Roboguru

Tuliskan 3 zona perairan laut Indonesia berdasarkan Deklarasi Juanda!

Pertanyaan

Tuliskan 3 zona perairan laut Indonesia berdasarkan Deklarasi Juanda!  

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Deklarasi Djuanda adalah deklarasi yang diadakan oleh Indonesia melalui perdana Menteri Djuanda pada 13 Desember 1957. Deklasrasi ini secara umum menyatakan bahwa seluruh kawasan laut yang ada di sekitar, di antara, dan di dalam kepulauan RI adalah termasuk kedaulatan Republik Indonesia. Dari Deklarasi Djuanda dihasilkan 3 pembagian wilayah laut di Indonesia:

  1. Laut teritorial (territorial sea), perairan sepanjang 12 mil laut diukur dari garis pangkal kepulauan di mana Indonesia memiliki kedaulatan penuh atas wilayah laut, dasar laut, subsoil, dan udara berikut sumber daya alam yang terkandung di dalamnya.
  2. Zona ekonomi eksklusif (exclusive economic zone). perairan meliputi dasar laut, tanah di bawahnya dan air di atasnya dengan batas terluar 200 mil laut diukur dari garis pangkal laut wilayah Indonesia.
  3. Landas kontinen (continental shelf), wilayah dasar laut termasuk subsoil yang merupakan keberlanjutan alamiah dari daratan pulau Indonesia. Bila kelanjutan alamiah bersifat landai, maka batas terluar landas kontinen ditandai dengan continental slope atau continental rise. Batas landas kontinen biasanya diukur mulai dari garis pantai hingga 200 mil ke laut dengan kedalaman 200 Meter.  

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

N. Puspita

Terakhir diupdate 30 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Sesuai dengan konvensi Hukum Laut Intemasional Jamaika tahun 1982, batas laut wilayah perairan Indonesia adalah ....

Pembahasan Soal:

Dalam konvensi hukum laut internasional United Nation Convention on the Law of the Sea (UNCLOS) pada tanggal 10 Desember 1982 di Montego Bay, Jamaika diatur mengenai batas laut antarnegara. Sebuah negara pantai (coastal state) berhak atas laut tentorial sejauh 12 mill laut. Lebar zona ini diukur dari garis pangkal (baselines) yang merupakan garis pantai saat air surut terendah. 

Jadi, Jawaban yang tepat adalah B.  

0

Roboguru

Batas wilayah laut suatu Negara diukur dari pantai saat air…

Pembahasan Soal:

Batas laut dari suatu negara ditetapkan atau dihitung dari garis laut saat air sedang surut.

Jadi, pilihan jawaban yang tepat adalah A.undefined

0

Roboguru

Kekayaan ikan laut di Indonesia banyak hilang dicuri oleh nelayan asing karena ....

Pembahasan Soal:

Indonesia adalah negara maritim, dengan luas daratan Indonesia adalah 2,1 juta km2, namun memiliki sekitar 3,25 juta km2 wilayah laut teritorial dan lebih dari 2,55 juta km2 laut di Zona Ekonomi Ekslusif (ZEE). Wilayah lautan yang sangat luas ini memberi potensi perikanan yang besar. Namun wilayah yang luas ini juga terancam dengan maraknya pencurian ikan.

Jadi, jawaban yang benar adalah C.

0

Roboguru

Berdasarkan konsep negara kepulauan (archipelago state) wilayah perairan/laut memiliki arti yang sangat penting karena berfungsi sebagai...

Pembahasan Soal:

Berdasarkan konsep archipelago state yang dicetuskan dan dideklarasikan oleh Ir. H. Djoeanda (Deklarasi Djuanda) ditegaskan pada dunia bahwa Republik Indonesia mempunyai kedaulatan penuh terhadap perairan antar pulau. Deklarasi Djuanda akhirnya masuk dan ditetapkan dalam Konvensi Hukum Laut Perserikatan Bangsa-Bangsa melalui United Nation Convention On Law Of The Sea (UNCLOS) yang mengakui konsep negara kepulauan. Deklarasi Djuanda memiliki arti yang sangat penting bagi bangsa Indonesia, karena telah melahirkan konsep wawasan nusantara yang mempersatukan seluruh wilayah tanah air dan keutuhan NKRI. Laut bukanlah pemisah pulau-pulau, tetapi sebagai perekat dan pemersatu kedaulatan negara.

Jadi, jawaban yang tepat adalah A.  

0

Roboguru

Deklarasi Juanda merupakan bentuk perjuangan Indonesia di bidang kemaritiman. Tujuan Indonesia dalam deklarasi tersebut adalah ....

Pembahasan Soal:

Setelah Indonesia merdeka, hukum laut Belanda yang bernama “Territoriale Zee en Maritieme Kringen Ordonantie” tahun 1939 masih berlaku di Indonesia. Peraturan ini mengatur wilayah perairan Indonesia yang batas laut teritorialnya ditarik sejauh 3 mil dari garis pantai. Hal ini menyebabkan laut diantara pulau menjadi laut lepas yang bebas dimasuki oleh kapal asing. Pada tahun 1957, barulah dicetuskan Deklarasi Djuanda sehingga Indonesia memiliki batas laut teritorial yang ditarik sejauh 12 mil dari garis pantai terluar. Hal tersebut menghapuskan laut bebas di antara pulau – pulau Indonesia.

Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah E.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved