Roboguru

Tujuan ekonomi mikro dan makro   1. Menganalisa mekanisme pasar yang membentuk harga barang dan jasa 2. Menganalisa kegagalan pasar 3. Menganalisa sejauhmana penggunaan sumber daya dalam kegiatan ekonomi 4. Menganalisa sejauhmana perekonmian dalam keadaan stabil 5. Menganalisa sejauhmana perekonomian mengalami pertumbuhan Yang termasuk ke dalam tujuan ekonomi makro adalah …

Pertanyaan

Tujuan ekonomi mikro dan makro

 

1. Menganalisa mekanisme pasar yang membentuk harga barang dan jasa
2. Menganalisa kegagalan pasar
3. Menganalisa sejauhmana penggunaan sumber daya dalam kegiatan ekonomi
4. Menganalisa sejauhmana perekonmian dalam keadaan stabil
5. Menganalisa sejauhmana perekonomian mengalami pertumbuhan


Yang termasuk ke dalam tujuan ekonomi makro adalah … undefined 

  1. 1, 2 dan 3 undefined                                              

  2. 1, 3 dan 5 undefined                                              

  3. 2, 3 dan 4 undefined

  4. 2, 3 dan 5 undefined

  5. 3, 4 dan 5 undefined

Pembahasan Soal:

Ekonomi makro adalah ilmu yang mempelajari peristiwa ekonomi secara keseluruhan dan berdampak luas. Teori ekonomi makro mempelajari ekonomi secara keseluruhan yang berdampak luas bukan hanya bagi rumah tangga dan perusahaan melainkan secara nasional. 

Tujuan ekonomi mikro dan makro

  1. Menganalisa mekanisme pasar yang membentuk harga barang dan jasa (MIKRO).
    Hal ini dikarenakan yang dibahas adalah mekanisme pasar. Mekanisme pasar merupakan contoh peristiwa dalam ekonomi mikro, hal ini dikarenakan kondisi dan kejadian di tiap pasar berbeda. Sehingga kebijkan ataupun kejadian yang ada di satu pasar belum tentu dapat diterapkan atau terjadi di pasar yang lain. Dikarenakan cakupan yang kecil inilah tujuan pernyataan 1 merupakan tujuan ekonomi mikro. 
  2. Menganalisa kegagalan pasar (MIKRO).
    Sama seperti pernyataan 1, pernyataan 2 membahas tentang pasar. Setiap pasar pasti memiliki kondisi yang berbeda baik dari sisi lokasi, barang yang dijual ataupun harga yang berlaku. Perbedaan inilah yang menyebabkan alasan kegagalan di setiap pasar juga berbeda. Tidak bisa disamakan, hal ini menandakan bahwa cakupan dalam permasalah pasar menggunakan lingkup yang kecil. Sehingga pernyataan ini masuk ke dalam ekonomi mikro.
  3. Menganalisa sejauh mana penggunaan sumber daya dalam kegiatan ekonomi (MAKRO).
    Pernyataan ini merupakan tujuan dari ekonomi makro. Di sini yang dibahas adalah penggunaan sumber daya alam yang dimiliki negara, karena membahas mengenai penggunakan sumber daya miliki negara otomatis cakupan yang dibicarakan merupakan cakupan yang luas dan berdampak pada negara. Sehingga pernyataan 3 masuk ke dalam ekonomi makro. 
  4. Menganalisa sejauh mana perekonomian dalam keadaan stabil (MAKRO).
    Pernyataan ini merupakan tujuan dari ekonomi makro. Msalah yang dibahas adalah kondisi perekonomian. Ketika membahas kondisi perekonomian, maka yang akan kita bahas adalah kondisi ekonomi secara keselurahan atau nasional. Jadi dengan kata lain kita membahas kondisi ekonomi negara. Karena cakupan yang dibicarakan merupakan cakupan di satu negara maka pernyataan ini masuk ke dalam lingkup ekonomi makro.  
  5. Menganalisa sejauh mana perekonomian mengalami pertumbuhan (MAKRO).
    Pertumbuhan ekonomi merupakan kondisi kenaikan produk yang dihasilkan oleh satu negara. Oleh karena yang dilihat dalam pertumbuhan adalah kondisi ekonomi 1 negara, maka dapat disimpulkan cakupan pertumbuhan ekonomi merupakan cakupan yang luas dan berdampak pada 1 negara. Sehingga pernyataan ini masuk ke dalam lingkup ekonomi makro.  

Jadi jawaban yang tepat adalah E. 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Acfreelance

Terakhir diupdate 23 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Ilmu ekonomi termasuk kelompok ....

Pembahasan Soal:

Menurut Alfred W. Stonier dan Douglas C. Hague membagi ilmu ekonomi menjadi 3 kelompok yaitu:

  1. Ilmu Ekonomi Deskriptif (Descriptive Economic), analisis ekonomi yang menggambarkan kondisi sebenarnya berdasarkan kondisi fakta dalam perekonomian.
  2. Ilmu Ekonomi Teori (Economic Theory), analisis ekonomi yang berusaha menjelaskan, mencari pengertian, hubungan sebab akibat, dan cara kerja sistem ekonomi. Nah, dalam Ilmu ekonomi teori dibagi lagi nih menjadi dua macam yaitu ilmu ekonomi mikro dan ilmu ekonomi makro.
  3. Ilmu Ekonomi Terapan (Applied Economics), lebih bersifat praktis dengan menerapkan pengertian ekonomi pada bidang-bidang atau masalah-masalah tertentu.space 

0

Roboguru

Jelaskan tentang pembagian ilmu ekonomi teori!

Pembahasan Soal:

Teori ekonomi yaitu Ilmu ekonomi yang mempelajari secara teoritis dan konsep dasar perilaku individu dan masyarakat dalam menentukan alokasi atas sumber daya yang langka dalam upaya memenuhi kebutuhannya. Teori ekonomi dibagi menjadi dua, yaitu:

  1. Teori ekonomi mikro: mempelajari perilaku individu serta rumah tangga produksi atau perusahaan dalam membuat keputusan untuk mengalokasikan sumber daya yang terbatas.
  2. Teori ekonomi makro: mempelajari mekanisme kerja perekonomian secara keseluruhan.

Perbedaan keduanya dapat disajikan dalam tabel berikut:

1

Roboguru

Sebutkan tiga persoalan dalam ekonomi mikro yang anda ketahui !

Pembahasan Soal:

Tiga persoalan dalam ekonomi mikro yaitu:

  • Perilaku produsen dan konsumen
  • Distribusi harga barang dan jasa
  • Permintaan dan Penawaran

0

Roboguru

Harga barang - barang naik secara terus - menerus dan berlangsung lama. Kondisi ini menggambarkan permasalahan yang dihadapi ....

Pembahasan Soal:

Sebelumnya, perlu diketahui bahwa kondisi disaat harga barang - barang naik secara terus menerus dan berlangsung secara lama disebut dengan inflasi, dan berikut ini adalah penjelasan mengenai ekonomi mikro dan ekonomi makro beserta contohnya : 

  • Ekonomi Mikro, yaitu cabang ilmu ekonomi yang berfokus pada mempelajari perilaku dan kegiatan ekonomi individu. Selain itu, ekonomi mikro juga membahas tentang alokasi sumber daya, pasar, dan tiga masalah pokok ekonomi. Contoh yang termasuk ke dalam rumpun ekonomi mikro adalah kegiatan produksi, distribusi, dan konsumsi
  • Ekonomi Makro, yaitu cabang ilmu ekonomi yang mempelajari perilaku ekonomi secara keseluruhan (agregat). Contoh hal yang dibahas dalam ekonomi makro adalah pendapatan nasional, tenaga kerja, pengangangguran, inflasi dan lain - lain. space space 

Jadi, jawaban yang tepat adalah A.space space  

0

Roboguru

Yang dimaksud ekonomi makro adalah....

Pembahasan Soal:

Ekonomi makro adalah salah satu bentuk ekonomi teoritis yang mengkaji unit-unit terbesar dari perekonomian. Ekonomi makro mengkaji ekonomi secara keseluruhannya dan objek kajiannya pun sudah menyangkut mengenai negara dan masyarakat luas. Biasanya ekonomi makro terkait bagaimana negara mengatur perekonomiannya. Contoh kajian yang dibahas di ekonomi makro antara lain: pengangguran, inflasi, perdagangan internasional, pendapatan nasional, pertumbuhan ekonomi dan lain-lain. undefined

1

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved