Roboguru

Tuliskan 5 kegiatan Budi utomo dalam bidang politik!

Pertanyaan

Tuliskan 5 kegiatan Budi utomo dalam bidang politik!

Pembahasan Soal:

Budi Utomo menjadi awal dari pergerakan nasional di Indonesia. Didirikan oleh dr Sutomo pada tanggal 20 Mei 1908, Budi Utomo menjadi organisasi modern pertama di Indonesia. 

Budi Utomo melakukan gerakan-gerakan di bidang politik, di antaranya:

  1. melancarkan isu politik, bahwa mempertahankan diri sendiri lebih penting dari serangan bangsa lain.
  2. mendukung adanya gagasan wajib militer bagi bangsa pribumi.
  3. mengirim Komite Indie Weerbaar ke Belanda uintuk memperkuat pertahanan Hindia.
  4. anggota Budi Utomo diperbolehkan untuk ikut dalam Volksraad (Dewan Rakyat).
  5. membentuk Komite Nasional untuk menghadapi pemilihan Anggota Volksraad.

Dengan demikian, Budi Utomo sangat berperan dalam dunia perpolitikan Indonesia saat itu. Melalui gerakan-gerakan politiknya tersebut, membuktikan bahwa Budi utomo adalah organisasi modern pertama di Indonesia yang sangat peduli dengan nasib bangsanya.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

C. Sianturi

Terakhir diupdate 22 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Sebutkan usaha yang ditempuh dalam mewujudkan tujuan utama Budi Utomo!

Pembahasan Soal:

Pada 20 Mei 1908 bertepatan dengan berdirinya organisasi Budi Utomo. Berawal dari lawatan seorang alumni bernama Dokter Wahidin Soedirohusodo ke kampusnya yaitu STOVIA (School tot Opleiding voor Inlandsche Arsten) dan bertemu dengan mahasiswa yang bernama Seotomo. Ia menyampaikan gagasannya mengenai pembentukan organisasi yang dapat memajukan derajat bangsa terutama dalam aspek pendidikan dan kebudayaan. Hingga akhirnya gagasan tersebut terealisasikan dengan didirikannya Budi Utomo oleh Dr. Soetomo, Soradji dan Goenawan Mangoenkoesoemo. Budi Utomo merupakan organisasi modern pertama yang menjadi inspirasi bagi kaum nasionalis lainnya. Adapun tujuan dari Budi Utomo ialah Kemajuan Jawa dan Madura. Beberapa usaha yang ditempuh untuk mewujudkan tujuan tersebut adalah:

  1. Memajukan pengajaran sesuai dengan apa yang dicita-citakan Wahidin Soedirohusodo. Ini merupakan usaha pertama untuk mencapai kemajuan bangsa.
  2. Memajukan pertanian, peternakan, perdagangan.
  3. Memajukan teknik dan industri.
  4. Menghidupkan kembali kebudayaan.

Dengan demikian untuk mewujudkan tujuan utama Budi Utomo yang berkenaan dengan kemajuan Jawa Madura yaitu memajukan pengajaran, kemudian kegiatan ekonomi seperti pertanian, teknik dan industri serta menghidupkan kembali kebudayaan.

0

Roboguru

Bagaimana pengaruh organisasi Budi Utomo terhadap peristiwa Sumpah Pemuda 1928?

Pembahasan Soal:

Pada dasarnya organisasi Budi Utomo adalah awal kebangkitan nasional yang menjadi inspirasi dan penggerak pemuda untuk bersatu dan membentuk berbagai organisasi kepemudaan. Organisasi-organisasi ini kemudian mengadakan kongres pemuda yang menghasilkan Sumpah Pemuda.

Maka, jawabannya Budi Utomo adalah organisasi penggerak kebangkitan nasional.

0

Roboguru

Cipto Mangunkusumo dan Surjodipuro merupakan pengurus inti organisasi Budi Utomo. Dalam perkembangannya, kedua tokoh tersebut mengundurkan diri dari kepengurusan Budi Utomo karena....

Pembahasan Soal:

Perhatian Boedi Oetomo lebih difokuskan pada jalinan kerja sama dengan pemerintah kolonial Belanda dan tidak lagi pada usaha mencerdaskan bangsa Indonesia melalui pendidikan dan kebudayaan.

0

Roboguru

Mengapa Boedi Oetomo sejak tahun 1915 terjun kebidang politik?

Pembahasan Soal:

Organisasi Budi Utomo adalah organisasi yang didirikan oleh Dr. Sutomo dan para mahasiswa STOVIA di Batavia pada tanggal 20 Mei 1908 atas ide dr. Wahidin Sudirohusodo yang sebelumnya telah berkeliling Jawa untuk menawarkan idenya membentuk Studiefounds. Organisasi ini bergerak dibidang sosial, ekonomi, dan budaya dan bertujuan untuk memajukan pengajaran, pertanian, teknik, industri dan menghidupkan kebudayaan. Budi utomo mengalami pergantian pemimpin pada 10 tahun pertama, pada masa pemerintahan Ario Noto Dirodjo dari Keraton Pakualaman, organisasi Budi Utomo mengalami perkembangan yang baik. Namun, semakin lama, organisasi ini bergeser pada bidang politik, dan pada tahun 1928 organisasi Budi Utomo menjadi anggota PPPKI (Pemufakatan Perhimpunan-Perhimpunan Politik Kebangsaan Indonesia). Perubahan haluan ini terjadi karena adanya pengaruh dari organisasi pergerakan lain yang bercorak politik, seperti Indische Partij dan Sarekat Islam. Tujuan Budi Utomo berpolitik adalah untuk mendapat bagian dalam pemerintahan yang akan dipegang oleh golongan pelajar pribumi serta menginginkan adanya pembentukan dewan rakyat (volksraad) bagi para penduduk pribumi.


Berdasarkan penjelasan di atas Boedi Oetomo terjun ke bidang politik karena adanya pengaruh dari organisasi pergerakan lain yang bercorak politik, seperti Indische Partij dan Sarekat Islam serta adanya tujuan agar mendapat bagian dalam pemerintahan yang akan dipegang oleh golongan pelajar pribumi. 

0

Roboguru

Budi Utomo merupakan organisasi pergerakan yang bersifat moderat dan menggunakan taktik kooperatif. Pernyataan yang menunjukkan strategi pergerakan tersebut adalah ....

Pembahasan Soal:

Dalam berjuang memperoleh kemerdekaan, Indonesia menjalankan sejumlah taktik antara lain taktik kooperatif atau MODERAT dan taktik non-kooperatif atau radikal. Perjuangan Kooperatif artinya adalah perjuangan yang sifatnya moderat (lunak) dan bersedia kerja sama dengan pemerintah penjajah.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah E.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved