Roboguru

Pertanyaan

Tiga bidang yang menjadi poin penting dari pidato B.J. Habibie guna menjawab tuntutan reformasi adalah....

E. Mardiana

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Pendidikan Indonesia

Jawaban terverifikasi

Jawaban

bidang yang menjadi poin penting guna menjawab tuntutan reformasi adalah bidang politik, bidang hukum dan bidang ekonomi. 

Pembahasan

Dalam pidato pertamanya pada tanggal 21 Mei 1998, malam harinya setelah dilantik sebagai Presiden, pukul.19.30 WIB di Istana Merdeka yang disiarkan langsung melalui RRI dan TVRI, B.J. Habibie menyatakan tekadnya untuk melaksanakan reformasi. Pidato tersebut bisa dikatakan merupakan visi kepemimpinan B.J. Habibie guna menjawab tuntutan Reformasi secara cepat dan tepat. Beberapa point penting dari pidatonya tersebut adalah kabinetnya akan menyiapkan proses reformasi di ketiga bidang yaitu. 

  1. Di bidang politik antara lain dengan memperbarui berbagai perundangundangan dalam rangka lebih meningkatkan kualitas kehidupan berpolitik yang bernuansa pada PEMILU sebagaimana yang diamanatkan oleh Garis-garis Besar Haluan Negara (GBHN). 
  2. Di bidang hukum antara lain meninjau kembali Undang-Undang Subversi. 
  3. Di bidang ekonomi dengan mempercepat penyelesaian undangundang yang menghilangkan praktik-praktik monopoli dan persaingan tidak sehat.

Dengan demikian bidang yang menjadi poin penting guna menjawab tuntutan reformasi adalah bidang politik, bidang hukum dan bidang ekonomi. 

517

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

Deskripsikan kondisi yang menggambarkan situasi politik Indonesia setelah pelantikan B.J. Habibie sebagai Presiden Republik Indonesia!

356

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia