Roboguru

Tubuh virus T terdiri atas protein dan Asam Deoksiribonukleat (DNA). Kemampuan berkembangbiak dalam tubuh hospes ditentukan oleh....

Pertanyaan

Tubuh virus T terdiri atas protein dan Asam Deoksiribonukleat (DNA). Kemampuan berkembangbiak dalam tubuh hospes ditentukan oleh.... 

  1. Ukuran tubuhnya yang sangat kecil 

  2. Persediaan zat makanan dalam tubuh virus itu 

  3. Bagian protein dan DNA 

  4. Bagian protein 

  5. Bagian DNA 

Pembahasan Soal:

Virus adalah sebuah parasit mikroskopik yang mampu menginfeksi sel dan menjadikannya inangnya. Virus dikatakan makhluk hidup karena memiliki sejumlah asam nukleat dalam bentuk DNA ataupun RNA. Asam nukleat tersebut diselubungi atau dilindungi oleh bagian dari virus itu sendiri disebut dengan kapsid. Dalam melakukan infeksi kepada sel inangnya, virus akan memasukkan asam nukleat tersebut ke dalam sel inang sehingga nantinya akan melakukan reproduksi. Sehingga, kemampuan dari berkembangbiak virus tersebut ditentukan oleh bagian asam nukleatnya yaitu DNA atau RNA.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah E.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Acfreelance

Terakhir diupdate 13 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Daur replikasi virus ada dua, yaitu ......... dan  .........

Pembahasan Soal:

Virus dapat bertambah jumlahnya karena mengalami proses replikasi yang dilakukan dalam sel inang. Daur replikasi virus terbagi menjadi dua yaitu daur litik dan daur lisogenik. Daur litik terjadi disebabkan oleh ketahanan sel inang lebih lemah daripada daya infeksi virus sehingga, sel inang akan pecah dan mati. Daur lisogenik terjadi jika pertahanan tubuh inang lebih kuat daripada daya infeksi virus sehingga, sel inang dapat bereproduksi dengan normal dan tidak akan langsung mengalami pecah.

Jadi, daur replikasi virus ada dua yaitu daur litik dan lisogenik.space

0

Roboguru

Jelaskan perkembangan (replikasi) virus secara daur litik!

Pembahasan Soal:

Virus dapat berreplikasi melalui dua cara yaitu daur litik dan daur lisogenik. Berikut tahapan yang terjadi pada daur litik.
 

  1. Adsorbsi = tahapan dimana virus menempel pada inang yang akan diinfeksi.
  2. Injeksi = pada tahapan ini, virus mencoba menyuntikkan materi genetiknya (DNA/RNA) kedalam tubuh inang dengan tujuan menginfeksi inang.
  3. Eklifase = Pada tahapan eklifase, virus mengambil alih metabolisme yang terjadi pada sel.
  4. Sintesis = Pada tahapan sintesis, virus mencoba membentuk komponen-komponen penyusun tubuh virus.
  5. Replikasi = Komponen-komponen yang sudah dibentuk diperbanyak sehingga menghasilkan banyak anakan.
  6. Perakitan = Komponen-komponen virus yang telah dibentuk sebelumnya, dirangkai menjadi virus utuh dan siap untuk keluar dari tubuh inang.
  7. Lisis = sel inang mengalami lisis dan virus baru keluar dari tubuh inang.

0

Roboguru

Apa yang dimaksud dengan daur litik?

Pembahasan Soal:

Pada daur litik, sel bakteri akan dihancurkan (Iisis) oleh virus sehingga disebut daur litik. Perkembangbiakannya dimulai dengan menempelnya virus pada bakteri. Enzim pada virus melarutkan dinding sel bakteri, sehingga terbentuk lubang dan melalui lubang tersebut, virus memasukkan DNAnya ke dalam bakteri.

DNA virus yang telah berhasil masuk ke dalam tubuh bakteri kemudian mengambil alih tugas DNA bakteri dan juga menghancurkan DNA bakteri tersebut. Setelah itu virus akan melakukan sintesis DNA, protein pembungkus, dan bagian-bagian tubuh virus lainnya (satu sel bakteri cukup untuk membentuk 300 virus baru). Setelah virus baru terbentuk, dinding sel bakteri hancur (lisis) sehingga virus yang baru terbentuk akan keluar dan menginfeksi bakteri lain.

Tahapan-tahapan daur litik, yaitu:

  1. Adsorpsi (penempelan virus pada inang).
  2. lnjeksi/penetrasi (penyuntik materi genetik virus ke dalam sitoplasma sel inang dengan cara membuat lubang pada membran sel inang dengan enzim lisozim).
  3. Sintesis/replikasi (pembentukan virus baru di sel inang).
  4. Perakitan (menyelubungi molekul-molekul protein yang sudah terbentuk dengan kapsid sehingga menjadi tubuh virus yang utuh).
  5. Litik (penghancuran membran sel inang menggunakan enzim lisosom sehingga virus-virus dapat keluar dari sel inang tersebut).

0

Roboguru

Fase perkembangbiakan virus yang pada proses tahapannya materi genetik (DNA) menempel pada bakteri atau sel inang, karena disebabkan bakteri mempunyai daya tahan disebut dengan istilah fase ....

Pembahasan Soal:

Daur perkembangbiakan virus terdiri dari dua jenis, yaitu daur litik dan lisogenikDalam dua tahap pertama perkembangbiakan virus, yaitu tahap absorbsi dan penetrasi, daur litik dan daur lisogenik melalui tahap yang sama. Dimana tahap absorbsi terjadi ketika virus menempel pada dinding sel inang dan dalam tahap penetrasi, virus memasukkan materi genetik kedalam tubuh inang. Tahap yang membedakan daur litik dan daur lisogenik adalah tahap penggabungan dan fase pembelahan. Tahap penggabungan daur lisogenik terjadi ketika inang yang virus tempati cukup kuat sehingga virus tidak bisa mengambil alih kendali. Jadi, materi genetik dari virus akan bergabung dengan materi genetik inang dan membentuk profage Selanjutnya sel inang mengalami fase pembelahan dan profage ikut membelah sehingga setiap sel inang mengandung profage. Selama sel inang kuat dan dalam kondisi yang menguntungkan, virus tetap berada dalam bentuk profage. Namun, bila sel inang lemah atau dalam keadaan yang tidak menguntungkan, maka virus akan langsung memisahkan diri. Kemudian virus akan langsung menghancurkan materi genetik inang dan mengambil kendali. Setelah berhasil mengambil alih, tahap sintesis, perakitan, dan tahap lisis pun sama dengan daur litik. Ketika mulai masuk dalam tahap sintesis, terjadi penghancuran DNA sel inang sehingga membuat sintesis DNA bakteri berhenti bekerja dan digantikan oleh DNA/RNA virus. Selanjutnya terjadi tahap perakitan virus dimana tubuh, kepala, ekor, dan komponen virus menjadi satu virus yang utuh. Tahap yang terakhir adalah tahap lisis, dimana kerja enzim lisozim melubangi dinding sel inang dan membuat dinding sel mengalami perpecahan sehingga virus-virus baru dapat dilepaskan untuk melakukan replikasi ulang. 

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah E.

0

Roboguru

Replikasi genom virus yang pada akhirnya menyebabkan kematian sel inang terjadi pada siklus ...

Pembahasan Soal:

Siklus litik adalah siklus reproduksi atau replikasi genom virus yang pada akhirnya menyebabkan kematian sel inang. Istilah lisis mengacu pada tahapan akhir dari infeksi, yaitu saat sel inang bakteri lisis atau pecah dan melepaskan faga yang dihasilkan di dalam sel inang tersebut.space

Dengan demikian, jawaban yang benar adalah B.space

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved