Roboguru

Tuliskan fakta yang mendukung teori pengapungan benua !

Tuliskan fakta yang mendukung teori pengapungan benua !undefined

Jawaban:

Teori Apungan Benua pada dasarnya adalah sebuah teori yang menyatakan bahwa benua-benua yang ada di bumi ini tidak bersifat statis, tetapi selalu bergerak seiring dengan waktu. Pada zaman dahulu kala, semua benua di bumi tergabung kedalam satu super-benua yaitu Pangea. Seiring dengan berjalannya waktu, super-benua ini pecah menjadi Gondwana dan Laurasia. Kedua benua ini juga kelak akan berubah menjadi benua-benua yang sekarang kita kenal.

Secara umum, bukti-bukti yang memperkuat dugaan bahwa benua-benua yang ada di dunia ini bergerak sebenarnya cukup banyak, namun yang paling berpengaruh adalah sebagai berikut.

  1. Kesamaan fosil hewan dan tumbuhan di pesisir benua-benua yang berbeda. Contohnya adalah mesosaurus yang ditemukan di Brazil dan Afrika.
  2. Kesamaan bentuk pesisir pantai Amerika Selatan dan Afrika. Hal ini mendorong dugaan bahwa dahulu kedua benua ini tergabung dan mengalami pemisahan seiring dengan berjalannya waktu.
  3. Tersebarnya sedimen gletser permo-carboniferous di Amerika Selatan, Afrika, Madagascar, Jazirah Arab, India, Antarktika, dan Australia. Hal ini menunjukkan bahwa pada zaman dahulu, daerah-daerah tersebut menyatu.
  4. Adanya deposit batu bara di daerah lintang tinggi dan kutub, padahal daerah ini tidak memungkinkan adanya hutan lebat. Artinya, mereka dulu tidak berada pada lokasi tersebut, melainkan di daerah tropis.

0

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved