Iklan

Iklan

Pertanyaan

Transplantasi organ bertujuan untuk menggantikan organ tubuh yang rusak dengan organ baru, misalnya hati, kulit, jantung. Tranplantasi organ dari orang lain sering mengalami kegagalan, hal ini disebabkan ... .

Transplantasi organ bertujuan untuk menggantikan organ tubuh yang rusak dengan organ baru, misalnya hati, kulit, jantung. Tranplantasi organ dari orang lain sering mengalami kegagalan, hal ini disebabkan ... .

  1. tidak terjadi vaskularisasi

  2. sel limfosit menghasilkan antibodi dan makrofag “memakan” jaringan asing tersebut

  3. golongan darah tidak sesuai

  4. syaraf mengalami kerusakan

  5. produksi antibodi terhambat

Iklan

L. Anggraeni

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Ahmad Dahlan

Jawaban terverifikasi

Jawaban

pilihan jawaban yang tepat adalah C.

pilihan jawaban yang tepat adalah C.undefined  

Iklan

Pembahasan

Transplantasi organ adalah operasi pemindahan organ yang sehat ke tubuh orang yang menderita kerusakan organ. Ada banyak organ yang bisa ditransplantasi, termasuk jantung, ginjal, hati, dan pankreas. Prosedur pemindahan organ ini bisa menyelamatkan nyawa penerimanya. Namun di sisi lain, tindakan tersebut juga berisiko tinggi karena “penolakan” dari tubuh rentan terjadi. Sebab, organ baru tersebut dianggap sebagai benda asing yang harus dilawan. Sehingga, tubuh justru akan memperlakukannya layaknya penyakit dan akibatnya, organ baru itu tidak bisa bekerja dengan baik. Proses transplantasi organ bisa dibilang cukup rumit karena ada banyak hal yang harus dipastikan sebelum seseorang bisa menerima organ yang cocok. Secara umum, ada tiga hal yang akan dilalui pasien yang akan menerima prosedur ini, yaitu menunggu organ yang cocok, panduan sebelum dan saat operasi, serta tatalaksana setelah operasi. Lama atau tidaknya seseorang bisa mendapatkan organ yang cocok bisa dipengaruhi oleh beberapa hal, seperti: Golongan darah penerima. Bagi penerima dengan golongan darah yang langka, biasanya membutuhkan waktu lebih lama untuk mendapatkan organ yang cocok. Jenis jaringan Tinggi dan berat badan penerima Ukuran organ yang akan didonorkan Kegawatdaruratan medis. Pasien yang kondisinya gawat, bisa didahulukan. Jumlah orang yang mengantre untuk mendapatkan organ Jumlah orang yang bersedia menjadi donor organ. Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah C.

Transplantasi organ adalah operasi pemindahan organ yang sehat ke tubuh orang yang menderita kerusakan organ. Ada banyak organ yang bisa ditransplantasi, termasuk jantung, ginjal, hati, dan pankreas.

Prosedur pemindahan organ ini bisa menyelamatkan nyawa penerimanya. Namun di sisi lain, tindakan tersebut juga berisiko tinggi karena “penolakan” dari tubuh rentan terjadi. Sebab, organ baru tersebut dianggap sebagai benda asing yang harus dilawan. Sehingga, tubuh justru akan memperlakukannya layaknya penyakit dan akibatnya, organ baru itu tidak bisa bekerja dengan baik.

Proses transplantasi organ bisa dibilang cukup rumit karena ada banyak hal yang harus dipastikan sebelum seseorang bisa menerima organ yang cocok. Secara umum, ada tiga hal yang akan dilalui pasien yang akan menerima prosedur ini, yaitu menunggu organ yang cocok, panduan sebelum dan saat operasi, serta tatalaksana setelah operasi.

Lama atau tidaknya seseorang bisa mendapatkan organ yang cocok bisa dipengaruhi oleh beberapa hal, seperti:

  • Golongan darah penerima. Bagi penerima dengan golongan darah yang langka, biasanya membutuhkan waktu lebih lama untuk mendapatkan organ yang cocok.
  • Jenis jaringan
  • Tinggi dan berat badan penerima
  • Ukuran organ yang akan didonorkan
  • Kegawatdaruratan medis. Pasien yang kondisinya gawat, bisa didahulukan.
  • Jumlah orang yang mengantre untuk mendapatkan organ
  • Jumlah orang yang bersedia menjadi donor organ.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah C.undefined  

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

12

Nayla Lisrha

Makasih ❤️

Fadya nur aulya

Jawaban tidak sesuai

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Tiga hari lalu seorang perempuan terdiagnosis menderita penyakit jantung. Jantungnya tidak dapat berfungsi secara normal akibat kerusakan beberapa jaringan. Salah satu teknologi medis yang dapat digun...

1

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia