Pertanyaan

Tuliskan dan jelaskan, tahap-tahap pertumbuhan dan perkembangan manusiamenggunakan bahasamu sendiri!

Tuliskan dan jelaskan, tahap-tahap pertumbuhan dan perkembangan manusia menggunakan bahasamu sendiri! 
 

F. Haris

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Jawaban terverifikasi

Pembahasan

Pembahasan

Berikut adalah tahapan pertumbuhan dan perkembangan manusia: Dua minggu pertama setelah lahir dikenal dengan periode neonatal artinya kelahiran baru. Selama waktu inibayi sudah mulai dapat menyesuaikan hidup di luar uterus. Perkembangan berikutnya adalah periode neonatal sampai usia dua tahun. Dalam periode ini, bayi mengalami perkembangan sistem otot dan saraf membentuk sistem kesadaran awal. Setelah melewati masa bayi, maka berikutnya adalahmasa anak-anak , yaitu usia 2 hingga 12 tahun. Dalamperiode ini, pertumbuhan fisik mulai meningkat baik tinggibadan maupun berat badan. Anak dapat berjalan, berlari, melompat, serta mulai mengalami kematangan organ seksual. Perkembangan berikutnya adalah masa remaja atau pubertas . Masa pubertas pada perempuan dimulai dari usia10 sampai 16 tahun, sedangkan pada laki-laki pubertas pubertas dimulai dari usia 12 sampai 16 tahun. Periode ini ditandai dengan adanya perkembangan ciri kelamin sekunder. Pada wanita, perkembangan ciri kelamin sekunder ditandai dengan munculnya payudara, pinggul mulai melebar, serta mulai terjadinya menstruasi. Sedangkan pada pria, ditandai dengan mulai munculnya rambut-rambut halus seperti kumis dan janggut, serta tumbuhnya jakun. Masa dewasa terjadi pada umur 18-22 tahun, pertumbuhan fisik terhenti dan mencapai tinggi maksimal. Organ-organ tubuh dan mental mengalami pematangan. Orang yang memiliki umur antara 60 tahun beradadi masa manula . Selama usia ini akan terjadi penurunan fungsi fisiologis organ-organ tubuh, kulit keriput, dan rambut mulai memutih.

Berikut adalah tahapan pertumbuhan dan perkembangan manusia:

  1. Dua minggu pertama setelah lahir dikenal dengan periode neonatal artinya kelahiran baru. Selama waktu ini bayi sudah mulai dapat menyesuaikan hidup di luar uterus.
  2. Perkembangan berikutnya adalah periode neonatal sampai usia dua tahun. Dalam periode ini, bayi mengalami perkembangan sistem otot dan saraf membentuk sistem kesadaran awal.
  3. Setelah melewati masa bayi, maka berikutnya adalah masa anak-anak, yaitu usia 2 hingga 12 tahun. Dalam periode ini, pertumbuhan fisik mulai meningkat baik tinggi badan maupun berat badan. Anak dapat berjalan, berlari, melompat, serta mulai mengalami kematangan organ seksual.
  4. Perkembangan berikutnya adalah masa remaja atau pubertas. Masa pubertas pada perempuan dimulai dari usia 10 sampai 16 tahun, sedangkan pada laki-laki pubertas pubertas dimulai dari usia 12 sampai 16 tahun. Periode ini ditandai dengan adanya perkembangan ciri kelamin sekunder. Pada wanita, perkembangan ciri kelamin sekunder ditandai dengan munculnya payudara, pinggul mulai melebar, serta mulai terjadinya menstruasi. Sedangkan pada pria, ditandai dengan mulai munculnya rambut-rambut halus seperti kumis dan janggut, serta tumbuhnya jakun.
  5. Masa dewasa terjadi pada umur 18-22 tahun, pertumbuhan fisik terhenti dan mencapai tinggi maksimal. Organ-organ tubuh dan mental mengalami pematangan.
  6. Orang yang memiliki umur antara 60 tahun berada di masa manula. Selama usia ini akan terjadi penurunan fungsi fisiologis organ-organ tubuh, kulit keriput, dan rambut mulai memutih.space 

222

0.0 (0 rating)

Iklan

Pertanyaan serupa

Jelaskan tahap pertumbuhan dan perkembangan pada manusia!

390

5.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia