Roboguru

Tuliskan dan jelaskan potensi kearifan lokal yang ada di Indonesia !

Tuliskan dan jelaskan potensi kearifan lokal yang ada di Indonesia !space space space

  1. ....space space space

  2. ....space space space

Jawaban:

  • Kearifan lokal dalam karya-karya masyarakat, misalnya pada seni tekstil di Indonesia. Masyarakat Jawa memiliki batik yang menjadi ciri khas dan kebanggaan Indonesia. Di balik motif - motif yang indah tersimpan makna yang mendalam, antara lain berisi nasihat, harapan,dan doa kepada Tuhan. Sebagai contoh, motif batik parang memiliki makna petuah untuk tidak pernah menyerah.
  • Kearifan lokal dalam pemanfaatan sumber daya alam, yaitu mengajarkan untuk tidak mengeksploitasi alam secara berlebihan agar keberlanjutan hidup terus terjaga. Seperti halnya pada konsep konservasi lingkungan yang telah dikenal lama oleh masyarakat Dayak yang disebut dengan istilah Tana' Ulen. Pada wilayah Tana' Ulen, penduduk dilarang menebang pohon, membakar hutan, membuat ladang, dan melakukan aktivitas -aktivitas lain yang menimbulkan kerusakan hutan. Pengambilan hasil hutan Tana' Ulen hanya dimanfaatkan pada waktu-waktu tertentu dan diperuntukkan bagi kepentingan umum, sedangkan untuk kepentingan pribadi sangat dibatasi.
  • Kearifan lokal dalam bidang pertanian. Nenek moyang kita telah mengembangkan sistem pertanian yang ramah lingkungan dan disesuaikan dengan kondisi lingkungan. Contohnya sistem pertanian Nyabuk Gunung di Jawa Tengah dan Mitracai di Jawa Barat. Sistem pertanian tersebut dilakukan di dataran tinggi tanpa mengubah kontur tanah. Jadi ketika lahan diubah menjadi areal pertanian, kontur tanah tetap dipertahankan sesuai dengan aslinya. Selain menghindari longsor, sistem ini menghindarkan hilangnya humus tanah akibat perubahan kontur tanah.
  • Kearifan lokal dalam mitos masyarakat. Mitos terhadap pohon-pohon keramat banyak dijumpai di berbagai wilayah Indonesia, sebagai contoh penduduk Jawa dan Bali yang mengganggap pohon besar memiliki roh penunggu sehingga tidak boleh ditebang. lni bisa membantu keseimbangan alam karena pohon besar secara ilmiah memang menyimpan cadangan air tanah dan penyedia oksigen. Contoh lain, pada masyarakat Kasepuhan Pancer Pengawinan, Kampung Dukuh, Jawa Barat terdapat mitos tabu sehingga pemanfaatan hutan dilakukan secara hati-hati, tidak diperbolehkan melakukan eksploitasi kecuali atas izin sesepuh adat.
  • Kearifan lokal dalam cerita budaya, petuah, dan sastra. Kearifan lokal juga tertuang dalam seni sastra. Contohnya suku Melayu terkenal dengan seni sastranya. Lewat seni sastra suku Melayu menggambarkan kearifan lokal yang wajib dijunjung tinggi.space space space

0

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved