Roboguru

Tindakan apa yang akan kamu lakukan untuk memanfaatkan energi altematif di Indonesia tersebut dalam mendukung pembangunan?

Pertanyaan

Tindakan apa yang akan kamu lakukan untuk memanfaatkan energi altematif di Indonesia tersebut dalam mendukung pembangunan?space 

Pembahasan Soal:

Energi alternatif adalah energi yang baru dan terbarukan, artinya energi ini merupakan penemuan baru dan bersifat terbarukan. Di Indonesia ada berbagai macam energi baru dan terbarukan contohnya energi matahari, energi gelombang dan angin, energi panas bumi, energi air, energi nuklir, dan energi biomassa. Tindakan sederhana yang bisa dilakukan dalam kehidupan sehari-hari untuk mendukung penggunaaan eregi alternatif dalam pembangunan seperti menggencarkan penggunaan energi alternatif di sosial media karena lebih kurang 80% kebutuhan energi di Indonesia dipenuhi oleh minyak bumi jadi kita harus mempromosikan penggunaan energi alternatif. Energi alternatif yang bisa dimanfaatkan sehari-hari seperti biomassa, kita bisa mengumpulkan bahan organik seperti kotoran hewan, dedaunan, ranting, limbah organik rumah tangga, dan sebagainya untuk diolah menjadi energi biomassa. Dibandingkan energi alternatif lain, energi ini paling murah dan mudah dijangkau oleh masyarakat sehingga bisa terjangkau oleh semua kalangan. 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

E. Rocky

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Surabaya

Terakhir diupdate 30 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Sebutkan kegiatan yang dapat dilakukan dalam rangka pengelolaan energi baru dan terbarukan di Indonesia !

Pembahasan Soal:

Energi Baru dan Terbarukan adalah energi yang berasal dari proses alam yang diisi ulang secara terus menerus dan secara berkelanjutan dapat terus diproduksi tanpa harus menunggu waktu jutaan tahun layaknya energi berbasis fosil. EBT merupakan energi alternatif yang dapat dimanfaatkan oleh manusia di zaman modern ini sebagai pengganti dari energi fosil yang sifatnya tidak dapat diperbaharui dan tak terbarukan. Kegiatan yang dapat dilakukan dalam rangka pengelolaan energi baru dan terbarukan di Indonesia adalah sebagai berikut :

  1. Membatasi penggunaan energi fosil
  2. Mulai beralih ke energi baru dan terbarukan
  3. Efisien dalam penggunaan energi

0

Roboguru

Keuntungan dari pemakaian sumber daya terbarukan adalah ...

Pembahasan Soal:

Sumber daya terbarukan adalah segala sumber daya yang dapat diperbaharukan, mencakup produksi pertanian, perkebunan, dan sumber energi seperti matahari dan angin. Contoh dari energi terbarukan adalah biomassa kelapa sawit. Keuntungan pemakaian sumber daya terbarukan adalah dapat digunakan tanpa khawatir jumlahnya akan habis, dapat diproduksi dalam waktu singkat (renewable), dan ramah terhadap lingkungan.space 

Jadi, jawaban yang benar adalah B.

0

Roboguru

Sebutkan hal-hal yang dapat dilakukan sebagai bentuk pemanfaatan sumber daya alam secara ramah lingkungan dan berkelanjutan !

Pembahasan Soal:

Hal-hal yang dapat dilakukan sebagai bentuk pemanfaatan sumber daya alam secara ramah lingkungan dan berkelanjutan adalah sebagai berikut :

  1. Selektif, yaitu memilih, menggunakan, dan mengusahakan sumber daya alam dengan sungguh-sungguh untuk kepentingan keberlangsungan kehidupan
  2. Menjaga kelestarian. Untuk memanfaatkan sumber daya alam diperlukan teknologi maju dan canggih sehingga memungkinkan terpelihara kelestariannya.
  3. Perlunya penghematan sumber daya alam atau mengurangi bahaya eksploitasi besar-besaran terhadap pemakaian sumber daya alam agar tidak rusak dan punah.
  4. Perlunya upaya pembaharuan sumber daya alam hayati seperti reboisasi, mengembangbiakan flora dan fauna secara modern, penanaman ladang secara bergilir, dan pengolahan tanah.

0

Roboguru

Jenis energi alternatif yang bisa terbarukan atau bisa dipakai terus-menerus, mudah didapatkan dan ramah lingkungan di Indonesia adalah sebagai berikut, kecuali ....

Pembahasan Soal:

Energi fosil merupakan contoh energi yang dihasilkan dari pembakaran batu bara atau minyak bumi. Kedua jenis sumber energi ini merupakan kelompok sumber daya yang tidak dapat diperbarui.

Oleh sebab itu, jawaban yang tepat adalah pilihan C.space 

0

Roboguru

Di satu sisi masyarakat Indonesia mengonsumsi nasi sebagai makanan pokoknya. Di sisi lain ada sebagian masyarakat Indonesia yang memilih jagung, ketela, atau sagu sebagai makanan pokok. Faktor yang me...

Pembahasan Soal:

Pemilihan jenis makanan masyarakat yang terus-menerus dipertahankan disebabkan oleh pola makan. Pola makan adalah cara seseorang/ sekelompok orang untuk memanfaatkan pangan yang tersedia sebagai reaksi terhadap tekanan ekonomi dan sosial budaya yang dialaminya.

Jadi, jawaban yang tepat adalah B.space

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved