Roboguru

Tindakan apa yang diharapkan penulis cuplikan teks tersebut dari pembacanya? Adakah fakta/pendapat di dalamnya yang memperkuat bujukan itu?

Tindakan apa yang diharapkan penulis cuplikan teks tersebut dari pembacanya? Adakah fakta/pendapat di dalamnya yang memperkuat bujukan itu?space 

Jawaban:

Teks persuasi adalah suatu paragraf yang isinya berupa ajakan atau membujuk pembacanya agar melakukan atau mengikuti apa yang penulis ungkapkan di dalam teks. Harapan penulis dari setiap teks persuasi yang ditulisnya yaitu agar mengikuti apa yang penulis ungkapkan dalam teks. Pada teks di atas penulis berharap pembacanya bisa berhenti merokok. Harapan itu disampaikan lewat kalimat ajakan "Hentikan merokok sebelum candu rokok melekat pada diri Anda."

Pada teks persuasi terdapat fakta/pendapat yang berfungsi untuk memperkuat bujukan. Fakta adalah sesuatu yang benar-benar ada atau terjadi, sedangkan pendapat adalah buah pemikiran atau perkiraan tentang suatu hal (seperti orang atau peristiwa). Fakta yang diungkapkan dalam teks tersebut adalah data harga rokok yang mahal di Malaysia dan di Sanghai. Kalimat fakta terdapat pada kalimat ketiga dan keempat. Penulis mengungkapkan pendapat bahwa harga rokok yang mahal tidak bisa mengentikan pecandu rokok. Kalimat yang berupa pendapat tersebut yaitu "Seberapa mahal pun harga rokok tidak dapat menghentikan mereka."

Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah tindakan yang diharapankan dari pembacanya yaitu berhenti merokok dan disertai fakta/pendapat untuk memperkuat bujukan tersebut.space 

0

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved