Iklan

Iklan

Pertanyaan

Tingginya kandungan karbon dioksida dalam udara dapat mencemari lingkungan. Tanaman membutuhkan karbon dioksida untuk melakukan fotosintesis. Bagaimana pengaruh tingginya karbon dioksida di udara terhadap pertumbuhan tanaman?

Tingginya kandungan karbon dioksida dalam udara dapat mencemari lingkungan. Tanaman membutuhkan karbon dioksida untuk melakukan fotosintesis. Bagaimana pengaruh tingginya karbon dioksida di udara terhadap pertumbuhan tanaman? 

Iklan

E. Rocky

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Surabaya

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Pembahasan
lock

Meningkatnya kadar di atmosfer membawa dampak buruk bagi lingkungan seperti pemanasan global dan kenaikan muka air laut. Akan tetapi menguntungkan untuk lahan pertanian beririgasi , seperti tanaman biji-bijian dan kacang-kacangan. Pengaruhtingginya karbon dioksida di udara terhadap pertumbuhan tanaman mengakibatkan peningkatan laju pertumbuhan tanaman dalam proses fotosintesis. Fotosistesis adalah proses dimana energi dari sinar matahari digunakan untuk mengubah karbon dioksida ( ) dan air ( ) menjadi zat gula atau glukosa ( ) yang dibutuhkan untuk pertumbuhan . Dikarenakan karbon dioksida dibutuhkan dalam proses fotosintesis, apabila konsentrasi karbon dioksida meningkat, maka laju proses fotosistesis juga meningkat dan mempengaruhi pertumbuhan tanaman.

Meningkatnya kadar begin mathsize 14px style text CO end text subscript 2 end style di atmosfer membawa dampak buruk bagi lingkungan seperti pemanasan global dan kenaikan muka air laut. Akan tetapi menguntungkan untuk lahan pertanian beririgasi, seperti tanaman biji-bijian dan kacang-kacangan. Pengaruh tingginya karbon dioksida di udara terhadap pertumbuhan tanaman mengakibatkan peningkatan laju pertumbuhan tanaman dalam proses fotosintesis. Fotosistesis adalah proses dimana energi dari sinar matahari digunakan untuk mengubah karbon dioksida (begin mathsize 14px style text CO end text subscript 2 end style) dan air (begin mathsize 14px style text H end text subscript 2 straight O end style) menjadi zat gula atau glukosa (begin mathsize 14px style straight C subscript 6 straight H subscript 12 straight O subscript 6 end style) yang dibutuhkan untuk pertumbuhan. Dikarenakan karbon dioksida dibutuhkan dalam proses fotosintesis, apabila konsentrasi karbon dioksida meningkat, maka laju proses fotosistesis juga meningkat dan mempengaruhi pertumbuhan tanaman.

Latihan Bab

Biosfer

Faktor-Faktor yang Memengaruhi Sebaran Flora dan Fauna

Karakteristik Bioma di Dunia

Persebaran Jenis-jenis Flora dan Fauna di Indonesia

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

501

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Komponen yang termasuk dalam lingkungan abiotik antara lain adalah....

69

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2023 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia