Iklan

Iklan

Pertanyaan

Terlahir dengan nama Liem Tjoan Hok, di Pandeglang, Jawa Barat, 22 September 1937, Teguh Karya yang oleh rekan terdekatnya akrab dipanggil Om Steve, adalah sutradara film pelanggan piala citra. Dia layak disebut suhu teater Indonesia yang banyak melahirkan sineas-sineas terkemuka. Ia seorang pekerja keras dan selalu bersungguh-sungguh dalam menggarap film maupun drama. Bagi para seniman ia dianggap sebagai bapak, guru, sekaligus teman. Beberapa aktor-aktris film Indonesia berjaya dan populer setelah membintangi film-film Teguh Karya. Walau lahir dengan nama Liem Tjoan Hok, Teguh lebih merasa sebagai orang Banten. Memasuki bangku SMP, Teguh pindah ke Jakarta, menumpang di rumah Engku-Dek, pamannya. Anak pertama dari lima bersaudara pedagang kelontong ini kemudian mewarisi kegemaran membaca dari sang paman. Teguh boleh mendapat nilai jelek untuk aljabar dan ilmu ukur, tetapi untuk pelajaran sejarah, menggambar, dan bahasa ia selalu unggul. Keteladanan tokoh Teguh Karya dalam kutipan biografi tersebut adalah ...

Terlahir dengan nama Liem Tjoan Hok, di Pandeglang, Jawa Barat, 22 September 1937, Teguh Karya yang oleh rekan terdekatnya akrab dipanggil Om Steve, adalah sutradara film pelanggan piala citra. Dia layak disebut suhu teater Indonesia yang banyak melahirkan sineas-sineas terkemuka. Ia seorang pekerja keras dan selalu bersungguh-sungguh dalam menggarap film maupun drama. Bagi para seniman ia dianggap sebagai bapak, guru, sekaligus teman. Beberapa aktor-aktris film Indonesia berjaya dan populer setelah membintangi film-film Teguh Karya.

Walau lahir dengan nama Liem Tjoan Hok, Teguh lebih merasa sebagai orang Banten. Memasuki bangku SMP, Teguh pindah ke Jakarta, menumpang di rumah Engku-Dek, pamannya. Anak pertama dari lima bersaudara pedagang kelontong ini kemudian mewarisi kegemaran membaca dari sang paman. Teguh boleh mendapat nilai jelek untuk aljabar dan ilmu ukur, tetapi untuk pelajaran sejarah, menggambar, dan bahasa ia selalu unggul.

Keteladanan tokoh Teguh Karya dalam kutipan biografi tersebut adalah ...

  1. Beliau punya akrab dipanggil Om Steve oleh rekan dekatnya

  2. Ia pekerja keras dan selalu bersungguh-sungguh dalam bekerja

  3. Ia banyak melahirkan sineas-sineas terkemuka

  4. Mengangkat aktor dan aktris menjadi populer

  5. Walaupun keturunan Cina lebih merasa orang Banten

Iklan

A. ACFREELANCE

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah B.

jawaban yang tepat adalah B.

Iklan

Pembahasan

Keteladanan adalah hal yang dapat ditiru atau dicontoh. Dalam kutipan tersebut, keteladanan dari Teguh Karya adalah keseriusannya dalam bekerja. Teguh Karya merupakan seorang pekerja keras dan selalu bersungguh-sungguh dalam menggarap film maupun drama yang terdapat pada kalimat"Ia seorang pekerja keras dan selalu bersungguh-sungguh dalam menggarap film maupun drama." Jadi, jawaban yang tepat adalah B.

Keteladanan adalah hal yang dapat ditiru atau dicontoh. Dalam kutipan tersebut, keteladanan dari Teguh Karya adalah keseriusannya dalam bekerja. Teguh Karya merupakan seorang pekerja keras dan selalu bersungguh-sungguh dalam menggarap film maupun drama yang terdapat pada kalimat  "Ia seorang pekerja keras dan selalu bersungguh-sungguh dalam menggarap film maupun drama." Jadi, jawaban yang tepat adalah B.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

21

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Perhatikan kutipan biografi berikut! Abid Ghofar bin Aboe Dja’far atau Ebit G. Ade lahir di Wanadadi Banjarnegara 21 April 1954, merupakan anak termuda dari 6 bersaudara. Ayahnya seorang PNS dan ib...

26

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia