Iklan

Iklan

Pertanyaan

Tidak seperti alkohol, fenol merupakan asam lemah dalam larutan air. Mengapa demikian?

Tidak seperti alkohol, fenol merupakan asam lemah dalam larutan air. Mengapa demikian?

Iklan

Q. 'Ainillana

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Yogyakarta

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Fenol bersifat asam lemah karena pada gugus − OH lepas lebih mudah dibanding pada alkoholkarena stabilitas ion fenoksida (cincin benzena). Fenol adalah senyawa turunan benzenayang mempunyai gugus fungsi -OH. Gugus -OH terikat pada karbon yang menjadi bagian langsung dari cincin aromatik . Sedangkan alkohol terikat pada karbon yang terbuka. Sifat asam pada fenol lebih kuat daripada alkohol disebabkan oleh adanya stabilisasi resonansi pada ion fenoksida (fenol yang kehilangan ion H + pada gugus -OH). Pada ion alkoksida (alkohol yang kehilangan ion H + pada gugus -OH), muatan negatif terlokalisasi pada atom oksigen. Pada ion fenoksida muatan negatif terdelokalisasi pada posisi orto dan para pada cincin benzena. Delokalisasi muatan seperti ini mengakibatkan stabilitas ion fenoksida lebih besar daripada ion etoksida. Karena kestabilan yang lebih besar itulah maka ion pada fenol lebih mudah lepas dibanding alkohol , yang artinya fenol dapat bersifat sebagai asam lemah dalam air.

Fenol bersifat asam lemah karena H to the power of bold plus sign pada gugus  lepas lebih mudah dibanding pada alkohol karena stabilitas ion fenoksida (cincin benzena).

Fenol adalah senyawa turunan benzena yang mempunyai gugus fungsi -OH. Gugus -OH terikat pada karbon yang menjadi bagian langsung dari cincin aromatik. Sedangkan alkohol terikat pada karbon yang terbuka. Sifat asam pada fenol lebih kuat daripada alkohol disebabkan oleh adanya stabilisasi resonansi pada ion fenoksida (fenol yang kehilangan ion  pada gugus -OH). Pada ion alkoksida (alkohol yang kehilangan ion  pada gugus -OH), muatan negatif terlokalisasi pada atom oksigen. Pada ion fenoksida muatan negatif terdelokalisasi pada posisi orto dan para pada cincin benzena. Delokalisasi muatan seperti ini mengakibatkan stabilitas ion fenoksida lebih besar daripada ion etoksida. Karena kestabilan yang lebih besar itulah maka ion H to the power of bold plus sign pada fenol lebih mudah lepas dibanding alkohol, yang artinya fenol dapat bersifat sebagai asam lemah dalam air.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

4

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Tentukan apakah pernyataan berikut benar atau salah! Anilina bersifat sebagai basa Bronsted-Lowry.

3

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia