Iklan

Iklan

Pertanyaan

Kalian ditunjuk sebagai moderator diskusi yang membicarakan masalah "bahaya narkotika bagi remaja".space 

Tuliskan kalimat pendahuluan untuk memulai diskusi tersebut!

Tuliskan kalimat pendahuluan untuk memulai diskusi tersebut!space 

Iklan

N. Febriyanti

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Jakarta

Jawaban terverifikasi

Jawaban

kamu dapat membuat kalimat pendahuluan dengan menulis "Dalam pertemuan ini, permasalahan yang akan dibahas adalah bahaya narkotika bagi remaja".Selanjutnya kamu dapat menjelaskan gambaran tentang apa yang dimaksud narkotika?, apa bahaya narkotika?, dan contoh bahaya narkotika yang telah terjadi dalam kehidupan.

kamu dapat membuat kalimat pendahuluan dengan menulis "Dalam pertemuan ini, permasalahan yang akan dibahas adalah bahaya narkotika bagi remaja".Selanjutnya kamu dapat menjelaskan gambaran tentang apa yang dimaksud narkotika?, apa bahaya narkotika?, dan contoh bahaya narkotika yang telah terjadi dalam kehidupan.

Iklan

Pembahasan

Teks diskusi adalah teks yang disusun untuk menyajikan pendapat, sudut pandang, atau perspektif yang berbeda terhadap suatu permasalahan. Teks diskusi memiliki struktur sebagai berikut: Isu. Isu adalah unsur dalam teks diskusi yang berisi gambaran atau fenomena permasalahan yang akan dibahas dalam kegiatan diskusi. Isu dalam teks diskusi merupakan pendahuluan sebagai paragraf pengantar sebelum berpendapat terhadap masalah yang dibahas. Argumen. Argumen dalam teks diskusi adalah berbagai pendapat yang ada mengenai permasalahan yang dibahas dalam diskusi. Pendapat tersebut dapat berupa pendapat yang menetang atau pendapat yang mendukung. Simpulan atau saran. Simpulan dalam teks diskusi adalah hasil, kesimpulan, rekomendasi, atau solusi dari permasalahan yang dibahas. Hasil diskusi haruslah berisi rekomendasi untuk mencari solusi dari permasalahan yang terjadi. Rekomendasi yang dihasilkan sebaiknya merupakan jalan tengah untuk berbagai pihak. Jadi, kamu dapat membuat kalimat pendahuluan dengan menulis "Dalam pertemuan ini, permasalahan yang akan dibahas adalah bahaya narkotika bagi remaja".Selanjutnya kamu dapat menjelaskan gambaran tentang apa yang dimaksud narkotika?, apa bahaya narkotika?, dan contoh bahaya narkotika yang telah terjadi dalam kehidupan.

Teks diskusi adalah teks yang disusun untuk menyajikan pendapat, sudut pandang, atau perspektif yang berbeda terhadap suatu permasalahan. Teks diskusi memiliki struktur sebagai berikut:

  1. Isu. Isu adalah unsur dalam teks diskusi yang berisi gambaran atau fenomena permasalahan yang akan dibahas dalam kegiatan diskusi. Isu dalam teks diskusi merupakan pendahuluan sebagai paragraf pengantar sebelum berpendapat terhadap masalah yang dibahas.
  2. Argumen. Argumen dalam teks diskusi adalah berbagai pendapat yang ada mengenai permasalahan yang dibahas dalam diskusi. Pendapat tersebut dapat berupa pendapat yang menetang atau pendapat yang mendukung.
  3. Simpulan atau saran. Simpulan dalam teks diskusi adalah hasil, kesimpulan, rekomendasi, atau solusi dari permasalahan yang dibahas. Hasil diskusi haruslah berisi rekomendasi untuk mencari solusi dari permasalahan yang terjadi. Rekomendasi yang dihasilkan sebaiknya merupakan jalan tengah untuk berbagai pihak.

Jadi, kamu dapat membuat kalimat pendahuluan dengan menulis "Dalam pertemuan ini, permasalahan yang akan dibahas adalah bahaya narkotika bagi remaja".Selanjutnya kamu dapat menjelaskan gambaran tentang apa yang dimaksud narkotika?, apa bahaya narkotika?, dan contoh bahaya narkotika yang telah terjadi dalam kehidupan.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

73

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Kalimat penolakan yang logis terhadap saran tersebut adalah....

24

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia