Roboguru

Tuliskan 3 perbedaan antara masa anak anak dengan ...

Tuliskan 3 perbedaan antara masa anak anak dengan masa remaja?

  1. . . . 

  2. . . . 

Jawaban:

Masa kanak-kanak adalah masa yang berlangsung sebelum seseorang memasuki masa pubertas. Secara kronologis atau menurut urutan waktu, masa kanak-kanak adalah masa perkembangan dari usia 2 hingga 6 tahun. Perkembangan biologis pada masa-masa ini berjalan pesat, tetapi secara sosiologis ia masih sangat terikat oleh lingkungan dan keluarganya.

Sedangkan masa remaja atau masa pubertas adalah masa peralihan manusia dari anak-anak menuju dewasa. Remaja adalah waktu manusia berumur belasan tahun. Setelah seseorang melewati masa pubertas maka tidak lagi disebut anak-anak melainkan remaja yang akan terus tumbuh dan berkembang menjadi manusia dewasa. Masa pubertas ini disebutkan mulai berlangsung ketika seorang anak mencapai usia 8 sampai 10 tahun dan kemudian berakhir ketika mencapai usia 15 atau 16 tahun (masa remaja).

Masa pubertas pada wanita ditandai dengan menstruasi pertama kali dan pada pria ditandai dengan mimpi basah pertama kalinya. Berikut tiga perbedaan ciri fisik antara anak-anak dengan remaja:

  1. Anak-anak tidak memiliki rambut di bagian-bagian tertentu seperti area ketiak, kelamin atau pun kumis seperti dijumpai pada remaja.
  2. Kulit anak-anak belum berminyak, sementara pada remaja pria maupun wanita kulit menjadi berminyak dan kadang muncul jerawat.
  3. Panggul pada anak perempuan tidak lebar, sementara panggul pada remaja perempuan melebar. Dada pada anak laki-laki tidak bidang sementara pada remaja pria dada membidang. 
  4. Pada anak-anak fungsi reproduksi belum aktif, sedangkan pada remaja fungsi reproduksi sudah aktif

0

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved