sedikit dari energi fosil. Berbeda dengan  bahan bakar fosil atau minyak bumi yang menghasilkan gas karbon dioksida dan berbagai zat berbahaya lainnya.

Selain  itu,  energi  baru  dan  terbarukan  dapat  diperoleh  dengan  gratis. Misalnya Sinar Matahari,air yang mengalir  secara  terus  menerus  dan  tidak  diperlukan  sebuah investasi dengan  jumlah  yang besar  agar  dapat  mengolah  sumber  daya  terbarukan tersebut  agar   bisa  menjadi  sebuah  energi yang  bisa  Anda  gunakan  setiap harinya. pembangkit listrik  energi  terbarukan  merupakan  investasi yang  bermanfaat  seumur hidup.

Kekurangan:

Walaupun  energi  baru  dan  terbarukan  memiliki  beberapa  kelebihan, yaitu biaya instalasi  awal yang  cukup tinggi. Saat ini, pembangkit listrik dari energi alternatif masih relatif  mahal,  contohnya   adalah bendungan perlu dibangun untuk membuat pembangkit listrik tenaga air, Membangun bendungan termasuk relokasi penduduk melibatkan biaya yang sangat tinggi.

Panel surya,Energi ini juga sulit untuk disimpan dan dikirim secara luas  karena lagi-lagi harganya yang masih tinggi. Selain itu,  energi  terbarukan  juga  sangat  bergantung pada faktor-faktor alam yang tidak bisa diperkirakan atau diatur. Contohnya saja  di  jika terjadi kemarau panjang, pembangkit listrik  tenaga air  akan  sulit  menghasilkan listrik karena arus air yang tidak  sekencang  biasanya.  Begitu  pula dengan  energi  matahari. Ketika cuaca mendung atau berawan, sinar yang didapat pun bisa jadi tidak cukup.

Karena energi ini masih tergolong  baru dan belum banyak  digunakan,  teknologi pendukungnya  juga belum matang. Peneliti masih berusaha menciptakan  teknologi yang lebih murah dan efisien supaya dapat digunakan banyak orang.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Terakhir diupdate 04 Mei 2021

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved