Iklan

Iklan

Pertanyaan

Tingginya pengguna sosial tak jarang dijumpai remaja Indonesia mengikuti cara berpakaian ataupun perilaku selebriti dari berbagai belahan dunia. Hal ini dapat berdampak pada perilaku remaja seperti tidak mementingkan budaya lokal. Kasus tersebut menunjukkan bahwa dampak negatif globalisasi dalam kehidupan sosial budaya adalah ….

Tingginya pengguna sosial tak jarang dijumpai remaja Indonesia mengikuti cara berpakaian ataupun perilaku selebriti dari berbagai belahan dunia. Hal ini dapat berdampak pada perilaku remaja seperti tidak mementingkan budaya lokal. Kasus tersebut menunjukkan bahwa dampak negatif globalisasi dalam kehidupan sosial budaya adalah ….undefined 

  1. masuknya banyak tenaga kerja asing yang mendominasi tenaga kerja lokalundefined 

  2. mudah terpengaruh budaya luar hingga cenderung melupakan budaya lokalundefined 

  3. menumbuhkan sikap toleransi antar masyarakatundefined 

  4. memahami konsep multikulturalismeundefined 

Iklan

W. Ayu

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat berdasarkan pernyataan pada soal adalah C.

jawaban yang tepat berdasarkan pernyataan pada soal adalah C.undefined 

Iklan

Pembahasan

Globalisasi adalah meluasnya pengaruh kebudayaan dan ilmu pengetahuan ke seluruh penjuru dunia. Globalisasi dapat berdampak positif dan negatif. Dalam kehidupan sosial budaya, globalisasi dapat membuat suatu masyarakat mudah terpengaruh oleh budaya-budaya Barat dan budaya luar hingga cenderung melupakan budaya lokal. Selain itu, dampak negatif globalisasi dalam kehidupan sosial budaya dapat menumbuhkan anggapan bahwa budaya lokal sangatlah tradisional dan harus ditinggalkan karena masyarakat cenderung berperilaku mengikuti budaya luar secara intensif. Oleh karena itu, jawaban yang tepat berdasarkan pernyataan pada soal adalah C.

Globalisasi adalah meluasnya pengaruh kebudayaan dan ilmu pengetahuan ke seluruh penjuru dunia. Globalisasi dapat berdampak positif dan negatif. Dalam kehidupan sosial budaya, globalisasi dapat membuat suatu masyarakat mudah terpengaruh oleh budaya-budaya Barat dan budaya luar hingga cenderung melupakan budaya lokal. Selain itu, dampak negatif globalisasi dalam kehidupan sosial budaya dapat menumbuhkan anggapan bahwa budaya lokal sangatlah tradisional dan harus ditinggalkan karena masyarakat cenderung berperilaku mengikuti budaya luar secara intensif.

Oleh karena itu, jawaban yang tepat berdasarkan pernyataan pada soal adalah C.undefined 

6rb+

YORI LOEY

Jawaban tidak sesuai

Muhammad Rendhy Hami Wanadi

Jawaban tidak sesuai

vernosh

Jawaban tidak sesuai

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Para remaja semakin mudah dalam mengakses berita-berita, musik, film, dan gaya hidup masyarakat dari negara lain hanya dengan modal aplikasi media sosial dan internet. Percepatan dan keterbukaan arus ...

1rb+

5.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia