Roboguru

Trypanosoma evansi dapat mengakibatkan penyakit ...

Pertanyaan

Trypanosoma evansi dapat mengakibatkan penyakit ... space 

  1. disentri space 

  2. kalazarspace 

  3. peradangan vaginaspace 

  4. sura pada hewan ternak space space 

  5. peradangan dalam rongga muluspace 

Pembahasan Soal:

Trypanosoma evansi adalah salah satu protoza yang menjadi parasit pada hewan. Protozoa ini dapat menyebabkan trypanosomiasis yang dikenal dengan nama Surra dan dapat mengakibatkan kematian pada ternak. Hewan yang rentan terhadap penyakit ini adalah unta, kuda, kerbau, sapi, kambing, domba, babi, bahkan anjing.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat yaitu D.spacespace

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Acfreelance

Terakhir diupdate 30 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Manusia yang senang makan daging sapi yang dimasak dengan tidak sempurna bisa terinfeksi cacing pita. Hal tersebut bisa terjadi karena daging tersebut mengandung ....

Pembahasan Soal:

Telur cacing pita keluar bersama dengan kotoran begin mathsize 11px style rightwards arrow end style termakan oleh sapi/ babi begin mathsize 11px style rightwards arrow end style di dalam tubuh sapi/ babi telur berkembang menjadi larva onkosfer begin mathsize 11px style rightwards arrow end style larva heksakan begin mathsize 11px style rightwards arrow end style menembus dinding usus sapi/ babi begin mathsize 11px style rightwards arrow end style masuk ke pembuluh darah dan limfa begin mathsize 11px style rightwards arrow end style menuju otot begin mathsize 11px style rightwards arrow end style larva heksakan berkembang menjadi sistiserkus begin mathsize 11px style rightwards arrow end style daging sapi/ babi yang terdapat sistiserkus dimakan oleh manusia begin mathsize 11px style rightwards arrow end style sistiserkus pecah dan skoleks (kepala) cacing menempel pada dinding usu halus manusia begin mathsize 11px style rightwards arrow end style berkembang menjadi cacing dewasa begin mathsize 11px style rightwards arrow end style bertelur.

Jadi, fase invektif cacing pita pada manusia adalah sistiserkus yang termakan bersama dengan daging sapi/ babi.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah D.space space  

0

Roboguru

Penyakit tidur di Afrika disebabkan oleh ....

Pembahasan Soal:

Trypanosoma gambiense merupakan salah satu protozoa yang bisa mengakibatkan penyakit tidur pada manusia. Protozoa ini mulanya terdapat di Afrika, kemudian menyebar ke Asia. Hospes perantaranya adalah lalat tse-tse, yaitu Glossina palpalis.spaceKetika lalat tse-tse mengisap darah seseorang maka, parasit Trypanosoma gambiense tersebut akan masuk ke dalam aliran darah orang tersebut dan menyebabkan penyakit tidur.

Jadi, jawaban yang tepat adalah B.space 

0

Roboguru

Seorang siswa mengamati organisme dibawah mikroskop dan ditemukan ciri-ciri berbentuk seperti gelendong, berklorofil, memiliki flagel. Berdasarkan ciri-ciri tersebut maka organisme tersebut termasuk d...

Pembahasan Soal:

Fitoflagellata merupakan kelompok Flagellata yang dapat melakukan fotosintesis karena memiliki klorofil. Protozoa yang tergolong ke dalam Flagellata memiliki ciri khas, yaitu memiliki alat gerak berupa flagelum atau bulu cambuk. Fitoflagellata yang memiliki bentuk menyerupai gelendong adalah anggota dari kelas Euglonoida, contohnya Euglena viridis.space space 

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah A.space 

0

Roboguru

Euglena viridis merupakan organisme uniseluler yang mempunyai ciri seperti tumbuhan sekaligus seperti hewan. Euglena viridis dianggap mirip tumbuhan karena. . . .

Pembahasan Soal:

Euglena viridis termasuk protista mirip tumbuhan anggota divisi Euglenophyta. Euglena viridis adalah organisme satu sel yang memperlihatkan ciri - ciri yang mirip hewan dan sekaligus mirip tumbuhan. Euglena dianggap mirip tumbuhan karena memiliki klorofil dan mampu berfotosintesis. Euglena viridis dianggap mirip hewan karena tidak memiliki dinding sel, dapat bergerak bebas, dan berbintik mata.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah D.space space 

0

Roboguru

Jelaskan secara singkat siklus hidup Trypanosoma brucei!

Pembahasan Soal:

Trypanosoma brucei gambiense merupakan kelompok flagellata yang bersifat parasit dan mempunyai inang sementara berupa Lalat Tse-tse. Infeksi dari spesies ini pada manusia dapat menyebabkan penyakit Tidur yang dapat merusak sel saraf. Siklus hidup Trypanosoma brucei gambiense adalah sebagai berikut:

  1. Trypanosoma masuk ke dalam inangnya, yaitu manusia melalui gigitan lalat Tse-tse (Trypanosoma tersimpan pada kelenjar saliva).
  2. Pada tahap ini, Trypanosoma berada pada bentuk infektif yang disebut tripomastigot metasiklik dengan flagela yang pendek.
  3. Ketika memasuki aliran darah, parasit ini akan berubah bentuk menjadi tripomastigot dengan flagela yang lebih panjang.
  4. Tripomastigot bertambah banyak dengan melakukan pembelahan biner di dalam darah, limpa, dan cairan spinal.
  5. Lalat Tse-tse menjadi infektif dengan tripomastigot ketika menghisap darah manusia yang terinfeksi.
  6. Ketika di usus tengah lalat Tse-tse, tripomastigot berubah bentuk menjadi tripomastigot prosiklik yang melakukan perbanyakan diri di dalam usus.
  7. Setelah perbanyakan diri, tripomastigot prosiklik pindah dari anterior usus tengah ke kelenjar saliva lalat Tse-tse.
  8. Pada perjalanan menuju kelenjar saliva, tripomastigot prosiklik berkembang menjadi epimastigot dan menempel pada kelenjar saliva menggunakan flagelanya.
  9. Epimastigot berubah menjadi lebih kecil, yaitu bentuk infektif tripomastigot metasiklik dan
    melepaskan dirinya dari kelenjar saliva dan siap untuk menginfeksi manusia berikutnya. 

Dengan demikian, siklus hidup Trypanosoma brucei pada dasarnya terdiri dari 2 bagian, yaitu saat berada di dalam inang lalat Tse-tse dan saat berada di dalam inang manusia.space 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved