Iklan

Iklan

Pertanyaan

Terjadinya Perang Dunia II menunjukkan tidak berdayanya Liga Bangsa-Bangsa (LBB) mengatasi konflik antarnegara. Berikut yang bukan alasan LBB tidak dapat memainkan perannya sebagaimana yang diharapkan adalah ....

Terjadinya Perang Dunia II menunjukkan tidak berdayanya Liga Bangsa-Bangsa (LBB) mengatasi konflik antarnegara. Berikut yang bukan alasan LBB tidak dapat memainkan perannya sebagaimana yang diharapkan adalah ....

  1. Liga Bangsa-Bangsa tidak memiliki tentara

  2. Liga Bangsa-Bangsa lamban mengambil tindakan

  3. Jerman dilarang menjadi anggota Liga Bangsa-Bangsa

  4. tidak semua negara bergabung dengan Liga Bangsa-Bangsa (LBB)

  5. Liga Bangsa-Bangsa tidak memiliki kekuatan untuk menekan negara-negara yang berkonflik

Iklan

E. Mar'Atus

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Airlangga

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Terjadinya Perang Dunia II menunjukkan tidak berdayanya Liga Bangsa-Bangsa mengatasi konflik antarnegara. LBB dianggap gagal melaksanakan perdamaian dunia antara lain disebabkan: Tidak semua negara bergabung dalam Liga Bangsa-Bangsa. AS, Jerman, dan Rusia adalah contoh negara yang tidak tergabung dalam LBB. Meskipun ide membenruk Liga BangsaBangsa datang dari Woodrow Wilson, terjadi perubahan pemerintahan di AS sebelum penandatanganan perjanjian tersebut. Pemerintahan baru AS yang dikuasai Partai Republik menolak untuk bergabung dengan LBB. Sebagai hukuman karena mengawali Perang Dunia I, Jerman tidak diizinkan untuk bergabung. Sementara itu, Rusia dikeluarkan dari keanggotaan karena meningkatnya kekhawatiran terhadap komunisme. Liga Bangsa-Bangsa tidak memiliki tentara. Tentara harus disediakan oleh negara-negara anggota. Namun, negara-negara anggota enggan terlibat karena berisiko memprovokasi negara agresor. Liga Bangsa-Bangsa lamban mengambil tindakan. Dewan Liga Bangsa-Bangsa hanya bertemu empat kali dalam setahun. Keputusan-keputusan hasil perremuannya harus disetujui oleh semua bangsa. Ketika negara-negara meminta LBB untuk mengintervensi, LBB harus mengatur pertemuan darurat, mengadakan diskusi, dan mendapatkan persetujuan dari semua anggota. Proses ini memperlihatkan bahwa LBB tidak cekatan mengambil tindakan untuk menghentikan suatu tindakan agresi. Berikut yang bukan alasan LBB tidak dapat memainkan perannya sebagaimana yang diharapkan adalah Liga Bangsa-Bangsa tidak memiliki kekuatan untuk menekan negara-negara yang berkonflik.

Terjadinya Perang Dunia II menunjukkan tidak berdayanya Liga Bangsa-Bangsa mengatasi konflik antarnegara. LBB dianggap gagal melaksanakan perdamaian dunia antara lain disebabkan:

  •  Tidak semua negara bergabung dalam Liga Bangsa-Bangsa. AS, Jerman, dan Rusia adalah contoh negara yang tidak  tergabung dalam LBB. Meskipun ide membenruk Liga BangsaBangsa datang dari Woodrow Wilson, terjadi perubahan pemerintahan di AS sebelum penandatanganan perjanjian tersebut. Pemerintahan baru AS yang dikuasai Partai Republik menolak untuk bergabung dengan LBB. Sebagai hukuman karena mengawali Perang Dunia I, Jerman tidak diizinkan untuk bergabung. Sementara itu, Rusia dikeluarkan dari keanggotaan karena meningkatnya kekhawatiran terhadap komunisme.
  • Liga Bangsa-Bangsa tidak memiliki tentara. Tentara harus disediakan oleh negara-negara anggota. Namun, negara-negara anggota enggan terlibat karena berisiko memprovokasi negara agresor.
  • Liga Bangsa-Bangsa lamban mengambil tindakan. Dewan Liga Bangsa-Bangsa hanya bertemu empat kali dalam setahun. Keputusan-keputusan hasil perremuannya harus disetujui oleh semua bangsa. Ketika negara-negara meminta LBB untuk mengintervensi, LBB harus mengatur pertemuan darurat, mengadakan diskusi, dan mendapatkan persetujuan dari semua anggota. Proses ini memperlihatkan bahwa LBB tidak cekatan mengambil tindakan untuk menghentikan suatu tindakan agresi.

Berikut yang bukan alasan LBB tidak dapat memainkan perannya sebagaimana yang diharapkan adalah Liga Bangsa-Bangsa tidak memiliki kekuatan untuk menekan negara-negara yang berkonflik.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

184

Jaemin Na12

Ini yang aku cari!

Saragi Dwi Noviyanti

Bantu banget

Elvia Nuraini

Bantu banget

Ani Rahayu

Pembahasan terpotong

Aldien Jaya Perman

Pembahasan tidak lengkap Pembahasan terpotong

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Berikut ini peristiwa yang tidak melatarbelakangi Perang Dunia II adalah ....

54

4.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia