Roboguru

Pertanyaan

Tuliskan faktor -faktor yang mempengaruhi Gaya Lorentz !

A. Syarif

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Padang

Jawaban terverifikasi

Jawaban

gaya Lorentz pada kawat berarus listrik dipengaruhi oleh kuat arus listrik yang mengalir pada kawat, panjang kawat dan kuat medan magnet yang melewati kawat sedangkan gaya Lorentz pada muatan listrik dipengaruhi oleh besar muatan listrik, kecepatan gerak muatan listrik dan kuat medan magnet yang dilewati muatan.

Pembahasan

Gaya Lorentz atau gaya magnet dapat terjadi pada kawat berarus listrik dan pada muatan yang sedang bergerak dalam medan magnet. Gaya Lorentz pada kawat berarus listrik dipengaruhi oleh kuat arus listrik yang mengalir pada kawat, panjang kawat dan kuat medan magnet yang melewati kawat. Arah arus listrik dan medan magnet juga akan mempengaruhi arah gaya Lorentz yang terjadi pada kawat berarus listrik.. Sedangkan gaya Lorentz pada muatan listrik dipengaruhi oleh besar muatan listrik, kecepatan gerak muatan listrik dan kuat medan magnet yang dilewati muatan. Jenis muatan listrik, arah gerak muatan dan arah medan magnet akan mempengaruhi arah gaya Lorentz yang terjadi pada muatan listrik.

Jadi gaya Lorentz pada kawat berarus listrik dipengaruhi oleh kuat arus listrik yang mengalir pada kawat, panjang kawat dan kuat medan magnet yang melewati kawat sedangkan gaya Lorentz pada muatan listrik dipengaruhi oleh besar muatan listrik, kecepatan gerak muatan listrik dan kuat medan magnet yang dilewati muatan.

2rb+

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

Jelaskan pengertian dari istilah-istilah berikut ini: momen gaya lorentz.

1

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia