Iklan

Iklan

Pertanyaan

Transmigrasi di Indonesia sudah dilakukan pada tahun 1905. Hal ini tentu saja berlangsung sebelumIndonesia merdeka pada tahun 1945. Jelaskan jenis-jenis transmigrasi penduduk yang ada di Indonesia!Berikan contohnya!

Transmigrasi di Indonesia sudah dilakukan pada tahun 1905. Hal ini tentu saja berlangsung sebelum Indonesia merdeka pada tahun 1945. Jelaskan jenis-jenis transmigrasi penduduk yang ada di Indonesia! Berikan contohnya!space 

Iklan

A. Bryando

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Siliwangi

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Transmigrasi adalah fenomena perpindahan penduduk dari daerah yang padat penduduk ke daerah yang ditetapkan oleh pemerintah dengan tujuan mengurangi kemiskinan dan kepadatan penduduk. Jenis-jenis transmigrasi adalah sebagai berikut. Transmigrasi lokal, merupakan transmigrasi yang dilakukan pada cakupan wilayah yang sama, seperti halnya masih dalam satu wilayah atau lingkup provinsi. Contohnya adalah perpindahan penduduk dari Jawa Tengah ke Banten. Transmigrasi swakarya, merupakan jenis transmigrasi dari pemerintah yang bertujuan untuk memberikan pekerjaan bagi penduduk tersebut dan memiliki jaminan hidup selama beberapa bulan. Contohnya adalah adanya program pemerintah berupa petani muda yang mengharuskan orang-orang yang mengikuti program tersebut untuk pindah ke wilayah yang memiliki lahan pertanian dan dibiayai oleh pemerintah. Transmigrasi sektoral, merupakan transmigrasi yang biaya dan kebutuhannya ditanggung oleh pemerintah dan pribadi. Contohnya adalah seseorang ingin melakukan transmigrasi dari Bandung ke Tasikmalaya dengan biaya pribadi dan pemerintah. Transmigrasi umum, merupakan transmigrasi yang dilakukan karena adanya dorongan keterbatasan lapangan pekerjaan, wilayah yang sempit, serta sedikitnya sumber daya alam. Contohnya adalah perpindahan penduduk dari desa ke kota yang memiliki lapangan kerja yang luas. Transmigrasi swakarsa, merupakan transmigrasi yang dilakukan dengan biaya sendiri, namun adanya bimbingan dan fasilitas dari pemerintah. Contohnya adalah adanya pelatihan kerja yang disediakan oleh pemerintah, sehingga penduduk memiliki kemampuan khusus dan dapat melakukan perpindahan ke daerah yang menunjang kemampuan tersebut. Transmigrasi bedol desa, merupakan transmigrasi massal yang terjadi di suatu desa dan pemerintah menyediakan fasilitas dan biaya untuk masyarakat. Contohnya adanya proyek kereta cepat menyebabkan beberapa penduduk di sekitar pembangunan proyek harus pindah. Transmigrasi keluarga, merupakan transmigrasi yang dilakukan atas kemauan sendiri dan biaya pribadi. Contohnya adalah transmigrasi dari Jakarta ke Malang karena keinginan pribadi.

Transmigrasi adalah fenomena perpindahan penduduk dari daerah yang padat penduduk ke daerah yang ditetapkan oleh pemerintah dengan tujuan mengurangi kemiskinan dan kepadatan penduduk.

Jenis-jenis transmigrasi adalah sebagai berikut.

  • Transmigrasi lokal, merupakan transmigrasi yang dilakukan pada cakupan wilayah yang sama, seperti halnya masih dalam satu wilayah atau lingkup provinsi.
    Contohnya adalah perpindahan penduduk dari Jawa Tengah ke Banten.
  • Transmigrasi swakarya, merupakan jenis transmigrasi dari pemerintah yang bertujuan untuk memberikan pekerjaan bagi penduduk tersebut dan memiliki jaminan hidup selama beberapa bulan.
    Contohnya adalah adanya program pemerintah berupa petani muda yang mengharuskan orang-orang yang mengikuti program tersebut untuk pindah ke wilayah yang memiliki lahan pertanian dan dibiayai oleh pemerintah.
  • Transmigrasi sektoral, merupakan transmigrasi yang biaya dan kebutuhannya ditanggung oleh pemerintah dan pribadi.
    Contohnya adalah seseorang ingin melakukan transmigrasi dari Bandung ke Tasikmalaya dengan biaya pribadi dan pemerintah.
  • Transmigrasi umum, merupakan transmigrasi yang dilakukan karena adanya dorongan keterbatasan lapangan pekerjaan, wilayah yang sempit, serta sedikitnya sumber daya alam. Contohnya adalah perpindahan penduduk dari desa ke kota yang memiliki lapangan kerja yang luas.
  • Transmigrasi swakarsa, merupakan transmigrasi yang dilakukan dengan biaya sendiri, namun adanya bimbingan dan fasilitas dari pemerintah.
    Contohnya adalah adanya pelatihan kerja yang disediakan oleh pemerintah, sehingga penduduk memiliki kemampuan khusus dan dapat melakukan perpindahan ke daerah yang menunjang kemampuan tersebut.
  • Transmigrasi bedol desa, merupakan transmigrasi massal yang terjadi di suatu desa dan pemerintah menyediakan fasilitas dan biaya untuk masyarakat. 
    Contohnya adanya proyek kereta cepat menyebabkan beberapa penduduk di sekitar pembangunan proyek harus pindah.
  • Transmigrasi keluarga, merupakan transmigrasi yang dilakukan atas kemauan sendiri dan biaya pribadi.
    Contohnya adalah transmigrasi dari Jakarta ke Malang karena keinginan pribadi.space 

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

21

Erricha Rizky

Pembahasan lengkap banget Mudah dimengerti Makasih ❤️ Bantu banget Ini yang aku cari!

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Pemerintah memindahkan penduduk dari daerah padat ke daerah jarang penduduk dari daerah padat ke daerah jarang penduduk dengan menanggung seluruh biayanya, dikenal dengan sebutan ...

45

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia