Roboguru

Teror di pagi buta itu berwujud tas jinjing – sebuah barang yang pernah ditemuinya di gerai khusus di Canton Road, Tsim Sha Tsui, Hongkong. Tas itu dibandrol dengan harga ribuan dolar. Bukan harga itu yang membuatnya jatuh hati. Itu cukup mahal untuk ukuran kantongnya. Tapi karena ia begitu khas, dengan pola tartan, dan warna dasar yang hampir selalu bernuasan khaki – paduan yang dianggap paling mewakili sosoknya.             Saat itu, ia ingat, musim dingin baru saja lewat. Ia tengah didera bimbang, mematut-matut tas koleksi terbaru musim semi itu, ketika mendengar suara rendah. “Kamu sudah bekerja keras, sayang. Dan jika suka, kamu berhak memilikinya.” Suara lunak tapi tegas. Ketika ia menoleh, ia menemukan sepasang mata penuh dukungan. Mata yang menentramkan. Diam-diam, hatinya bersorak. Mereka memang pernah menyepakati satu hal: boleh membeli barang yang diinginkan untuk merayakan keberhasilan. Tak terkecuali barang mewah. (Tas Jinjing,Ong Hari Wahyu) Konflik yang terdapat dalam kutipan tersebut adalah ....

Pertanyaan

            Teror di pagi buta itu berwujud tas jinjing – sebuah barang yang pernah ditemuinya di gerai khusus di Canton Road, Tsim Sha Tsui, Hongkong. Tas itu dibandrol dengan harga ribuan dolar. Bukan harga itu yang membuatnya jatuh hati. Itu cukup mahal untuk ukuran kantongnya. Tapi karena ia begitu khas, dengan pola tartan, dan warna dasar yang hampir selalu bernuasan khaki – paduan yang dianggap paling mewakili sosoknya.

            Saat itu, ia ingat, musim dingin baru saja lewat. Ia tengah didera bimbang, mematut-matut tas koleksi terbaru musim semi itu, ketika mendengar suara rendah. “Kamu sudah bekerja keras, sayang. Dan jika suka, kamu berhak memilikinya.” Suara lunak tapi tegas. Ketika ia menoleh, ia menemukan sepasang mata penuh dukungan. Mata yang menentramkan. Diam-diam, hatinya bersorak. Mereka memang pernah menyepakati satu hal: boleh membeli barang yang diinginkan untuk merayakan keberhasilan. Tak terkecuali barang mewah.

(Tas Jinjing,Ong Hari Wahyu)

Konflik yang terdapat dalam kutipan tersebut adalah ....

  1. Keinginan melawan rasa kantuk di pagi buta.

  2. Keinginan yang menggebu-gebu untuk memiliki tas mahal.

  3. Kebimbangan istri di musim dingin untuk di luar rumah .

  4. Keinginan memiliki tas yang unik untuk dipamerkan.

     

  5. Keraguan antara menuruti kata hati atau kata suami.

Pembahasan Soal:

Masalah yang dimunculkan dalam kutipan di atas adalah tentang tokoh ia yang sulit membendung keinginannya memiliki tas yang harganya sangat mahal. Konflik biasanya dimunculkan sebagai inti dari suatu cerita. Konsepnya, jika konflik ini dihilangkan, bagian terpenting dalam cerita tersebut akan hilang juga. Dalam kutipan ini, jika tokoh ia tidak menginginkan tas mahal itu, tentu saja sebagian besar dari cerita tersebut akan hilang. Jadi, jawaban yang tepat adalah B.

 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Rizky

Mahasiswa/Alumni Universitas Indonesia

Terakhir diupdate 15 Desember 2020

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

“Tidak! Lagu Indonesia Raya itu tidak boleh ditukar. Kita harus mendengarnya sampai selesai!” “Tetapi, telingaku sakit mendengarnya!” kata orang yang berseragam hijau dengan tiga pistol di pinggangny...

Pembahasan Soal:

Masalah yang dialami oleh tokoh berseragam hijuan dengan tiga pistol ialah keinginan ia untuk menghentikan lagu Indonesia Raya yang sedang diputar karena dia mengaku telinganya sakit jika mendengar lagu Indonesia Raya. Akan tetapi, keinginan itu ditolak oleh tokoh berseragam hijau dengan dua pistol karena terjadi perkelahian akibat dua penumpang yang berebut untuk meminta diputarkan lagu daerahnya masing-masing. Selain itu, tokoh berseragam hijau dengan tiga pistol dituduh sebagai orang yang tidak cinta kepada tanah air karena meminta ganti lagu Indonesia Raya yang sedang diputar. Jadi, jawaban yang paling tepat adalah A.

0

Roboguru

Dara termenung. Vita memang memiliki kelebihan fisik dan materi yang tidak bisa dibandingkan dengan Dara. Karena itulah Vita pernah menjadi orang yang sangat melukai Dara, setahun yang lalu.      ...

Pembahasan Soal:

Konflik adalah permasalahan yang diangkat dalam sebuah cerita. Tahapan-tahapan yang terjadi di dalam konflik biasanya meliputi pengenalan, klimaks, dan antiklimaks. Konflik dalam cerita itu adalah Dara merasa benci dengan Vita hingga ingin membalas dendam. Hal ini diketahui dari kalimat terakhir “Apakah sekarang saatnya untuk menuntaskan urusan lama itu dan memukul telak si sombong Vita?” Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah D.

 

0

Roboguru

Bacalah kutipan cerita berikut! Setelah kejadian kemarin, Sabrina tak sanggup menampakkan wajahnya di depan teman-temannya. Ia masih sangat malu dan bermaksud untuk tidak masuk sekolah. Padahal, tema...

Pembahasan Soal:

Konflik adalah permasalahan dalam sebuah cerita. Cerita tersebut diawali dengan niatan Sabrina untuk tidak masuk sekolah karena malu pada teman-temannya. Kuatnya niat Sabrina membuat sahabatnya, Alisa, harus membujuknya untuk masuk sekolah dengan berbagai cara. Dengan demikian, jawaban yang paling tepat adalah C.

0

Roboguru

Penyebab konflik kutipan cerita tersebut adalah ....

Pembahasan Soal:

Dalam karya sastra, pokok-pokok peristiwa dapat disebut dengan alur. Tahapan alur salah satunya adalah tahap kemunculan konflik (rising action), yaitu merupakan awal munculnya konflik dalam cerita. Tahap inilah yang selanjutnya mengantarkan pembaca atau penonton menuju tahap selanjutnya yang lebih rumit dan menegangkan. Oleh karena itu, penyebab konflik kutipan cerita tersebut adalah desakan orang tua untuk menikah lagi dan kondisi ekonomi yang tidak mampu mencukupi anak.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A.space 

0

Roboguru

Bacalah dengan saksama kutipan cerita berikut! Di tengah jalan Rasmani diam saja, sebentar-sebentar menjauh ia sedikit, karena takut pakaian Masrul akan basah oleh air bajunya. Masrul memayungi anak ...

Pembahasan Soal:

Konflik biasa disebut sebagai masalah. Konflik pada kutipan cerita berikut adalah tokoh Masrul yang merasa iba melihat seorang anak perempuan bernama Rasmani basah kuyup dan menggigil karena kehujanan. Oleh sebab itu, tokoh Masrul memayungi Rasmani. Jadi, jawaban yang tepat adalah C.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved