Roboguru

Pertanyaan

Tuliskan 4 (empat) contoh komponen abiotik dalam ekosistem dan peranannya!undefined 

Z. Wihanifa

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Jakarta

Jawaban terverifikasi

Pembahasan

Komponen abiotik adalah komponen tak hidup yang menyusun suatu ekosistem. Komponen abiotik yang utama adalah air, tanah, udara, dan cahaya matahari.

  1. Air. Air sangat penting bagi kehidupan karena hampir 85% tubuh makhluk hidup berupa air. Air pada tubuh manusia berperan sebagai pelarut, untuk membuang limbah, serta mengatur suhu dan reaksi metabolisme.
  2. Tanah. Tanah berperan penting bagi organisme karena tanah berfungsi sebagai tempat tumbuhnya tumbuhan serta tempat berpijak dan berdiamnya binatang dan manusia. Selain itu, tumbuhan juga memperoleh bahan mineral untuk memenuhi kebutuhannya dari tanah.
  3. Udara. Faktor abiotik yang berkaitan dengan udara yaitu kelembapan udara, suhu udara, curah hujan, dan kandungan udara. Suhu lingkungan berperan penting dalam proses kelangsungan hidup organisme. Organisme mampu mengatur suhu tubuhnya agar proses metabolisme dalam tubuh dapat berjalan dengan normal.
  4. Cahaya matahari. Cahaya matahari berperan sebagai sumber energi di bumi dan dapat mengatur tingkah laku organisme. Matahari juga dapat melapukkan batuan sehingga organisme dapat memanfaatkan mineral yang dihasilkan dari pelapukan batuan.undefined 

251

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

Segala sesuatu yang mengelilingi suatu organisme dan memengaruhi cara hidup organisme tersebut adalah pengertian dari...

427

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia