Roboguru

Tingkat urbanisasi yang tinggi mengakibatkan dampak sosial yang besar seperti timbulnya pemukiman yang kumuh, angka kejahatan meningkat dan kualitas lingkungan perkotaan yang rendah. Solusi yang bisa dilakukan untuk mengurangi tingginya angka urbanisasi ialah...

Pertanyaan

Tingkat urbanisasi yang tinggi mengakibatkan dampak sosial yang besar seperti timbulnya pemukiman yang kumuh, angka kejahatan meningkat dan kualitas lingkungan perkotaan yang rendah. Solusi yang bisa dilakukan untuk mengurangi tingginya angka urbanisasi ialah...space 

Pembahasan Soal:

Urbanisasi merupakan perpindahan penduduk yang ditandai dengan pergerakan dari daerah perdesaan ke daerah perkotaan. Kota tujuan urbanisasi memiliki daya tarik yang besar, salah satunya standar upah yang tinggi dan memiliki lapangan kerja yang beragam dibandingkan dengan desa. Namun, semakin banyaknya jumlah penduduk yang melakukan urbanisasi inilah yang menjadi awal dari tingkat kepadatan penduduk yang terus meningkat. Cara mengurangi tingginya angka urbanisasi ini dengan menciptakan lapangan pekerjaan di desa, meningkatkan kapasitas pengetahuan dan keterampilan, meningkatkan produktifitas masyarakat desa dan meningkatkan laju pada sektor pembangunan seperti melengkapi sarana dan prasarana yang dapat membantu segala aktifitas yang dilakukan oleh masyarakat desa. Dengan demikian diharapkan upaya tersebut mampu menurunkan angka urbanisasi.space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

F. Nur

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Malang

Terakhir diupdate 30 April 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Mobilitas berikut yang bukan termasuk mobilitas permanen adalah....

Pembahasan Soal:

Jenis-Jenis Mobilitas Penduduk adalah sebagai berikut.
Mobilitas nonpermanen merupakan pergerakan penduduk dari satu wilayah ke wilayah lain yang bersifat sementara.

  • Komuter, yaitu mobilitas secara ulang-alik (pergi-pulang) tanpa menginap di tempat yang dituju, atau dengan kata lain waktu yang dibutuhkannya kurang dari 24 jam. 
  • Sirkulasi, yaitu jenis mobilitas penduduk non permanen tetapi sempat menginap di tempat tujuan atau mobilitas non permanen musiman. Orang yang melakukan sirkulasi dinamakan sirkuler.

Mobilitas permanen merupakan pergerakan penduduk dari satu wilayah ke wilayah lain yang bersifat menetap dalam jangka waktu yang lama. 

  • Imigrasi, yaitu proses masuknya migran ke negara tujuan.
  • Emigrasi, yaitu proses keluarnya migran dari negara asal
  • Remigrasi, yaitu proses kembalinya migran ke negara asalnya setelah pindah dan menetap di negara tujuan
  • Urbanisasi, yaitu perpindahan penduduk dari kawasan perdesaan ke wilayah perkotaan.
  • Ruralisasi, yaitu perpindahan penduduk dari kota ke desa.
  • Transmigrasi yaitu perpindahan penduduk antar satu pulau ke pulau lain.

Jadi, jawaban yang tepat adalah B.space

0

Roboguru

Transmigrasi yang dilaksanakan atas kemauan atau kehendak sendiri dengan biaya sendiri disebut transmigrasi….

Pembahasan Soal:

Transmigrasi swakarsa atau yang biasa disebut sebagai transmigrasi spontan merupakan transmigrasi yang dilakukan dengan biaya sendiri, namun berdasarkan bimbingan dan juga fasilitas yang diberikan oleh pemerintah. Transmigrasi swakarsa atau transmigrasi spontan inilah transmigrasi yang diharapkan oleh pemerintah. Pemerintah mengharapkan supaya rakyatnya yang bertempat tinggal ditempat-tempat yang terlalu ramai, kemudian mendapat kesadaran akan pentingnya meninggalkan daerah yang terlalu padat tersebut dan beralih ke daerah baru yang mana potensi alamnya perlu digali dan dikembangkan. Dengan demikian kemerataan daerah dapat kita peroleh dengan mudah.

Jadi, jawaban yang benar adalah D.

0

Roboguru

Gerak penduduk menuju ke sebuah daerah tanpa ada tujuan untuk menginap disebut...

Pembahasan Soal:

Gerak penduduk menuju ke sebuah daerah tanpa ada tujuan untuk menginap disebut juga komutasi. Komutasi merupakan mobilitas penduduk nonpermanen secara pulang-pergi tanpa menginap di tempat yang dituju. Orang yang melakukan mobilitas komutasi disebut dengan komuter. 

0

Roboguru

Andi merupakan penduduk Kota X yang mulanya bekerja di pertanian. Kemudian dia bekerja sebagai karyawan perusahaan swasta. Andi termasuk dalam mobilitas ....

Pembahasan Soal:

Pembagian bentuk mobilitas sosial didasarkan pada berpengaruh tidaknya hasil perpindahan status sosial yang dialami dengan derajat sosial yang dimiliki. Secara umum bentuk mobilitas sosial terbagi menjadi dua, yaitu vertikal dan horizontal.

  1. Mobilitas sosial vertikal.
    Mobilitas sosial vertikal adalah perpindahan status sosial yang dimiliki seseorang atau kelompok ke status sosial lain yang tidak sederajat dari sebelumnya.
  2. Mobilitas sosial horizontal.
    Mobilitas horizontal adalah suatu mobilitas dimana perpindahan status sosial yang dialami seseorang atau kelompok tidak akan mengubah derajat sosialnya atau akan tetap sejajar seperti sebelumnya.

Untuk contoh kasus diatas, Andi masih berada/tinggal sebagai penduduk di kota X . Namun demikian, Andi mempunyai perkerjaan baru yang berbeda dibangding pekerjaannya sebelumnya di mana pekerjaan tersebut tidak berada dalam satu bidang, sehingga mobilitas sosial yang di jalani Andi adalah mobilitas sosial vertikal.

Jadi, jawaban yang tepat adalah A.

0

Roboguru

Faktor pendorong urbanisasi tinggi ke kota-kota besar adalah ....

Pembahasan Soal:

Penyebab masyarakat desa berpindah ke kota adalah ada faktor pendorong dari desa, jika di desa sudah bagus dalam segi pembangunan masyarakat yang sudah tinggal di desa akan tetap tinggal di desa. Pemerintah sudah melakukan pembangunan yang sama seperti di kota. Oleh karena itu jawaban yang tepat untuk nomor 25 adalah pilihan jawaban D.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved