Iklan

Iklan

Pertanyaan

Tuliskan faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan bagaimana pengaruhnya!

Tuliskan faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan bagaimana pengaruhnya!

Iklan

N. Puspita

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Pembahasan
lock

1. Faktor internal - Gen ,mempengaruhi bentuk tubuh, warna bunga, dan rasa buah. Gen juga menentukan kemampuan metabolisme sehingga sangat mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan tanaman. - Hormon , merupakan zat yang berperan dalam mengendalikan berbagai fungsi di dalam tubuh. Meskipun jumlahnya sedikit, hormon memberikan pengaruh nyata dalam pengaturan berbagai proses dalam tubuh. 2. Faktor eksternal - Nutrisi , mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan tanaman. Tanaman membutuhkan nutrisi berupa air dan zat hara yang terlarut dalam air. Melalui proses fotosintesis, air dan karbon dioksida diubah menjadi zat makanan. - Air dan kelembapan . Air sangat berpengaruh terhadap perkembangan makhluk hidup karena air adalah cairan tubuh tumbuhan dan Kelembaban mempengaruhi keberadaan air yang dapat diserap oleh tanaman mengurangi penguapan. - Cahaya matahari , tanaman sangat membutuhkan cahaya matahari untuk fotosintesis. - Suhu , berpengaruh terhadap penyerapan air, fotosintesis, penguapan, dan pernapasan pada tanaman. - Tanah , berpengaruh terhadap pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan,tetapi tanah dapat dipengaruhi oleh suhu, kandungan mineral, air, dan derajat keasaman atau pH.

1. Faktor internal

-Gen,mempengaruhi bentuk tubuh, warna bunga, dan rasa buah. Gen juga menentukan kemampuan metabolisme sehingga sangat mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan tanaman.
-Hormon, merupakan zat yang berperan dalam mengendalikan berbagai fungsi di dalam tubuh. Meskipun jumlahnya sedikit, hormon memberikan pengaruh nyata dalam pengaturan berbagai proses dalam tubuh.

2. Faktor eksternal

-Nutrisi, mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan tanaman. Tanaman membutuhkan nutrisi berupa air dan zat hara yang terlarut dalam air. Melalui proses fotosintesis, air dan karbon dioksida diubah menjadi zat makanan.
-Air dan kelembapan. Air sangat berpengaruh terhadap perkembangan makhluk hidup karena air adalah cairan tubuh tumbuhan dan Kelembaban mempengaruhi keberadaan air yang dapat diserap oleh tanaman mengurangi penguapan.
-Cahaya matahari, tanaman sangat membutuhkan cahaya matahari untuk fotosintesis.
-Suhu, berpengaruh terhadap penyerapan air, fotosintesis, penguapan, dan pernapasan pada tanaman.
-Tanah, berpengaruh terhadap pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan,tetapi tanah dapat dipengaruhi oleh suhu, kandungan mineral, air, dan derajat keasaman atau pH.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

23

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Apakah jumlah biji berpengaruh terhadap kecepatan pertumbuhan tanaman?

39

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia