Iklan

Iklan

Pertanyaan

Tuliskan dan jelaskan sikap-sikap yang harus dimiliki oleh seorang pewawancara.

Tuliskan dan jelaskan sikap-sikap yang harus dimiliki oleh seorang pewawancara.

Iklan

S. Syifa

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

dapat disimpulkan, sikap-sikap yang harus dimiliki oleh seorang pewawancara adalah:

dapat disimpulkan, sikap-sikap yang harus dimiliki oleh seorang pewawancara adalah:

Iklan

Pembahasan

Pembahasan
lock

Wawancara (interview) adalah teknik pengumpulan data yang dilaksanakan dengan cara dialog baik secara langsung (tatap muka) maupun melalui saluran media tertentu antara pewawancara dengan yang diwawancarai sebagai sumber data. Wawancara merupakan teknik pengumpulan data yang sering digunakan dalam penelitian kualitatif. Tugas pewawancara dalam teknik pengumpulan data wawancara yaitu merekam informasi tanpa menghiraukan apakah keterangan itu baik, tidak baik, menjemukan ataupun menyenangkan bagi kita. Tidak menentang atau bereaksi terhadap jawaban responden baik dengan kata-kata ataupun dengan gerakan. Misal menyatakan tidak setuju, heran, merendahkan, dan harus menghindarisugesti. Dalam melaksanakan tugasnya, seorang pewawancara hendaknya memiliki hal berikut: Netral, yang berartipewawancara tidak berkomentar untuk tidak setuju terhadap informasi yang diutarakan oleh responden karena tugasnya adalah merekam seluruh keterangan dari responden, baik yang menyenangkan atau tidak. Ramah, yang berarti pewawancara menciptakan suasana yang mampu menarik minat si responden. Adil, yang berarti pewawancara harus bisa memperlakukan semua responden dengan sama. Pewawancara harus tetap hormat dan sopan kepada semua responden bagaimanapun keberadaannya. Luwes (tidak kaku dan canggung), yang berarti pewawancara harus dapat menghindari ketegangan, jangan sampai responden sedang dihakimi atau diuji. Kalau suasana tegang, responden berhak membatalkan pertemuan tersebut dan meminta pewawancara untuk tidak menuliskan hasilnya. Pewawancara harus mampu mengendalikan situasi dan pembicaraan agar terarah. Jadi dapat disimpulkan, sikap-sikap yang harus dimiliki oleh seorang pewawancara adalah: Netral Ramah Adil Luwes

    Wawancara (interview) adalah teknik pengumpulan data yang dilaksanakan dengan cara dialog baik secara langsung (tatap muka) maupun melalui saluran media tertentu antara pewawancara dengan yang diwawancarai sebagai sumber data. Wawancara merupakan teknik pengumpulan data yang sering digunakan dalam penelitian kualitatif.

    Tugas pewawancara dalam teknik pengumpulan data wawancara yaitu merekam informasi tanpa menghiraukan apakah keterangan itu baik, tidak baik, menjemukan ataupun menyenangkan bagi kita. Tidak menentang atau bereaksi terhadap jawaban responden baik dengan kata-kata ataupun dengan gerakan. Misal menyatakan tidak setuju, heran, merendahkan, dan harus menghindari sugesti.

Dalam melaksanakan tugasnya, seorang pewawancara hendaknya memiliki hal berikut:

  1. Netral, yang berarti pewawancara tidak berkomentar untuk tidak setuju terhadap informasi yang diutarakan oleh responden karena tugasnya adalah merekam seluruh keterangan dari responden, baik yang menyenangkan atau tidak.
  2. Ramah, yang berarti pewawancara menciptakan suasana yang mampu menarik minat si responden.
  3. Adil, yang berarti pewawancara harus bisa memperlakukan semua responden dengan sama. Pewawancara harus tetap hormat dan sopan kepada semua responden bagaimanapun keberadaannya.
  4. Luwes (tidak kaku dan canggung), yang berarti pewawancara harus dapat menghindari ketegangan, jangan sampai responden sedang dihakimi atau diuji. Kalau suasana tegang, responden berhak membatalkan pertemuan tersebut dan meminta pewawancara untuk tidak menuliskan hasilnya. Pewawancara harus mampu mengendalikan situasi dan pembicaraan agar terarah.space  

Jadi dapat disimpulkan, sikap-sikap yang harus dimiliki oleh seorang pewawancara adalah:

  1. Netral
  2. Ramah
  3. Adil 
  4. Luwes

Latihan Bab

Pengantar Penelitian Kualitatif

Karakteristik Metode Penelitian Kualitatif

Strategi Penelitian Kualitatif

Teori dalam Penelitian Kualitatif

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

3rb+

Indi Rizky Wulandari

Makasih ❤️ Mudah dimengerti Ini yang aku cari! Bantu banget Pembahasan lengkap banget

Reza Alba Lovian

Makasih ❤️

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Agar menghasilkan data sesuai dengan yang diinginkan dan tanya jawab lisan tidak keluar jalur penelitian, diperlukan adanya ….

4rb+

5.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2023 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia