Roboguru

Tulis informasi penting di bawah ini berdasarkan paragraf di atas!

Pertanyaan

Tulis informasi penting di bawah ini berdasarkan paragraf di atas!space 

Pembahasan Soal:

Teks berita adalah teks yang melaporkan kejadian, peristiwa atau informasi mengenai sesuatu yang telah atau sedang terjadi. Informasi penting dalam teks berita dapat dianalisis menggunakan unsur berita ADIKSIMBA (Apa, Di mana, Kapan, Siapa, Mengapa, dan Bagaimana). Unsur ADIKSIMBA dalam teks berita merupakan pertanyaan yang jawabannya dianggap sebagai dasar pengumpulan informasi atau dalam memecahkan masalah. Untuk mengetahui informasi tentang hal yang diberitakan, dapat menggunakan kata tanya "apa" yang berfungsi untuk menanyakan segala sesuatu yang berkaitan dengan isi atau pokok bahasan. Pertanyaan yang sesuai ialah "Apa yang diinstruksikan oleh Presiden Joko Widodo?" Maka jawabannya ialah setiap Hari Kebangkitan Nasional, masyarakat diintruksikan untuk mengibarkan bendera merah putih di depan rumah masing-masing untuk mengenang jasa para tokoh kebangkitan Indonesia".

Jadi, informasi penting sesuai isi teks ialah masyarakat diintruksikan untuk mengibarkan bendera merah putih di depan rumah masing-masing setiap Hari Kebangkitan Nasional untuk mengenang jasa para tokoh kebangkitan Indonesia.space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

N. Febriyanti

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Jakarta

Terakhir diupdate 11 Juli 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Kesamaan informasi yang diberikan dalam berita di atas adalah….

Pembahasan Soal:

Teks berita merupakan teks yang berisi informasi mengenai peristiwa yang sudah terjadi. Kesamaan informasi yang diberikan dalam berita di atas adalah lumpur panas mengakibatkan warga menganggur karena perusahaan digenangi lumpur.

Jadi, jawaban yang tepat adalah B.space 

Roboguru

Buatlah sebuah pertanyaan yang sesuai dengan isi teks tersebut dengan menggunakan kata tanya "mengapa"!

Pembahasan Soal:

Kata tanya mengapa berfungsi untuk menanyakan sebab atau alasan terjadinya sesuatu. Kata tanya yang jawabannya terdapat dalam teks ialah Mengapa gas buangan kendaraan sangat membahayakan masyarakat? Karena gas buangan kendaraan dapat menyebabkan gangguan sesak napas yang diakibatkan penyempitan rongga paru-paru.

Jadi, pertanyaan yang tepat menggunakan kata tanya mengapa ialah Mengapa gas buangan kendaraan sangat membahayakan masyarakat?space 

Roboguru

Uraikan unsur-unsur berita yang terdapat pada teks berita tersebut!

Pembahasan Soal:

Teks berita adalah teks yang berisi tentang kejadian atau peristiwa yang teradi di dunia mengenai sesuatu yang sedang hangat diperbincangkan di khalayak umum dan berupa fakta. Unsur-unsur berita merupakan hal-hal penting yang terdapat dalam suatu berita. Unsur-unsur berita terangkum dalam enam pertanyaan, yaitu 5W + 1 H. What (apa}, who (siapa}, where (di mana}, when (kapan}, why (mengapa}, how (bagaimana}.

Unsur-unsur berita dari teks berita di atas yaitu

Unsur apa (Peristiwa apa yang disampaikan dalam berita tersebut)

Peristiwa kebakaran

Unsur siapa (Siapa yang terlibat dalam peristiwa tersebut?)

warga dan petugas pemadam kebakaran

Unsur di mana (Di mana peristiwa tersebut terjadi?)

Di kawasan Tomang, Petamburan, Jakarta Barat.

Unsur kapan (Kapan peristiwa tersebut terjadi?)

Senin (21/1/2019)

Unsur mengapa (Mengapa peristiwa tersebut terjadi?)

Kebakaran diduga dipicu hubungan arus pendek listrik dari sebuah toko milik warga.

Unsur bagaimana (Bagaimana peristiwa tersebut terjadi?)

Sejumlah warga korban kebakaran justru nekat mencari sisa-sisa harta benda yang berada di reruntuhan bangunan rumah mereka. Sementara, sebagian penduduk korban kebakaran, masih bertahan di tepi jalan tak jauh dari lokasi kebakaran. Hal ini dilakukan lantaran belum tersedianya tenda pengungsian dan dapur umum. Bangunan rumah dan toko yang terdampak kebakaran berjumlah 165 unit dan sekitar 1 .250 jiwa kehilangan tempat tinggal. Sejauh ini, tak ada laporan korban jiwa dari peristiwa kebakaran ini.

Dapat disimpulkan peristiwa yang terjadi pada teks berita di atas adalah kebakaran (unsur apa), yang menimpa warga (unsur siapa), kebakaran terjadi di kawasan Tomang, Petamburan, Jakarta Barat (unsur di mana), kebakara tersebut terjadi pada Senin, 21 Januari 2019 (unsur kapan), kebakaran terjadi diduga dipicu hubungan arus pendek listrik dari sebuah toko milik warga (unsur mengapa), bangunan rumah dan toko yang terdampak kebakaran berjumlah 165 unit dan sekitar 1 .250 jiwa kehilangan tempat tinggal. Sejauh ini, tak ada laporan korban jiwa dari peristiwa kebakaran ini (unsur bagaimana).undefined 

 

Roboguru

Teks Berita I Teks Berita II Rabu, 11 April 2012 terjadi gempa. Bencana alam yang berkekuatan 8,9 skala richter tiba-tiba mengguncang bumi Serambi Mekah. Menurut catatatn B...

Pembahasan Soal:

Teks berita I diawali dengan unsur berita kapan yang terdapat pada kalimat Rabu, 11 April 2012 terjadi gempa. Adapun teks berita II diawali dengan unsur berita apa yang terdapat pada kalimat gempa berkekuatan 8,5 skala richter kembali melanda Aceh. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah B. 

Roboguru

Apa informasi penting yang terdapat dalam teks di atas?

Pembahasan Soal:

Teks berita adalah teks yang berisi informasi mengenai kejadian/ peristiwa yang baru saja terjadi.

Informasi penting yang terdapat dalam teks di atas adalah keberadaan Uni Eropa dan Perjanjian Perdagangan Bebas Amerika Utara mendorong negara-negara ASEAN dalam menggagas kerja sama dalam bidang perdagangan yang lebih luas lagi.

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa informasi penting yang terdapat dalam teks di atas adalah Keberadaan Uni Eropa dan Perjanjian Perdagangan Bebas Amerika Utara mendorong negara-negara ASEAN menggagas Masyarakat Ekonomi Asean (MEA)

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved