Roboguru

Tuliskan hukum I Newton, dan berilah 2 (dua) contoh peristiwa sehari-hari yang berkaitan dengan hukum tersebut?

Pertanyaan

Tuliskan hukum I Newton, dan berilah 2 (dua) contoh peristiwa sehari-hari yang berkaitan dengan hukum tersebut?undefined 

  1. (...)undefined 

  2. (...)undefined 

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Hukum 1 Newton
“Setiap benda akan mempertahankan keadaan diam atau bergerak lurus beraturan, kecuali ada gaya yang bekerja untuk mengubahnya”. Jika resultan gaya yang bekerja pada suatu benda bernilai 0 maka benda yang awalnya diam akan tetap diam dan untuk benda yang awalnya bergerak akan tetap bergerak dengan kecepatan konstan.
contoh: 

  1. Saat menaiki kendaraan yang awalnya bergerak kemudian direm, badan kita akan terdorong ke depan.
  2. Saat menaiki kendaraan yang awalnya diam kemudian bergerak maju, badan kita akan terdorong ke belakang.space 

 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

N. Puspita

Terakhir diupdate 30 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Sebutkan masing-masing 2 contoh penerapan hukum 1 Newton, hukum 2 Newton, dan hukum 3 Newton dalam kehidupan sehari-hari!

Pembahasan Soal:

Penerapan Hukum I Newton dalam kehidupan sehari-hari:

  1. Bola yang menggelinding di atas es licin akan terus menggelinding dengan kecepatan tetap karena tidak dikenai gaya luar atau dengan kata lain resultan gayanya sama dengan nol (0).
  2. Taplak di atas meja kemudian diatasnya terdapat vas bunga atau piring. Taplak ditarik secara cepat maka vas bunga atau piring tetap dalam keadaan diam.

Penerapan Hukum II Newton dalam kehidupan sehari-hari:

  1. Pada permainan kelereng, kelereng yang kecil saat dimainkan akan lebih cepat menggelinding, sedangkan kelereng yang lebih besar relatif lebih lama (percepatan berbanding terbalik dengan massanya).
  2.  Gaya yang kita berikan ketika sedang menarik gerobak yang penuh dengan muatan tentunya lebih besar daripada gerobak kosong.

Penerapan Hukum III Newton dalam kehidupan sehari-hari:

  1. Pendayung yang menggerakkan kapal atau perahu juga memanfaatkan Hukum III Newton. Pada waktu mengayunkan dayung, pendayung mendorong air ke belakang. Gaya ke belakang pada air itu menghasilkan gaya yang sama tetapi berlawanan. Gaya ini menggerakkan perahu ke depan.
  2. Sayap burung mendorong udara ke belakang (aksi). Sebagai reaksinya, udara mendorong sayap burung sehingga burung terbang ke depan.

2

Roboguru

Dika sedang mengendarai mobil yang bergerak dengan kecepatan 30 km/jam. Di depannya terdapat jalanan berlubang, sehingga Dika secara mendadak mengerem mobilnya dan Ia terdorong ke depan. Hal yang dila...

Pembahasan Soal:

Dika bergerak bersama mobil. Ketika mobil direm, Dika tidak menerima gaya. Ia tetap ingin meneruskan gerakannya, itu sebabnya Ia terdorong ke depan. Hal ini terjadi karena menurut Hukum I Newton suatu benda yang sedang bergerak lurus beraturan cenderung tetap bergerak lurus beraturan jika resultan gayanya sama dengan nol. 

Jadi jawaban yang tepat adalah B.

0

Roboguru

Buku yang diletakkan di atas meja dikatakan seimbang karena ...

Pembahasan Soal:

Hukum Newton I berbunyi, "Jika resultan gaya pada suatu benda sama dengan nol, maka benda yang diam akan tetap diam dan benda yang bergerak akan tetap bergerak dengan kecepatan tetap selama tidak ada gaya eksternal yang mengenainya.”

Pada buku yang diletakkan di atas meja ada dua buah gaya yang bekerja. Pertama adalah gaya berat yang arahnya ke bawah. Kedua adalah gaya normal yang tegak lurus dengan permukaan meja. Kedua gaya ini besarnya sama sehingga resultannya besarnya nol. Hal ini yang menyebabkan buku tetap diam di atas meja.

Jadi, jawaban yang tepat adalah C.space 

0

Roboguru

Perhatikan gambar berikut! Sebuah kotak berada di atas mobil yang sedang bergerak. Jika sekarang tiba-tiba mobil itu di rem maka ...

Pembahasan Soal:

Pada hukum 1 Newton, benda memiliki sifat akan mempertahankan kedudukan atau posisinya. Jadi, ketika kotak pada mobil, dimana mobil tiba-tiba di rem, maka kotak tersebut akan bergerak ke depan untuk memepertahankan posisinya yang pada mulanya bergerak kedepan bersama mobil.

Maka, kotak pada mobil akan bergerak ke depan.

0

Roboguru

Peristiwa berikut yang berhubungan dengan hukum I Newton adalah ....

Pembahasan Soal:

Hukum Newton I menyatakan bahwa suatu benda bersifat lembam atau mempertahankan kondisinya, yaitu akan tetap diam atau bergerak dengan kecepatan dan arah tetap, kecuali dikenakan gaya eksternal.  Bila tidak ada gaya, maka sesuai Hukum Newton I, maka benda akan tetap pada kondisi awalnya. Benda yang memiliki gaya bekerja nol, akan memiliki dua kemungkinan yaitu:

  • Diam di tempat, karena tidak ada percepatan atau perlambatan yang menjadikannya bergerak    
  • Melaju dengan kecepatan (v) tetap (atau konstan), karena tidak ada percepatan atau perlambatan yang membuatnya berubah arah atau merubah kecepatan.

Pada contoh di atas, peristiwa yang berhubungan dengan hukum I newton adalah Ketika mobil di gas, badan kita akan terdorong ke belakangspace awalnya penumpang awalnya diam sama dengan kecepatan mobil. Ketika kecepatan ini ditingkatkan dan mobil bergerak, maka penumpang dalam keadaan lembam akan tetap memiliki kecepatan awal, dan akibatnya bergerak terdorong ke belakang mobil.space 

Jadi, jawaban yang benar adalah A.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved