Roboguru

Terjadinya industrialisasi merupakan salah satu dampak perkembangan iptek. Jelaskan maksud pernyataan tersebut!

Pertanyaan

Terjadinya industrialisasi merupakan salah satu dampak perkembangan iptek. Jelaskan maksud pernyataan tersebut! 

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Perkembangan teknologi yang terjadi di abad ke-21 saat ini tidak terlepas dari pengaruh revolusi industri yang telah terjadi dalam beberapa tahap. Tahap pertama revolusi industri ditandai dengan penemuan mesin uap. Tahap kedua revolusi industri ditandai dengan penemuan aliran listrik. Dan tahap ketiga revolusi industri ditandai dengan penemuan internet. Dampak dari perkembangan teknologi yang berlangsung selama beberapa periode tersebut adalah munculnya industrialisasi. Industrialisasi merupakan suatu proses perubahan sosial ekonomi yang mengubah sistem pencaharian masyarakat agraris menjadi masyarakat industri. Tahap awal indutrialisasi adalah penggunaan mesin uap dalam proses produksi. Wujud nyata dari industrialisasi adalah didirikannya pabrik-pabrik. Pendirian pabrik-pabrik memiliki dampak positif serta negatif bagi kehidupan manusia dan lingkungan.

Dengan demikian, perkembangan industralisasi seperti revolusi industri tahap pertama sampai dengan tahap keempat tidak dapat dilepaskan dari adanya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Hal ini terlihat bagaimana tahapan revolusi indsustri sejalan dengan penemuan atau inovasi baru dalam teknologi.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

N. Puspita

Terakhir diupdate 16 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Buatlah mind mapping (peta konsep) tentang dampak kebijakan penjajah bangsa barat.

Pembahasan Soal:

Dengan demikian, dampak kebijakan bangsa Barat dari berbagai bidang (ekonomi, politik, budaya, sosial, dan pendidikan) dapat dilihat dalam peta konsep tersebut.

Roboguru

Pada masa politik liberal berbagai industri manufaktur mulai berkembang di Indonesia. Kondisi tersebut berdampak dalam bidang sosial berupa ....

Pembahasan Soal:

Pada masa pemerintahan kolonial Belanda, industri manufaktur sudah mulai didirikan di Nusantara. Sebagian besar industri manufaktur ini memproduksi makanan, minuman, gula, dan tembakau. Industri manufaktur juga membawa dampak besar dalam bidang sosial yang ditandai dengan munculnya golongan majikan dan golongan buruh, serta jabatan kuli dan mandor dalam masyarakat.

Roboguru

Salah satu dampak industrialisasi dalam bidang sosial bagi penduduk pribumi adalah….

Pembahasan Soal:

Untuk mengolah hasil produksi, mesin-mesin dengan teknologi mutakhir didatangkan langsung dari Eropa. Perusahaan mulai menyerap tenaga kerja, baik di penduduk Hindia Belanda maupun di daerah sekitarnya. Maka dari itu, di kalangan masyarakat Hindia Belanda muncul kelas sosial baru yaitu kelas buruh. Selain dari sisi penyerapan tenaga kerja, industri perkebunan juga meningkatkan pendapatan pemerintah kolonial dari pajak perusahaan. Dari pajak tersebut, kota-kota di sekitar industri mulai dibangun, seperti Semarang, Madiun, Surabaya, Medan, Bandung, dan Palembang.

Roboguru

Jelaskan dampak nyata kolonialisme-imperialisme bagi bangsa Indonesia yang masih bisa dirasakan/ada sampai saat ini di bidang POLEKSOSBUD! (tulislah dengan contohnya)

Pembahasan Soal:

Dampak kolonialisme-imperialisme bagi bangsa Indonesia masih dapat dirasakan hingga saat ini. Dampak tersebut terjadi dalam bidang politik, ekonomi, dan sosial budaya (POLEKSOSBUD). Dampak dalam bidang politik adalah kedatangan Belanda merubah keadaan politik di Indonesia yang sebelumnya sistem pemerintahannya kerajaan menjadi pemerintahan modern yang menjadikan bupati sebagai alat kekuasaan pemerintahan. Pegawai pemerintahan atau pamong praja pun ditempati oleh tenaga terdidik. Selain itu, kolonialisme Belanda menjadikan Batavia sebagai pusat pemerintahan. Hal ini masih dipertahankan ketika NKRI sudah berdiri dengan menjadikan Jakarta sebagai ibukota negara. Dampak di bidang ekonomi adalah diberlakukannya sistem sewa tanah, penanaman modal asing, serta pembangunan fasilitas umum seperti jalan raya Anyer-Panarukan melalui kerja rodi. Sementara itu, dampak bidang sosial budaya adalah tersebarnya penduduk di Jawa ke wilayah lain akibat transmigrasi atau bahkan exile (pembuangan), adanya perkampungan berdasarkan etnis, penggunaan kata serapan Bahasa Belanda, juga adanya akulturasi kuliner Belanda dan Indonesia melalui budaya rijstaffel. Bentuk akulturasi pangan ini adalah perpaduan penyajian lauk pauk khas Belanda seperti bistik dan perkedel dengan nasi sebagai makanan pokok orang Indonesia.

Dengan demikian dampak kolonialisme-imperialisme dalam bidang POLEKSOSBUD adalah berubahnya sistem pemerintahan, pusat pemerintahan berada di Pulau Jawa, adanya sistem ekonomi uang, dibangunnya fasilitas umum melalui kerja rodi, ikatan tradisi yang melemah dan hilangnya kekuasaan tradisional.space space

Roboguru

Deskripsikan perubahan yang terjadi dalam bidang perdagangan setelah masuknya pengaruh Portugis dan Belanda!

Pembahasan Soal:

Masuknya bangsa Eropa termasuk Portugis dan Belanda memberikan pengaruh dalam berbagai bidang kehidupan. Salah satu pengaruh atas kedatangan bangsa asing tersebut dalam bidang perdagangan. Kedatangan bangsa Eropa menjadikan perdagangan Nusantara semakin luas, dikenalnya tanaman komoditas ekspor, dan juga dikenalnya mata uang serta munculnya perbankan modern seperti De Javanche Bank. Kehidupan ekonomi yang meningkat menjadikan perbaikan dalam infrastruktur termasuk sarana transportasi.

Dengan demikian, pengaruh dalam bidang perdagangan atas kedatangan bangsa Portugis dan Belanda adalah semakin meluasnya ekonomi yang berpengaruh juga dengan peningkatan sarana pendukungnya seperti infrastruktur.

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved