Pertanyaan

Transformator hanya dapat bekerja pada arus AC karena ....

Transformator hanya dapat bekerja pada arus AC karena ....

  1. tidak terjadi perubahan fluks magnetik pada arus AC

  2. tidak terjadi perubahan fluks magnetik pada arus DC

  3. perubahan fluks magnetik terlalu besar pada arus DC

  4. pada arus AC tidak ada arus induksi yang ditimbulkan

  5. pada arus DC arus induksi yang ditimbulkan terlalu besar

Y. Cahya

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah B.

jawaban yang tepat adalah B.

Pembahasan

Transformator atau trafo merupakan suatu komponen elektronika yang digunakan untuk menaikkan atau menurunkan tegangan bolak-balik (AC) melalui fenomena induksi elektromagnetik. Trafo hanya bekerja jika dihubungkan dengan sumber tegangan AC. Adanya perubahan arus menimbulkan perubahan fluks magnetik. Perubahan fluks ini menyebabkan terjadinya arus induksi di kumparan sekunder.Ketika arus yang mengalir pada kumparan primer mulai konstan maka tidak ada perubahan fluks magnetik pada kumparan sekunder, sehingga arus pada kumparan sekunder nol. Jika arus pada kumparan primer besarnya berubah-ubah, maka arus pada kumparan sekunder pun akan berubah-ubah. Dengan kata lain, jika pada kumparan primer diberikan sumber AC maka pada kumparan sekunder dihasilkan arus AC juga. Transformator digunakan untuk mengubah tegangan kumparan primer (input) menjadi tegangan kumparan sekunder (output). Oleh karena itu, transformator hanya dapat bekerja pada arus AC. Arus DC tidak akan menghasilkan output arus DC pula, karena tidak terjadi perubahan fluks magnetik pada arus DC sehingga tidak menghasilkan arus induksi. Jadi, jawaban yang tepat adalah B.

Transformator atau trafo merupakan suatu komponen elektronika yang digunakan untuk menaikkan atau menurunkan tegangan bolak-balik (AC) melalui fenomena induksi elektromagnetik. Trafo hanya bekerja jika dihubungkan dengan sumber tegangan AC.

Adanya perubahan arus menimbulkan perubahan fluks magnetik. Perubahan fluks ini menyebabkan terjadinya arus induksi di kumparan sekunder. Ketika arus yang mengalir pada kumparan primer mulai konstan maka tidak ada perubahan fluks magnetik pada kumparan sekunder, sehingga arus pada kumparan sekunder nol.

Jika arus pada kumparan primer besarnya berubah-ubah, maka arus pada kumparan sekunder pun akan berubah-ubah. Dengan kata lain, jika pada kumparan primer diberikan sumber AC  maka pada kumparan sekunder dihasilkan arus AC juga.

Transformator digunakan untuk mengubah tegangan kumparan primer (input) menjadi tegangan kumparan sekunder (output). Oleh karena itu, transformator hanya dapat bekerja pada arus AC. Arus DC tidak akan menghasilkan output arus DC pula, karena tidak terjadi perubahan fluks magnetik pada arus DC sehingga tidak menghasilkan arus induksi.

Jadi, jawaban yang tepat adalah B.

2rb+

0.0 (0 rating)

Iklan

Pertanyaan serupa

Berikut ini merupakan pernyataan yang benar mengenai transformator step-up adalah ….

4rb+

3.5

Jawaban terverifikasi

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia