Iklan

Iklan

Pertanyaan

Timbulnya Gerakan Wanita pada mulanya disebabkan oleh ...

Timbulnya Gerakan Wanita pada mulanya disebabkan oleh ...

Iklan

D. Setiadi

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Pendidikan Indonesia

Jawaban terverifikasi

Jawaban

timbulnya Gerakan Wanita Indonesia pada awalnya disebabkan untuk mengakhiri prakik feodalisme, terutama dalam kaitan hubungan pria dan wanita. Kebiasaan-kebiasaan setempat yang membatasi wanita untuk menolak prakitik poligami, adalah salah satu contoh motif kemunculan Gerakan Wanita Indonesia.

timbulnya Gerakan Wanita Indonesia pada awalnya disebabkan untuk mengakhiri prakik feodalisme, terutama dalam kaitan hubungan pria dan wanita. Kebiasaan-kebiasaan setempat yang membatasi wanita untuk menolak prakitik poligami, adalah salah satu contoh motif kemunculan Gerakan Wanita Indonesia.

Iklan

Pembahasan

Gerakan Wanita Indonesia (Gerwani) adalah organisasi wanita yang aktif pada tahun 1950-an dan 1960-an, organisasi ini kerap disebut-sebut memiliki afiliasi dengan Partai Komunis Indonesia. Pada masa awal pendiriannya, Gerwani didahului oleh Gerwis (Gerakan Wanita Istri Sedar) yang terbentuk pada 4 Juni 1950 di Kota yang secara historis memiliki "nilai" PKI, yakni Kota Semarang. Gerwis dibentuk oleh 6 organisasi yakni Rukun Putri Indonesia (Semarang), Persatuan Wanita Sedar (Surabaya), Istri Sedar (Bandung), Gerakan Wanita Indonesia (Kediri), Wanita Madura (Madura), dan Perjuangan Putri Republik Indonesia (Pasuruan). Para pendiri Gerwis ini memiliki latar sosial yang berbeda, ada yang merupakan keturunan priayi rendah, ada yang pernah turut andil dalam gerakan bawah tanah dengan ilham komunisme. Sejak awal pendirian Gerwis hingga menjadi Gerwani, konstitusi yang dirumuskan adalah menegaskan sikap sebagai organisasi non polittik dan tidak beraliasi dengan partai manapun, namun memang secara tidak langsung PKI memiliki pengaruh kuat dalam proses dan perkembangan Gerwani. Pendirian Gerwani diiringi dengan hasrat bersama untuk tercapainya kesamaan antara pria dan wanita di mata hukumdan diakhirinya praktik feodalisme. Dengan demikian, timbulnya Gerakan Wanita Indonesia pada awalnya disebabkan untuk mengakhiri prakik feodalisme, terutama dalam kaitan hubungan pria dan wanita. Kebiasaan-kebiasaan setempat yang membatasi wanita untuk menolak prakitik poligami, adalah salah satu contoh motif kemunculan Gerakan Wanita Indonesia.

Gerakan Wanita Indonesia (Gerwani) adalah organisasi wanita yang aktif pada tahun 1950-an dan 1960-an, organisasi ini kerap disebut-sebut memiliki afiliasi dengan Partai Komunis Indonesia. 
Pada masa awal pendiriannya, Gerwani didahului oleh Gerwis (Gerakan Wanita Istri Sedar) yang terbentuk pada 4 Juni 1950 di Kota yang secara historis memiliki "nilai" PKI, yakni Kota Semarang. Gerwis dibentuk oleh 6 organisasi yakni Rukun Putri Indonesia (Semarang), Persatuan Wanita Sedar (Surabaya), Istri Sedar (Bandung), Gerakan Wanita Indonesia (Kediri), Wanita Madura (Madura), dan Perjuangan Putri Republik Indonesia (Pasuruan). Para pendiri Gerwis ini memiliki latar sosial yang berbeda, ada yang merupakan keturunan priayi rendah, ada yang pernah turut andil dalam gerakan bawah tanah dengan ilham komunisme.
Sejak awal pendirian Gerwis hingga menjadi Gerwani, konstitusi yang dirumuskan adalah menegaskan sikap sebagai organisasi non polittik dan tidak beraliasi dengan partai manapun, namun memang secara tidak langsung PKI memiliki pengaruh kuat dalam proses dan perkembangan Gerwani. Pendirian Gerwani diiringi dengan hasrat bersama untuk tercapainya kesamaan antara pria dan wanita di mata hukum dan diakhirinya praktik feodalisme. 

Dengan demikian, timbulnya Gerakan Wanita Indonesia pada awalnya disebabkan untuk mengakhiri prakik feodalisme, terutama dalam kaitan hubungan pria dan wanita. Kebiasaan-kebiasaan setempat yang membatasi wanita untuk menolak prakitik poligami, adalah salah satu contoh motif kemunculan Gerakan Wanita Indonesia.

Latihan Bab

Munculnya Golongan Elit di Indonesia

Tumbuhnya Kesadaran Awal Kebangsaan

Organisasi-organisasi Kebangsaan

Sumpah Pemuda

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

4rb+

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Salah satu pengaruh gerakan wanita yang dipelopori oleh R. A. Kartini pada masa pergerakan nasional adalah ...

5rb+

3.3

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2023 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia