Roboguru

Tujuan Jepang memberikan janji kemerdekaan kepada Indonesia, ialah...

Pertanyaan

Tujuan Jepang memberikan janji kemerdekaan kepada Indonesia, ialah...

  1. agar Indonesia segera merdeka

  2. Jepang mulai terdesak oleh sekutu

  3. menarik simpati rakyat Indonesia

  4. menarik simpati bangsa Asta lainnya

Pembahasan Soal:

Alasan Jepang memberikan janji kemerdekaan kepada Indonesia adalah untuk mendapat dukungan dari pemimpin dan rakyat Indonesia tersebut, karena saat itu Jepang sudah terdesak oleh pasukan Sekutu dan mulai kalah dalam Perang Dunia II.

Berdasarkan penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah B.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

F. Putri

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Lampung

Terakhir diupdate 04 Juni 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Semangat chauvinistis yang digencarkan Jerman memiliki pengertian ...

Pembahasan Soal:

Nasionalisme Jerman menjelang Perang Dunia II menunjukkan gejala yang berbeda dengan nasionalisme di negara-negara Eropa dan Amerika Serikat. Nasionalisme bangsa Jerman khususnya ketika Jerman dipimpin oleh Adolf Hitler bercorak Chauvinistis. Chauvinistis adalah sikap kebangsaan yang sempit dan sombong (congkak) dengan semboyan Jerman Uber Ales atau Jerman sebagai bangsa yang paling unggul dan terhormat di dunia karena berasal dari ras Aria.

Denga demikian, maka jawaban yang tepat adalah A.

0

Roboguru

Langkah pertama Jepang sebagai pelaksanaan Janji Koiso tentang Kemerdekaan Indonesia adalah dengan membentuk...

Pembahasan Soal:

Jenderal Kuniaki Koiso memberikan janji kemerdekaan (September 1944), sejak itulah Jepang memberikan izin kepada rakyat Indonesia untuk mengibarkan bendera Merah Putih di samping bendera Jepang Hinomaru. Lagu Indonesia Raya boleh dinyanyikan setelah lagu Kimigayo. Sejak itu pula Jepang mulai mengerahkan tenaga rakyat Indonesia untuk pertahanan. Mereka disiapkan untuk menghadapi musuh. Pada saat itu suasana kemerdekaan terasa semakin dekat. Selanjutnya, Letnan Jenderal Kumakici Harada mengumumkan dibentuknya Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) pada 1 Maret 1945. Badan itu dibentuk untuk menyelidiki dan mengumpulkan bahan-bahan penting tentang ekonomi, politik, dan tatanan pemerintahan sebagai persiapan kemerdekaan Indonesia. 

Dengan demikian, sebagai pelaksanaan Janji Koiso tentang Kemerdekaan Indonesia, pemerintahan Jepang membentuk Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI).space 

0

Roboguru

Pertemuan antara pihak Indonesia dan Jepang untuk membahas kemerdekaan Indonesia terjadi pada tanggal.

Pembahasan Soal:

Setelah Hiroshima dan Nagasaki dibom atom oleh sekutu. Para tokoh pejuang kemerdekaan Indonesia berupaya untuk memerdekakan bangsanya. Salah satunya dengan menemui Jenderal Terauchi Hisaichi di Dalat, Vietnam. Amerika Serikat menjatuhkan bom atom pertamanya di Hiroshima pada 6 Agustus 1945. Kemudian pada hari berikutnya, bom atom kembali dijatuhkan di Nagasaki. Kondisinya semakin memanas setelah Uni Soviet menyerbu Manchuria dan menyatakan perang kepada Jepang. Kondisi inilah yang mendorong Jenderal Terauchi Hisaichi mengundang Ir. Soekarno, Moh. Hatta, dan Radjiman Wediodiningrat untuk datang ke Markas Besar Tentara Wilayah Selatan di Dalat, Vietnam. Inti dari pertemuan ini ialah untuk membahas perihal kemerdekaan Indonesia. 
Ir. Soekano, Moh. Hatta dan Radjiman Wediodiningrat berangkat ke Dalat pada 9 Agustus 1945. Dalam perjalanannya, Ir. Soekarno beserta rombongannya menginap satu malam di Singapura dan di Saigon. Pada pagi buta, rombongan tersebut berangkat dari Saigon menuju Dalat. Pertemuan diadakan pada 11 Agustus 1945 pukul 10.00 waktu setempat. Jenderal Terauchi mengatakan jika Pemerintah Jepang di Tokyo memutuskan untuk memberi kemerdekaan pada seluruh daerah di Hindia Belanda. Namun, wilayah tersebut tidak termasuk Malaya serta bekas jajahan Inggris di Kalimantan.

Dengan demikian, jawaban paling tepat adalah D.

0

Roboguru

Upaya Jepang untuk menarik simpati dan dukungan rakyat Indonesia pada tahun 1944 dilakukan dengan mengeluarkan pernyataan.

Pembahasan Soal:

Setelah mengalami kekalahan di Pasifik, Jepang yang mulai terdesak mengeluarkan Janji kemerdekaan untuk Indonesia atau Janji Koiso. Kunaki Kosio merupakan Perdana Menteri Jepang menggantikan Hideaki Tojo setelah kabinet Tojo kehilangan popularitas dengan kekalahan yang terjadi di Saipan, Kepulauan Pasifik. 

Misi utama Koiso dalam menjabat Perdana Menteri adalah mengakhiri perang dengan cara mendesak Amerika Serikat untuk berunding. Dalam menjalankan misi tersebut Jepang ingin mendapatkan bantuan seluas-luasnya dari wilayah pendudukannya salah satunya adalah Indonesia. Dalam mendapatkan simpati tersebut dikeluarkanlah  Janji Koiso pada 7 September 1944 dalam sidang istimewa Teikoku Henkai ke-85 di Tokyo. Janji Koiso berisi janji Keksaisaran Jepang untuk memberikan kemerdekaan bagi bangsa Indonesia suatu hari.

Janji Koiso ini nantinya dibuktikan dengan pembentukan BPUPKI atau dokuritsu junbi cosakai.

0

Roboguru

Pada jaman pendudukan Jepang, kehidupan ekonomi rakyat Indonesia sangat menderita hal ini disebabkan .....

Pembahasan Soal:

Pada masa pendudukan Jepang di Indonesia, Jepang menerapkan sistem ekonomi perang. Ekonomi perang adalah kebijakan mengerahkan semua kekuatan ekonomi untuk menopang keperluan perang. Jepang yang terlibat dalam Perang Dunia II melawan Sekutu membutuhkan sumber daya alam (SDA) dan sumber daya manusia (SDM) untuk memenangkan perang. Dampak dari penerapan sistem ekonomi perang ini adalah rakyat Indonesia menjadi korban dan sasaran eksploitasi Jepang. Wujudnya, rakyat dipaksa bekerja keras untuk membantu memenuhi kepentingan perang Jepang seperti membangun jalan, membangun rel, membangun benteng, dan sebagainya. Rakyat juga dipaksa menyerahkan hasil pertanian mereka untuk menyokong suplai logistik perang kepada Jepang. Akibatnya, rakyat Indonesia hidup dalam kesengsaraan dan  penderitaan yang mengenaskan.

Jadi, jawaban yang tepat adalah A.undefined

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved