RoboguruRoboguru
SD

Tuliskan kalimat utama pada setiap paragraf!

Pertanyaan

Manfaat Pemenuhan Hak sebagai Warga Negara Indonesia


Setiap warga negara memiliki hak dan kewajiban. Hak dan kewajiban hendaknya dilakukan secara seimbang. Artinya dalam melaksanakan hak tidak lupa juga melaksanakan kewajiban sebagai warga negara. Bahkan kewajiban hendaknya dilakukan terlebih dahulu daripada hak. Banyak manfaat yang dapat dirasakan warga negara Indonesia atas terpenuhinya hak yang dimiliki.

Salah satu contoh manfaat yang diperoleh dari pemenuhan hak atas pendidikan dan pengajaran yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa. Mencerdaskan kehidupan bangsa merupakan salah satu tujuan nasional bangsa Indonesia yang tercantum dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 alinea empat.

Manfaat lain bisa dipahami berdasarkan pemenuhan hak warga negara. Contohnya manfaat atas pemenuhan hak mendapatkan pekerjaan dan penghidupan yang layak bagi kemanusiaan. Pemenuhan hak ini sangat bermanfaat bagi peningkatan perekonomian warga negara Indonesia dan mengurangi jumlah pengangguran.

Adapun pemenuhan hak atas perlindungan hukum jelas akan bermanfaat bagi terwujudnya keamanan, keadilan, dan keteraturan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Dengan demikian, akan tercipta kehidupan yang harmonis antarwarga negara Indonesia dan antara warga negara dengan pemerintah.

Untuk pemenuhan hak atas perolehan fasilitas pelayanan kesehatan sangat bermanfaat dalam menciptakan kesejahteraan umum. Masyarakat yang sehat dapat menjalankan segala kegiatan untuk pemenuhan kebutuhan hidup sehingga tercipta keasejahteraan umum. Menciptakan kesejahteraan umum ini juga merupakan salah satu tujuan nasional Indonesia.space 

Tuliskan kalimat utama pada setiap paragraf!space 

A. Dwianto

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Yogyakarta

Jawaban terverifikasi

Jawaban

kalimat utama pada setiap paragraf di atas dapat kita temukan di awal paragraf karena paragraf tersebut merupakan paragraf deduktif.space 

Pembahasan

Kalimat utama ialah sebuah kalimat yang didalamnya terdapat gagasan utama, gagasan pokok, ide pokok, pikiran pokok ataupun ide utama pada suatu paragraf. Keberadaan kalimat utama pada suatu paragraf sangat penting menjadi kerangka dasar dalam pengembangan paragraf.

Kalimat utama pada tiap paragraf teks di atas adalah sebagai berikut.

  1. Setiap warga negara memiliki hak dan kewajiban.
  2. Salah satu contoh manfaat yang diperoleh dari pemenuhan hak atas pendidikan dan pengajaran yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa.
  3. Manfaat lain bisa dipahami berdasarkan pemenuhan hak warga negara.
  4. Adapun pemenuhan hak atas perlindungan hukum jelas akan bermanfaat bagi terwujudnya keamanan, keadilan, dan keteraturan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.
  5. Untuk pemenuhan hak atas perolehan fasilitas pelayanan kesehatan sangat bermanfaat dalam menciptakan kesejahteraan umum.

Hal itu karena kalimat utama tersebut berisi gagasan yang menjadi pokok pengembangan paragraf atau berisi topik bahasan paragraf.

Dengan demikian, kalimat utama pada setiap paragraf di atas dapat kita temukan di awal paragraf karena paragraf tersebut merupakan paragraf deduktif.space 

520

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

Tuliskan kalimat utama dan gagasan utama paragraf 3 teks di atas!

29

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia