Iklan

Iklan

Pertanyaan

Tuliskan cara menuliskan teks ulasan!

Tuliskan cara menuliskan teks ulasan!space

Iklan

F. Faiz

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

cara menulis atau menyusun teks ulasan yaitu mencatat identitas buku, mencatat hal-hal menarik, menelaah kelebihan dan kelemahan isi buku, merumuskan kesimpulan tentang isi dan kesan-kesan buku, dan membuat saran untuk pembaca.

cara menulis atau menyusun teks ulasan yaitu mencatat identitas buku, mencatat hal-hal menarik, menelaah kelebihan dan kelemahan isi buku, merumuskan kesimpulan tentang isi dan kesan-kesan buku, dan membuat saran untuk pembaca.space

Iklan

Pembahasan

Teks ulasan merupakan suatu teks yang berisi pembahasan ataupun penilaian terhadap suatu buku atau karya-karya lain. Teks ulasan disusun berdasarkan tafsiran maupun pemahaman atas isi buku yang dibaca. Berbeda dengan menafsirkan terhadap teks lain yang lebih tertuju pada kepentinganmu sendiri, penyusunan ulasan selalu ditujukan untuk kepentingan orang lain. Hasil pemahaman itu lalu disampaikan kepada kepada khayalak. Untuk menyusun teks seperti itu, langkah-langkahnya sebagai berikut. Mencatat identitas buku atau karya yang akan diulas, yang meliputi judul, penulis, nama penerbit, tahun terbit, termasuk ketebalan. Kalau perlu termasuk harga buku. Mencatat hal-hal menarik/penting dari isi buku. Menelaah kelebihan dan kelemahan isi buku. Merumuskan kesimpulan tentang isi dan kesan-kesan buku itu secara keseluruhan. Membuat saran-saran untuk pembaca. Dengan demikian, cara menulis atau menyusun teks ulasan yaitu mencatat identitas buku, mencatat hal-hal menarik, menelaah kelebihan dan kelemahan isi buku, merumuskan kesimpulan tentang isi dan kesan-kesan buku, dan membuat saran untuk pembaca.

    Teks ulasan merupakan suatu teks yang berisi pembahasan ataupun penilaian terhadap suatu buku atau karya-karya lain. Teks ulasan disusun berdasarkan tafsiran maupun pemahaman atas isi buku yang dibaca. Berbeda dengan menafsirkan terhadap teks lain yang lebih tertuju pada kepentinganmu sendiri, penyusunan ulasan selalu ditujukan untuk kepentingan orang lain. Hasil pemahaman itu lalu disampaikan kepada kepada khayalak. Untuk menyusun teks seperti itu, langkah-langkahnya sebagai berikut.

  1. Mencatat identitas buku atau karya yang akan diulas, yang meliputi judul, penulis, nama penerbit, tahun terbit, termasuk ketebalan. Kalau perlu termasuk harga buku.
  2. Mencatat hal-hal menarik/penting dari isi buku.
  3. Menelaah kelebihan dan kelemahan isi buku.
  4. Merumuskan kesimpulan tentang isi dan kesan-kesan buku itu secara keseluruhan.
  5. Membuat saran-saran untuk pembaca.

Dengan demikian, cara menulis atau menyusun teks ulasan yaitu mencatat identitas buku, mencatat hal-hal menarik, menelaah kelebihan dan kelemahan isi buku, merumuskan kesimpulan tentang isi dan kesan-kesan buku, dan membuat saran untuk pembaca.space

Latihan Bab

Mengenal Teks Ulasan

Struktur Teks Ulasan

Kebahasaan Teks Ulasan

Menganalisis Teks Ulasan

85

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Apa saja yang harus diperhatikan dalam membuat teks ulasan?

1rb+

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia