Iklan

Iklan

Pertanyaan

Timbunan sampah dapat menyebabkan polusi udara dan menimbulkan penyakit. Namun, masih banyak orang belum memiliki kesadaran untuk membuang sampah pada tempatnya. Hal ini karena belum membudayanya membuang sampah di kalangan masyarakat. Cara yang paling tepat untuk mencegah sekaligus mengatasi permasalahan sosial tersebut adalah ...

Timbunan sampah dapat menyebabkan polusi udara dan menimbulkan penyakit. Namun, masih banyak orang belum memiliki kesadaran untuk membuang sampah pada tempatnya. Hal ini karena belum membudayanya membuang sampah di kalangan masyarakat. Cara yang paling tepat untuk mencegah sekaligus mengatasi permasalahan sosial tersebut adalah ...space space 

  1. memberi hukuman kepada anak yang membuang sampah sembaranganspace space 

  2. menyediakan tempat sampah di berbagai tempat, terutama lokasi umumspace space 

  3. membiarkan anak memahami sendiri pentingnya membuang sampah pada tempatnyaspace space 

  4. mengajarkan dan memberi contoh dengan selalu membuang sampah pada tempatnyaspace space 

  5. membantu membersihkan sampah yang dibuang orang lain secara sembaranganspace space 

Iklan

N. Puspita

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah D.

jawaban yang tepat adalah D.space space 

Iklan

Pembahasan

Pembahasan

Poin soal adalah upaya mencegah sekaligus mengatasi permasalahan sosial berupa pencemaran lingkungan. Pada soal terdapat ilustrasi tentang permasalahan sosial akibat timbunan sampah yang dibuang masyarakat secara sembarangan. Tindakan yang dilakukan masyarakat, seperti membuang sampah sembarangan, berdampak pada lingkungan dan masyarakat itu sendiri, yaitu polusi udara dan munculnya penyakit. Jika hal itu dibiarkan berlanjut, maka akan menimbulkan masalah sosial di masyarakat . Oleh karena itu, perlu adanya upaya yang dilakukan agar penyebab masalah sosial tersebut tidak berkembang lebih jauh. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan memberikan pengajaran, sosialisasi atau penyuluhan tentang sampah supaya orang-orang sadar akan pentinnya membuang sampah pada tempatnya. Selain itu, supaya membuang sampah pada tempatnya dapat membudaya dalam masyarakat, maka dapat upaya yang dapat kita lakukan adalah dengan memberi contoh secara langsung bagaimana seharusnya membuang sampah pada tempatnya. Dengan demikian, upaya untuk mengatasi permasalahan sosial tersebut adalah mengajarkan dan memberi contoh dengan selalu membuang sampah pada tempatnya . Jadi, jawaban yang tepat adalah D.

Poin soal adalah upaya mencegah sekaligus mengatasi permasalahan sosial berupa pencemaran lingkungan.

Pada soal terdapat ilustrasi tentang permasalahan sosial akibat timbunan sampah yang dibuang masyarakat secara sembarangan. Tindakan yang dilakukan masyarakat, seperti membuang sampah sembarangan, berdampak pada lingkungan dan masyarakat itu sendiri, yaitu polusi udara dan munculnya penyakit. Jika hal itu dibiarkan berlanjut, maka akan menimbulkan masalah sosial di masyarakat. Oleh karena itu, perlu adanya upaya yang dilakukan agar penyebab masalah sosial tersebut tidak berkembang lebih jauh. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan memberikan pengajaran, sosialisasi atau penyuluhan tentang sampah supaya orang-orang sadar akan pentinnya membuang sampah pada tempatnya. Selain itu, supaya membuang sampah pada tempatnya dapat membudaya dalam masyarakat, maka dapat upaya yang dapat kita lakukan adalah dengan memberi contoh secara langsung bagaimana seharusnya membuang sampah pada tempatnya.

Dengan demikian, upaya untuk mengatasi permasalahan sosial tersebut adalah mengajarkan dan memberi contoh dengan selalu membuang sampah pada tempatnya.

Jadi, jawaban yang tepat adalah D.space space 

184

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Akibat perbedaan etnik, individu atau kelompok tertentu tidak diperbolehkan berpartisipasi dalam kehidupan sosial politik warga. Kondisi tersebut termasuk permasalahan sosial berupa . . . .

223

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia