Roboguru

Tuliskan ide pokok, pendapat, fakta, dan pola pengembangan pada paragraf ke III!

Pertanyaan

Tuliskan ide pokok, pendapat, fakta, dan pola pengembangan pada paragraf ke III!


space 

Pembahasan Soal:

Teks eksposisi merupakan sebuah teks yang berisi sebuah informasi yang berupa gagasan pendapat dan fakta yang bertujuan untuk memberikan sebuah informasi dan pengetahuan kepada kita semua mengenai suatu hal. Sebuah teks eksposisi mengandung ide pokok, pendapat, fakta, dan pola pengembangan paragraf.

  • Ide pokok adalah ide atau gagasan yang menjadi pokok pengembangan paragraf. 
  • Pendapat disebut juga dengan ide atau gagasan. Isinya berupa pernyataan yang mungkin berupa komentar, penilaian, saran, dorongan, dan bujukan.
  • Fakta adalah keadaan atau peristiwa yang merupakan kenyataan; sesuatu yang benar-benar ada atau terjadi. Dalam teks eksposisi, fakta berfungsi untuk memperkuat gagasan sehingga diharapkan lebih meyakinkan khalayak.
  • Pola pengembangan paragraf dapat dilihat dari keseluruhan paragraf atau berdasarkan letak kalimat utama.

Kalimat utama pragraf ketiga terdapat pada kalimat terakhir, yaitu “Kebijakan tersebut jelas semakin menyempurnakan derita hutan Indonesia.”. Jadi, ide pokok paragraf ketiga adalah kebijakan pemerintah yang makin merugikan hutan Indonesia.

Kalimat pendapat pada paragraf ketiga terdapat pada kalimat kedua, yaitu “Kebakaran hutan memberikan kerugian tidak sedikit.

Kalimat fakta pada paragraf ketiga terdapat pada kalimat pertama dan ketiga, yaitu “Di Pulau Sumatera berdasarkan titik kebakaran terjadi di hutan rawa gambut sebanyak 49%, alang-alang 13%, hutan dataran rendah 10%, permukiman/pertanian masyarakat 10%, perkebunan 8%, dan sisanya rawa (non gambut)." dan "Tahun 1997 diperkirakan kerugiannya sebesar $3-$4,4 miliar atau sekira Rp 2-4 triliun.

Paragraf ketiga diawali dengan rincian penjelas, yang kemudian berujung pada kesimpulan yang menjadi kalimat utama paragraf ketiga. Oleh karena itu, pola pengembangan paragraf adalah khusus umum.



Dengan demikian, ide pokok, pendapat, fakta, dan pola pengembangan pada paragraf kedua teks tersebut:

  • Ide pokok paragraf ketiga terdapat pada kalimat terakhir, yaitu kebijakan pemerintah yang makin merugikan hutan Indonesia.
  • Kalimat pendapat pada paragraf ketiga terdapat pada kalimat kedua, yaitu “Kebakaran hutan memberikan kerugian tidak sedikit.”
  • Kalimat fakta pada paragraf ketiga terdapat pada kalimat pertama dan ketiga, yaitu “Di Pulau Sumatera berdasarkan titik kebakaran terjadi di hutan rawa gambut sebanyak 49%, alang-alang 13%, hutan dataran rendah 10%, permukiman/pertanian masyarakat 10%, perkebunan 8%, dan sisanya rawa (non gambut)." dan "Tahun 1997 diperkirakan kerugiannya sebesar $3-$4,4 miliar atau sekira Rp 2-4 triliun.”
  • Pola pengembangan paragraf adalah khusus umum.space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Terakhir diupdate 05 Mei 2021

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved