Iklan

Iklan

Pertanyaan

Tuliskan faktor-faktor ekonomi yang memengaruhi konsumsi seseorang. Jelaskan pula pengaruhnya jika tiap faktor mengalami kenaikan terhadap konsumsi.

Tuliskan faktor-faktor ekonomi yang memengaruhi konsumsi seseorang. Jelaskan pula pengaruhnya jika tiap faktor mengalami kenaikan terhadap konsumsi. space space

Iklan

S. Anugrah

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Atma Jaya

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Konsumsi adalah kegiatan mengurangi atau menghabiskan nilai atau kegunaan dari barang dan jasa. Faktor-faktor yang dapat mempengaruhi konsumsi adalah Pendapatan : Pendapatan sangat berpengaruh terhadap konsumsi, jika pendapatan rendah, maka tingkat konsumsinya rendah. Harga barang dan jasa : Harga barang sangat berpengaruh terhadap konsumsi, jika harga barang naik, maka konsumsinya akan menurun, dan sebaliknya. Adat istiadat dan kebiasaan konsumen : Adat istiadat adalah salah satu ciri khas orang Indonesia untuk menghormati leluhurnya, dengan membeli beberapa makanan tertentu untuk dipersembahkan, ini akan meningkatkan jumlah konsumsi. Barang pengganti : Barang pengganti sangat berpengaruh, jika ada barang pengganti yang lebih bagus dan murah, dari pada barang yang kita targetkan, maka akan meningkatkan konsumsi. Selera : selera setiap orang akan berbeda-beda, tergantung dari jenis kelamin, hobi, dan umur. Biasanya kebutuhan seorang wanita berbeda dengan laki-laki, dan kebutuhan orang dewasa dan anak-anak, juga berebda. Status sosial : status sosial setiap orang berbeda-beda, semakin tinggi status sosialnya, maka jumlah konsumsinya akan meningkat, namun kalau status sosialnya rendah, maka jumlah konsumsi akan menurun.

Konsumsi adalah kegiatan mengurangi atau menghabiskan nilai atau kegunaan dari barang dan jasa. Faktor-faktor yang dapat mempengaruhi konsumsi adalah

  • Pendapatan: Pendapatan sangat berpengaruh terhadap konsumsi, jika pendapatan rendah, maka tingkat konsumsinya rendah.
  • Harga barang dan jasa: Harga barang sangat berpengaruh terhadap konsumsi, jika harga barang naik, maka konsumsinya akan menurun, dan sebaliknya.
  • Adat istiadat dan kebiasaan konsumen: Adat istiadat adalah salah satu ciri khas orang Indonesia untuk menghormati leluhurnya, dengan membeli beberapa makanan tertentu untuk dipersembahkan, ini akan meningkatkan jumlah konsumsi.
  • Barang pengganti: Barang pengganti sangat berpengaruh, jika ada barang pengganti yang lebih bagus dan murah, dari pada barang yang kita targetkan, maka akan meningkatkan konsumsi.
  • Selera: selera setiap orang akan berbeda-beda, tergantung dari jenis kelamin, hobi, dan umur. Biasanya kebutuhan seorang wanita berbeda dengan laki-laki, dan kebutuhan orang dewasa dan anak-anak, juga berebda.
  • Status sosial: status sosial setiap orang berbeda-beda, semakin tinggi status sosialnya, maka jumlah konsumsinya akan meningkat, namun kalau status sosialnya rendah, maka jumlah konsumsi akan menurun. space space

Latihan Bab

Biaya Produksi

Produksi

Konsumsi

Distribusi

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

830

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Yang merupakan faktor eksternal yang mempengaruhi kegiatan konsumsiadalah ....

6rb+

3.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2023 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia