Iklan

Iklan

Pertanyaan

Tuliskan empat senyawa organik yang terdapat pada protoplasma dan peran senyawa tersebut di dalam sel.

Tuliskan empat senyawa organik yang terdapat pada protoplasma dan peran senyawa tersebut di dalam sel.

Iklan

Z. Wihanifa

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Jakarta

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Seluruh kegiatan kehidupan sel merupakan akibat dari reaksi kimia yang berlangsung di dalam sel. Senyawa kimia penyusun sel disebut protoplasma . Protoplasma tersusun atas senyawa organik dan senyawa anorganik. Senyawa organik pada protoplasma berupa karbohidrat, lemak, protein, dan asam nukleat. Karbohidrat . Karbohidrat berperan penting dalam proses fisiologi sel makhluk hidup. Karbohidrat berfungsi sebagai sumber energi di dalam sel, cadangan energi, serta komponen struktural organel dan bagian sel lainnya. Lemak . Lemak berfungsi sebagi komponen membran plasma, hormon, dan vitamin. Protein . Protein merupakan senyawa kimia yang sangat kompleks. Protein memiliki dua peran utama, yaitu katalitik yang ditunjukkan oleh enzim dan mekanik yang ditunjukkan oleh protein otot. Asam nukleat . Asam nukleat merupakan materi inti sel yang berfungsi mengontrol aktivitas sel dan membawa informasi genetik.

Seluruh kegiatan kehidupan sel merupakan akibat dari reaksi kimia yang berlangsung di dalam sel. Senyawa kimia penyusun sel disebut protoplasma. Protoplasma tersusun atas senyawa organik dan senyawa anorganik. Senyawa organik pada protoplasma berupa karbohidrat, lemak, protein, dan asam nukleat.

  1. Karbohidrat. Karbohidrat berperan penting dalam proses fisiologi sel makhluk hidup. Karbohidrat berfungsi sebagai sumber energi di dalam sel, cadangan energi, serta komponen struktural organel dan bagian sel lainnya.
  2. Lemak. Lemak berfungsi sebagi komponen membran plasma, hormon, dan vitamin.
  3. Protein. Protein merupakan senyawa kimia yang sangat kompleks. Protein memiliki dua peran utama, yaitu katalitik yang ditunjukkan oleh enzim dan mekanik yang ditunjukkan oleh protein otot.
  4. Asam nukleat. Asam nukleat merupakan materi inti sel yang berfungsi mengontrol aktivitas sel dan membawa informasi genetik.undefined 

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

18

Risma Rosemerry

Makasih ❤️

Rendi Cahyadi

Bantu banget Makasih ❤️

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Sel tersusun atas komponen-komponen kimiawi yang meliputi unsur dan senyawa. Senyawa-senyawa yangmenyusun sel sebagai berikut. 1) Air 2) Karbohidrat 3) Lemak 4) Garam-garam mineral 5) Protein ...

6

4.6

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia