Iklan

Iklan

Pertanyaan

Simaklah kutipan teks berikut!


     Seperti yang kita ketahui, sekarang merupakan era perkembangan zaman. Perkembangan zaman tersebut juga memengaruhi perkembangan teknologi di berbagai bidang, seperti medis, transportasi, komunikasi, dan sebagainya. Namun, jika dikaji lebih dalam, perkembangan teknologi di bidang komunikasi akan memegang peran paling besar. Contohnya, penggunaan smartphone, saat ini telah berubah sangat modern, yakni praktis untuk digunakan dan memiliki berbagai macam fitur canggih dan menarik. Tidak heran, jika di era sekarang ini, remaja banyak yang menyukai smartphone. Umumnya smartphone digunakan para remaja untuk keperluan komunikasi, hiburan dan sebagainya. Namun, seperti yang kita ketahui, bahwa perkembangan zaman dan teknologi yang terjadi sekarang telah memberikan dampak yang besar bagi para remaja.

     Sebagian berpendapat bahwa smartphone memberi dampak positif bagi remaja. Dampak positifnya adalah mereka dapat mengeksplorasi teknologi lebih luas dari sebelumnya, memudahkan segala aktivitas mereka mulai dari berkomunikasi, baik visual maupun audio, mengekspresikan diri, dan membantu dalam mencari materi atau tugas di internet.

     Di samping dampak positif, sebagian orang juga berpendapat tentunya perkembangan smartphone ini juga memiliki dampak negatif pada remaja. Salah satunya adalah penggunaan smartphone dapat membuat remaja kecanduan dan memiliki rasa ketergantungan seperti tidak bisa hidup tanpa perangkat ini. Tidak hanya itu saja, penggunaan smartphone yang berlebihan juga menyebabkan remaja jadi malas belajar dan akhirnya menurunkan prestasi mereka.

     Sebagai seorang remaja, kita harus mampu menggunakan perangkat smartphone kita dengan benar dan pada porsinya. Jika penggunaan smartphone dialokasikan dengan benar, maka akan memberi dampak positif bagi kita.space 

Tuliskan kata yg digunakan untuk menandai kohesi-koherensi antara argumentasi pro dengan argumentasi kontra!

Tuliskan kata yg digunakan untuk menandai kohesi-koherensi antara argumentasi pro dengan argumentasi kontra!space 

Iklan

W. Wahyuni

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Makassar

Jawaban terverifikasi

Jawaban

unsur bahasa yg digunakan untuk menandai kohesi-koherensi antara argumentasi pro dengan argumentasi kontra ialah di samping .

 unsur bahasa yg digunakan untuk menandai kohesi-koherensi antara argumentasi pro dengan argumentasi kontra ialah di samping.space 

Iklan

Pembahasan

Setiap teks atau wacana termasuk teks diskusi haruslah menunjukkan adanya kepaduan. Kohesi berkenaan dengan keterpaduan bentuk, sedangkan koherensi berkaitan dengan kepaduan makna. Dalam menjelaskan argumen menentang dan argumen mendukung dalam teks diskusi memerlukan kepaduan agar hal yang disampaikan tidak rancu. Pada teks diskusi tersebut yang menjelaskan dampak penggunaan smartphone pada kehidupan remaja, terdapat penggunaan frasa di samping agar pembaca memahami bahwa penggunaan smartphone tidak hanya menimbulkan dampak positif, tetapi juga dampak negatif. Dengan demikian,unsur bahasa yg digunakan untuk menandai kohesi-koherensi antara argumentasi pro dengan argumentasi kontra ialah di samping .

Setiap teks atau wacana termasuk teks diskusi haruslah menunjukkan adanya kepaduan. Kohesi berkenaan dengan keterpaduan bentuk, sedangkan koherensi berkaitan dengan kepaduan makna. Dalam menjelaskan argumen menentang dan argumen mendukung dalam teks diskusi memerlukan kepaduan agar hal yang disampaikan tidak rancu. Pada teks diskusi tersebut yang menjelaskan dampak penggunaan smartphone pada kehidupan remaja, terdapat penggunaan frasa di samping agar pembaca memahami bahwa penggunaan smartphone tidak hanya menimbulkan dampak positif, tetapi juga dampak negatif.

Dengan demikian, unsur bahasa yg digunakan untuk menandai kohesi-koherensi antara argumentasi pro dengan argumentasi kontra ialah di samping.space 

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

52

adzra aqilah

Pembahasan lengkap banget Ini yang aku cari! Makasih ❤️

Charlotta Christe Ghiacinta Adriana

Makasih ❤️

9B_ AYUNDA RICA AMELINA_8

Makasih ❤️

Alicia Tiffany Putri

Jawaban tidak sesuai

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Kalimat yang merupakan pendapat pro dalam paragraf tersebut ditandai dengan nomor?

21

4.5

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia