Roboguru

Tuliskan dan jelaskan ikatan yang terbentuk antara atom C dan atom C lainnya, atom C dan atom H, serta atom C dan O.

Pertanyaan

Tuliskan dan jelaskan ikatan yang terbentuk antara atom C dan atom C lainnya, atom C dan atom H, serta atom C dan O.undefined

Pembahasan Soal:

Atom karbon mempunyai nomor atom 6, dengan empat elektron valensi. Keempat elektron valensi membentuk pasangan elektron bersama dengan sesama atom karbon atau dengan atom lain (hidrogen, oksigen dan unsur halogen) membentuk ikatan kovalen. Keempat elektron valensi ini dapat digambarkan sebagai tangan ikatan.

kekhasan atom karbon - struktur lewis atom karbon

Adapun keunikan atom karbon sebagai berikut :

  1. Atom karbon memiliki 4 elektron valensi keberadaan elektron valensi ini yang berperan penting untuk membentuk ikatan kimia. Untuk mencapai kestabilan, atom ini membutuhkan 4 elektron lain dengan cara membentuk ikatan kovalen. Hanya atom karbonlah yang mampu membentuk ikatan kovalen 4 buah untuk mencapai keadaan oktet.
  2. Atom karbon dapat membentuk rantai karbon : adanya 4 elektron valensi atom karbon mampu membentuk ikatan kovalen dengan rantai karbon yang sangat panjang. Baik ikatan kovalen tunggal, rangkap 2, bahkan rangkap 3. Tidak hanya itu, karbon juga bisa membentuk rantai siklik atau melingkar.

Maka, ikatan yang  terbentuk antara karbon dengan karbon dan atom lainnya membentuk ikatan kovalen, dan dapat membentuk ikatan rangkap pada atom karbon lainnya.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Terakhir diupdate 05 Mei 2021

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved