Roboguru

Terjadinya pergantian siang dan malam, gerak semu matahari dan bintang, dan pepat bumi pada kedua kutubnya adalah akibat dari ...

Pertanyaan

Terjadinya pergantian siang dan malam, gerak semu matahari dan bintang, dan pepat bumi pada kedua kutubnya adalah akibat dari ...space space 

  1. gravitasi bumispace space 

  2. revolusi bumispace space 

  3. rotasi bumispace space 

  4. rotasi bulanspace space 

  5. revolusi bulanspace space 

Pembahasan Soal:

Pertanyaan soal di atas merupakan akibat dari rotasi bumi. Rotasi bumi adalah perputaran bumi pada sumbunya. Dalam satu kali rotasi, bumi membutuhkan waktu selama 23 jam 56 menit. Akibat dari rotasi bumi adalah sebagai berikut.

  • Terjadinya perbedaan siang dan malam.
  • Terjadinya gerak semu matahari.
  • Perbedaan percepatan graitasi bumi atau pepat bumi pada kedua kutubnya akibat gravitasi.

Jadi, jawaban yang tepat adalah C.space space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Aghnia

Mahasiswa/Alumni Universitas Indonesia

Terakhir diupdate 02 Mei 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Jelaskan apa yang menyebabkan Bumi berputar pada porosnya!

Pembahasan Soal:

Peredaran bumi mengelilingi sumbunya atau porosnya dari arah barat ke timur disebut dengan rotasi bumi. Pergerakan ini dipicu oleh beberapa faktor, mulai dari redistribusi Bumi, atmosfer serta pergerakan arus laut, dan interaksi dengan matahari atau planet lainnya. Lama proses peredaran bumi mengelilingi sumbunya ini disebut dengan kala rotasi, yaitu selama 23 jam 56 menit 4 detik. Kala rotasi dikenal dengan satu hari.space 

0

Roboguru

Rotasi bumi berputar mengelilingi....

Pembahasan Soal:

Rotasi bumi berputar mengelilingi porosnya. Rotasi Bumi merujuk pada gerakan berputar planet Bumi pada sumbunya. Bumi berputar ke arah timur, atau jika dilihat dari utara, melawan arah jarum jam. Masa rotasi Bumi pada sumbunya dalam hubungannya dengan bintang ialah 23 jam, 56 menit dan 4.091 detik. Masa rotasi dalam kaitannya dengan Matahari ialah 24 jam.

0

Roboguru

Apa yang dimaksud dengan rotasi bumi?

Pembahasan Soal:

Rotasi bumi adalah gerak perputaran Bumi pada porosnya dengan  memerlukan waktu selama 23 jam 56 menit dan 4,09 detik untuk berotasi penuh 360 derajat. Dengan durasi tersebut, maka umumnya dibulatkan menjadi 24 jam seperti perhitungan jam dalam waktu sehari-hari. 

0

Roboguru

Apa saja akibat rotasi bumi ?

Pembahasan Soal:

Ada beberapa akibat yang ditimbulkan dari proses rotasi Bumi ini. Berikut adalah beberapa dampak rotasi Bumi :

  1. Terjadi pergantian siang dan malam ; salah satu dampak rotasi Bumi yang paling banyak diketahui adalah adanya siang dan malam. Setiap hari terjadi pergantian siang dan lama dan hal ini sebenarnya merupakan dampak dari adanya rotasi Bumi tersebut. Akibat perputaran Bumi pada porosnya, bagian Bumi yang menghadap matahari akan terjadi waktu siang hari. Sebaliknya, bagian Bumi yang membelakangi matahari akan mengalami waktu malam hari. Adapun lama waktu siang dan malam bisa berbeda-beda di berbagai negara, tergantung letaknya di belahan bumi bagian mana.
  2. Adanya gerak semu harian matahari ; dampak rotasi Bumi berikutnya adalah terjadinya gerak semu harian matahari. Hal ini berbeda dengan gerak semu tahunan matahari yang diakibatkan oleh proses revolusi Bumi. Adanya gerak semu matahari membuat matahari seolah-olah bergerak mengelilingi Bumi dengan terbit dan terbenam. Padahal faktanya Bumi lah yang mengelilingi matahari. Adanya rotasi Bumi dari arah barat ke arah timur membuat fenomena gerak semu harian matahari ini bisa diamati tiap harinya.
  3. Pembagian zona waktu ; adanya perbedaan waktu di berbagai belahan Bumi juga diakibatkan oleh rotasi Bumi. Terdapat 24 zona waktu yang ada di bumi dari barat sampai timur. Pusat waktu berada di kota Greenwich, Inggris yang terletak pada bujur 0⁰. Setiap selisih bujur 15⁰ akan mengalami perbedaan waktu dengan selisih satu jam. Bagian bumi di sebelah timur Greenwich akan mengalami waktu yang lebih cepat dari Greenwich. Sebaliknya, bagian bumi di sebelah barat Greenwich akan mengalami zona waktu yang lebih lambat. Misalnya saja di Indonesia, dibagi menjadi tiga zona waktu yakni wilayah Indonesia bagian barat (WIB), wilayah Indonesia bagian tengah (WITA) serta wilayah Indonesia bagian timur (WIT).
  4. Perbedaan percepatan gravitasi Bumi ; dampak rotasi Bumi berikutnya adalah adanya perbedaan percepatan gravitasi Bumi. Rotasi bumi mengakibatkan gerakan yang arahnya menjauhi pusat. Akibatnya bentuk Bumi menjadi tidak bulat sempurna, tetapi agak mengembang di bagian tengahnya dan pepat di bagian kutubnya. Hal tersebut kemudian menghasilkan perbedaan percepatan gravitasi Bumi. Dampaknya, percepatan gravitasi di daerah khatulistiwa lebih kecil dibandingkan percepatan gravitasi Bumi di daerah kutub.
  5. Pembelokan arah arus laut ; akibat rotasi Bumi juga termasuk adanya pembelokan arah arus laut. Angin yang ada di atas permukaan air laut mengakibatkan adanya gelombang dan arus laut. Hasilnya terjadi pembelokan arah arus laut yang disebut sebagai efek Coriolis.

 

0

Roboguru

Rotasi Bumi memerlukan waktu selama ....

Pembahasan Soal:

Bumi memerlukan waktu selama 23 jam 56 menit dan 4,09 detik untuk berotasi penuh 360 derajat.

Oleh karea itu, jawaban yang tepat adalah C.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved