Pertanyaan

Tuliskan dan jelaskan tiga teori sel beserta nama ilmuwan yang mengemukakan teori tersebut.

Tuliskan dan jelaskan tiga teori sel beserta nama ilmuwan yang mengemukakan teori tersebut.

Z. Wihanifa

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Jakarta

Jawaban terverifikasi

Pembahasan

Sel ditemukan pada tahun 1665 oleh ilmuwan bernama Robert Hooke. Setelah penemuan sel tersbut, mulai banyak ilmuwan yang melakukan penelitian tentang sel dan berikut merupakan ilmuwan yang mengemukakan teori tentang sel. Max Schultze dan Thomas Huxley . Kedua ilmuwan ini menyatakan teori bahwa "Sel merupakan kesatuan fungsional kehidupan" . Teori tersebut menunjukkan bahwa aktivitas yang berlangsung dalam tubuh makhluk hidup tercermin dalam aktivitas sel. Rudolf Virchow . Teori yang dinyatakan oleh Rudolf Virchow adalah "Sel merupakan kesatuan pertumbuhan" . Rudolf Virchow menyatakan bahwa unit pertumbuhan terkecil makhluk hidup yaitu sel yang menjalankan fungsi kehidupan ikut mengalami pertumbuhan. Theodor Schwann . Theodor Schwann melakukan penelitian terhadap sel hewan dan pada sel hewan terebut tersusun atas banyak sel. Theodor Schwann menyimpulkan bahwa sel adalah unit terkecil makhluk hidup dan semua organisme tersusun atas sel.

Sel ditemukan pada tahun 1665 oleh ilmuwan bernama Robert Hooke. Setelah penemuan sel tersbut, mulai banyak ilmuwan yang melakukan penelitian tentang sel dan berikut merupakan ilmuwan yang mengemukakan teori tentang sel.

  1. Max Schultze dan Thomas Huxley. Kedua ilmuwan ini menyatakan teori bahwa "Sel merupakan kesatuan fungsional kehidupan". Teori tersebut menunjukkan bahwa aktivitas yang berlangsung dalam tubuh makhluk hidup tercermin dalam aktivitas sel.
  2. Rudolf Virchow. Teori yang dinyatakan oleh Rudolf Virchow adalah "Sel merupakan kesatuan pertumbuhan". Rudolf Virchow menyatakan bahwa unit pertumbuhan terkecil makhluk hidup yaitu sel yang menjalankan fungsi kehidupan ikut mengalami pertumbuhan.
  3. Theodor Schwann. Theodor Schwann melakukan penelitian terhadap sel hewan dan pada sel hewan terebut tersusun atas banyak sel. Theodor Schwann menyimpulkan bahwa sel adalah unit terkecil makhluk hidup dan semua organisme tersusun atas sel.undefined 

15rb+

4.6 (6 rating)

rifaamaliah

Ini yang aku cari!

Harum Siti Hafillah

Ini yang aku cari! Makasih ❤️ Bantu banget

Iklan

Pertanyaan serupa

Dalam sejarah perkembangan teori sel, pasangan yang sesuai antara nama ilmuwan dengan teori yang dikemukakannya adalah ...

1rb+

5.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia