Roboguru

Tidak dipungkiri dengan adanya pandemi Covid-19 perekonomian Negara terhambat. Kondisi ini dibuktikan produktivitas BUMN berkurang sehingga laba yang diperoleh turun. Untuk meminimalisir resiko kerugian BUMN mengajukan pinjaman kepada pihak lain. Bagaimana pendapat anda, apakah setuju atau tidak setuju apabila BUMN mengajukan pinjaman pada masa pandemi Covid-19?

Pertanyaan

Tidak dipungkiri dengan adanya pandemi Covid-19 perekonomian Negara terhambat. Kondisi ini dibuktikan produktivitas BUMN berkurang sehingga laba yang diperoleh turun. Untuk meminimalisir resiko kerugian BUMN mengajukan pinjaman kepada pihak lain. Bagaimana pendapat anda, apakah setuju atau tidak setuju apabila BUMN mengajukan pinjaman pada masa pandemi Covid-19?undefined 

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Perlu diketahui sebelumnya bahwa tujuan utama dari BUMN adalah mendapatkan keuntungan agar bisa memberikan pendapatan bagi negara. Ketika terjadi pandemi COVID-19 menyebabkan produktivitas dan pendapatan BUMN menurun bahkan terancam gulung tikar. Jika perusahaan BUMN sampai gulung tikar maka akan menyebabkan permasalahan baru yaitu bertambahnya jumlah pengangguran.

Oleh karena itu untuk mengurangi resiko jangka panjang yang ditimbulkan, memang dianjurkan bagi BUMN yang membutuhkan bantuan untuk mengajukan pinjaman pada pihak lain. Tentu dengan tujuan agar BUMN tetap beroperasi hingga pandemi berakhir dan mampu meningkatkan produktivitasnya kembali sehingga dapat melunasi hutang tersebut.

Pemerintah juga akan membantu proses peminjaman dana yang dilakukan BUMN kepada pihak lain tersebut. Peran pemerintah disini bukan sebagai pihak yang meminjamkan dana, melainkan sebagai penjamin bagi pihak lain saat BUMN melakukan peminjaman dana.undefined 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Terakhir diupdate 20 Juli 2021

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved