Roboguru

Tuliskan 3 prasasti keberadaan Tarumanegara!

Pertanyaan

Tuliskan 3 prasasti keberadaan Tarumanegara!

Pembahasan Soal:

Berikut ini prasasti-prasasti peninggalan kerajaan Tarumanegara yaitu:

  1. Prasasti Ciaruteun, Prasasti Ciaruteun atau Prasasti Ciampea adalah prasasti yang terbuat dari sebuah batu alam, dan ditemukan di tepi Sungai Ciaruteun pada 1863 oleh peneliti asal Belanda. Prasasti Caruteun sampai sekarang masih tetap berada tempat pertama kali ditemukan yaitu di Desa Ciaruteun Ilir, Kecamatan Cibungbulang, Kabupaten Bogor. Adapun salinannya bisa ditemukan di Museum Sejarah Jakarta. Prasasti Ciaruteun ditulis dengan aksara Pallawa, disusun dalam bentuk seloka, dengan menggunakan bahasa Sanskerta. Prasasti ini dilengkapi dengan beberapa gambar di antaranya sepasang telapak kaki, gambar umbi, sulur-suluran, dan laba-laba. 
  2. Prasasti Kebon Kopi, Prasasti Kebon Kopi atau Prasasti Tapak adalah prasasti peninggalan Kerajaan Tarumanegara yang ditemukan di daerah Kampung Muara (sekarang: Desa Ciaruteun Ilir, Cibungbulang, Bogor) oleh para penebang hutan pada abad ke-19 ketika mereka akan membuka lahan untuk membudidayakan tanaman kopi. Sampai sekarang, prasasti Kebon Kopi masih tetap berada pada tempat pertama kali ditemukan. Prasasti yang terbuat dari batu alam ini dipahatkan di bidang perbukaan batu besar bertuliskan aksara Palawa dan bahasa Sansekerta dalam bentuk seloka dan diapit sepasang pahatan telapak kaki gajah.
  3. Prasasti Muara Cianteun, Prasasti Muara Cianteun atau Prasasti Pasir Muara adalah prasasti peninggalan Kerajaan Tarumanegara yang ditemukan oleh N.W. Hoepermans pada tahun 1864. Prasasti ini ditemukan di Pasir Muara di persawahan, tepi sungai Cisadane yang berdekatan dengan Muara Cianten. Prasasti ini berisi tentang pemerintahan negara telah dikembalikan ke Kerajaan Sunda pada tahun 854 M.

Dengan demikian, 3 prasasti Tarumanegara yaitu Prasasti Ciaruteun, Prasasti Kebon Kopi, dan Prasasti Muara Cianteun.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

F. Putri

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Lampung

Terakhir diupdate 04 Juni 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Prasasti peninggalan Kerajaan Tarumanegara yang berisi tentang penggalian sebuah saluran air sepanjang 11 km adalah Prasasti …

Pembahasan Soal:

Prasasti Tugu adalah salah satu prasasti yang berasal dari Kerajaan Tarumanegara. Prasasti tersebut isinya menerangkan penggalian Sungai Candrabaga oleh Rajadirajaguru dan penggalian Sungai Gomati oleh Purnawarman pada tahun ke-22 masa pemerintahannya. Penggalian sungai tersebut merupakan gagasan untuk menghindari bencana alam berupa banjir yang sering terjadi pada masa pemerintahan Purnawarman dan kekeringan yang terjadi pada musim kemarau. Pada prasasti tersebut juga dituliskan lamanya waktu pengerjaan yakni 21 hari.

Jadi, jawaban yang tepat adalah D.

0

Roboguru

Upaya Raja Purnawarman dalam memperhatikan aspek pertanian dan perdagangan rakyat kerajaan Tarumanagara dengan membuat saluran untuk mengairi sawah dapat diketahui dari isi prasasti ...

Pembahasan Soal:

   Kerajaan Tarumanegara berdiri sekitar abad ke 4-5 M yang terletak tidak jauh dari  pantai Utara Jawa bagian Barat. Salah satu raja yang terkenal dari kerajaan Tarumanegara ini bernama Purnawarman. Hal ini disebabkan oleh penemuan prasasti Tugu yang menjelaskan mengenai pengendalian banjir dan usaha pertanian. Prasasti Tugu ditemukan di Desa Tugu, dekat Tanjung Priok, Jakarta dan merupakan prasasti terpanjang yang ditemukan sebagai sumber sejarah kerajaan Tarumanegara. 

   Prasasti ini berisi mengenai Purnawarman dalam tahun pemerintahannya yang ke-22 menggali sebuah sungai yang diketahui merupakan sungai Gomati, yang panjangnya 6.122 busur (12 km) dalam waktu 21 hari disamping sungai yang sudah ada yakni sungai Candrabhaga (Kali Bekasi). Pekerjaan ini ditutup dengan pemberian 1.000 ekor lembu kepada para brahmana. Sungai yang digali ini kemungkinan merupakan terusan untuk membantu pengaliran air sungai Bekasi pada musim hujan, sehingga tidak ada banjir yang dapat merusak daerah sekitarnya.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A.

0

Roboguru

Sebagian besar prasasti peninggalan Kerajaan Tarumanegara memuat tapak kaki Raja Purnawarman. Hal ini dapat ditafsirkan sebagai ....

Pembahasan Soal:

Kerajaan Tarumanegara merupakan kerajaan Hindu tertua di Jawa. Kerajaan Tarumanegara berdiri pada abad ke-5 M dan mencapai puncak kejayaannya pada masa pemerintahan Purnawarman. Hal tersebut ditandai dengan sejumlah peninggalan berupa prasasti. Prasasti-prasasti peninggalan Tarumanegara kebanyakan memuat telapak kaki Purnawarman, salah satu contohnya adalah prasasti Ciaruteun. Prasasti Ciaruteun bertuliskan, "Ini bekas dua kaki, yang seperti kaki Dewa Wisnu ialah kaki Yang Mulia Sang Purnawarman, raja di negeri Taruma, raja yang gagah berani di dunia". Hal tersebut menandakan legitimasi kekuasaan Raja Purnawarman sebagai titisan dewa

Dengan demikian, jawaban yang benar adalah B. 

3

Roboguru

Sebutan Sungai Candrabaga dalam Kerajaan Tarumanegara terdapat dalam prasasti...

Pembahasan Soal:

Kerajaan Tarumanegara berdiri sekitar abad ke 4-5 M yang terletak tidak jauh dari  pantai Utara Jawa bagian Barat. Salah satu raja yang terkenal dari kerajaan Tarumanegara ini bernama Purnawarman. Hal ini disebabkan oleh penemuan prasasti Tugu yang menjelaskan mengenai pengendalian banjir dan usaha pertanian. Prasasti Tugu ditemukan di Desa Tugu, dekat Tanjung Priok, Jakarta dan merupakan prasasti terpanjang yang ditemukan sebagai sumber sejarah kerajaan Tarumanegara.  Prasasti ini berisi mengenai Purnawarman dalam tahun pemerintahannya yang ke-22 menggali sebuah sungai yang diketahui merupakan sungai Gomati, yang panjangnya 6.122 busur (12 km) dalam waktu 21 hari disamping sungai yang sudah ada yakni sungai Candrabhaga (Kali Bekasi). Pekerjaan ini ditutup dengan pemberian 1.000 ekor lembu kepada para Brahmana.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah D.

0

Roboguru

Berikut ini yang merupakan prasasti peninggalan Kerajaan Tarumanagara adalah ….

Pembahasan Soal:

Terdapat 7 buah prasasti yang berisi tentang kisah Kerajaan Tarumanagara. Lima dari prasasti ini ditemukan di wilayah Kabupaten Bogor, yaitu:

  1. Prasasti Ciareteun.
  2. Prasasti Jambu.
  3. Prasasti Kebon Kopi.
  4. Prasasti Pasir Awi.
  5. Prasasti Muara Cianten.

Adapun Prasasti yang terdapat di luar Kabupaten Bogor adalah:

  1. Prasasti Cidanghiang di Kabupaten Pandeglang.
  2. Prasasti Tugu di Kota Jakarta.

Berdasarkan penjelasan di atas, jawaban yang tepat adalah E.undefined 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved