Roboguru

Pertanyaan

Begitulah Anya setiap harinya, ia gemar belanja. Hal itu bermula ketika ia sering diejek temannya karena dibilang anak pingit. Setiap pulang sekolah, ia langsung pulang dan tak pernah kumpul-kumpul di warung bakso apalagi jalan-jalan kepertokoan. Baru setelah Irene mentraktirnya Anya makan di sebuah pusat perbelanjaan, ia mulai tertarik. Seterusnya ia kecanduan. Akan tetapi, akhir-akhir ini, kegemarannya tersebut telah membuatnya begitu boros. Pernak-pernik maupun aksesoris-aksesoris yang sebenarnya tidak ia butuhkan, tetap diborong dengan alasan gengsi.space

Tulis peta konsep jenis fiksi dari paragraf tersebut!space

S. Nurjannah

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Jember

Jawaban terverifikasi

Pembahasan

Teks tersebut merupakan cerita fiksi. Cerita fiksi adalah cerita yang berdasarkan khayalan/imajinasi. Cerita fiksi tidak disajikan sebagai fakta, meskipun mungkin didasarkan pada kisah atau situasi nyata. Teks cerita tersebut tersusun berdasarkan peta konsep jenis cerita fiksi, yaitu:

  • Cerita tersebut memiliki unsur-unsur pembangun cerita fiksi. Unsur tersebut berupa tema yang berkaitan dengan gaya hidup, tokoh (Anya dan teman temannya), latar tempat (di warung bakso, di sebuah pusat perbelanjaan), latar waktu (sepulang sekolah), latar suasana (kecanduan belanja), serta watak (Anya boros).
  • Keruntutan cerita yang menggunakan alur cerita yang maju. Cerita diawali Anya sering diejek sebagai anak pingit karena tidak mau berkumpul dengan teman-temannya. Namun, sikap Anya berubah setelah Irene mentraktirnya di sebuah pusat perbelanjaan. Anya menjadi gemar belanja dan begitu boros. Anya membeli barang-barang dengan alasan gengsi.
  • Menggunakan gaya bahasa yang cermat, seperti menggambarkan suasana, serta  perilaku tokoh Anya yang boros.
  • Memiliki amanat atau pesan moral, yaitu tidak terpengaruh dengan teman, miliki hidup hemat, dan tidak mengikuti gengsi.space

21

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

Cerita yang di dalamnya mengandung cerita lain disebut ....

128

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia