Roboguru

Pertanyaan

Tuliskan 3 bentuk mitigasi bencana alam yang sering terjadi di Indonesia mulai dari tahap pra bencana, tahapan ketika bencana, dan tahapan pasca bencana!

A. Acfreelance

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Pembahasan

Dalam upaya menerapkan manajemen penanggulangan bencana, dilaksanakan melalui 3 (tiga) tahapan sebagai berikut:

  1. Tahap pra-bencana yang dilaksanakan ketika sedang tidak terjadi bencana dan ketika sedang dalam ancaman potensi bencana. Tahap ini terdiri dari tahap mitigasi dan tahap kesiapsiagaan. Kegiatan yang secara umum dapat dilakukan pada tahapan ini adalah: membuat peta atau denah wilayah yang sangat rawan terhadap bencana, pembuatan alarm bencana, membuat bangunan tahan terhadap bencana tertentu, memberi penyuluhan serta pendidikan yang mendalam terhadap masyarakat yang berada di wilayah rawan bencana.
  2. Tahap tanggap darurat dilakukan saat kejadian bencana terjadi. Kegiatan pada tahap tanggap darurat yang secara umum berlaku pada semua jenis bencana antara lain: Menyelamatkan diri dan orang terdekat, tidak panik, lari atau menjauh dari pusat bencana tidak perlu membawa barang-barang apa pun, melindungi diri dari benda-benda yang mungkin dapat melukai diri.
  3. Tahap pasca bencana yang dilakukan pada saat setelah terjadi bencana. Tahap ini terdiri dari tahap rehabilitasi dan rekonstruksi. Kegiatan inti pada tahapan ini adalah: pemberian bantuan darurat, inventarisasi kerusakan, evaluasi kerusakan, pemulihan, rehabilitasi.

18

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

Berikut adalah siklus penanggulangan bencana. Prabencana Saat bencana (tanggap darurat) Pascabencana Kegiatan: Penyelamatan dan evakuasi korban banjir bandang. Membersihkan gorong-gorong pa...

33

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia