Roboguru

Terjadinya erosi adalah salah satu kerusakan alam yang diakibatkan oleh ....

Pertanyaan

Terjadinya erosi adalah salah satu kerusakan alam yang diakibatkan oleh ....space 

  1. Gempa bumiundefined 

  2. Ulah manusiaundefined 

  3. Hujanundefined 

  4. Pembalakanundefined 

  5. Ladang berpindahundefined 

Pembahasan Soal:

Erosi adalah suatu peristiwa alam, dimana berbagai macam objek yang ada di bumi seperti bebatuan, tanah dan beberapa objek lainnya mengalami suatu pengikisan, baik yang diakibatkan oleh air, angin, es ataupun hujan. Erosi termasuk ke dalam tenaga eksogen pembentuk muka Bumi. Besar atau kecilnya erosi tergantung pada berbagai faktor yaitu, faktor iklim (intensitas hujan, rata-rata suhu, musim, kecepatan angin, dan frekuensi badai), faktor geologi (tipe batuan, porositas, dan permeabilitas, kemiringan lereng, dan tipe sedimen), dan faktor biologis (vegetasi tutupan lahan dan makhluk hidup).

Pada dasarnya pilihan jawaban ulah manusia yang mencakup pembalakan dan aktivitas ladang berpindah juga memungkinkan untuk terjadinya erosi karena mengurangi tutupan lahan untuk daerah resapan air. Tetapi merujuk pada pilihan jawaban lain yang tersedia, mengarah pada faktor utama terjadinya erosi.
 

Jadi, jawaban yang tepat adalah C.  

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

I. Handayani

Mahasiswa/Alumni Universitas Pendidikan Indonesia

Terakhir diupdate 05 Oktober 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Perhatikan grafik berikut! Pernyataan yang tepat sesuai dengan grafik tersebut adalah….

Pembahasan Soal:

Grafik tersebut memperlihatkan populasi penduduk yang berbanding lurus dengan pencemaran lingkungan. Sehingga semakin banyak populasi penduduk akan menyebabkan meningkatnya pencemaran lingkungan dan berlaku sebaliknya. Dengan demikian jawaban yang tepat adalah C.

1

Roboguru

Jelaskan dampak negatif dari Limbah!

Pembahasan Soal:

Limbah adalah sisa dari suatu usaha maupun kegiatan yang mengandung bahan berbahaya atau beracun yang karena sifat, konsentrasi, dan jumlahnya, baik yang secara langsung maupun tidak langsung dapat membahayakan lingkungan, kesehatan, kelangsungan hidup manusia dan makhluk hidup lainnya. Contohnya seperti limbah cair yang dihasilkan dari pabrik tahu. Limbah cair yang dihasilkan tidak diolah terlebih dahulu dan langsung dibuang ke sungai sehingga mencemari sungai. Hal tersebut dapat merusak sumber air masyarakat dan dapat membunuh organisme yang ada di sungai tersebut.

Jadi, limbah dapat mempengaruhi kehidupan makhluk hidup baik secara langsung atau tidak yang nantinya akan mengancam kerusakan lingkungan.undefined 

0

Roboguru

Bumi mempunyai berbagai jenis ekosistem, salah satunya ekosistem pesisir. Contoh kerusakan pada ekosistem pesisir, yaitu ....

Pembahasan Soal:

Ekosistem pesisir merupakan daerah peralihan antara ekosistem darat dengan ekosistem laut, yang mana organisme penghuni ekosistem darat dan laut berkumpul dan saling berinteraksi. Beberapa kerusakan lingkungan di wilayah ini seperti pencemaran, rusaknya terumbu karang, hilangnya sumber makanan ikan karena pencemaran, abrasi pantai, pendangkalan, alih fungsi lahan, dan lain-lain.

Jadi, jawaban yang benar adalah C.

0

Roboguru

Kerusakan flora dan fauna dapat menyebabkan ketidakseimbangan ekosistem. Peristiwa yang mengindikasikan terjadinya ketidakseimbangan ekosistem adalah ....

Pembahasan Soal:

Kerusakan flora dan fauna dapat menimbulkan ketidakseimbangan ekosistem, misalnya berkaitan dengan populasi predator. Salah satu dampak kerusakan flora dan fauna di bumi, adalah dapat menimbulkan adanya ketidakseimbangan ekosistem. Ekosistem merupakan suatu kesatuan antara alam dengan makhluk hidup di dalamnya.

Dalam suatu ekosistem terdapat beberapa komponen yang menjadi penyusunnya. Misalnya ada tumbuhan sebagai produsen, hewan herbivora sebagai konsumen tingkat 1 dan hewan karnivora atau predator yang merupakan konsumen puncak. Apabila suatu komponen penyusun ekosistem tersebut hilang, maka dapat menyebabkan ketidakseimbangan ekosistem. Misalnya banyaknya pemburuan terhadap hewan ular (predator) pada ekosistem sawah, mengakibatkan meningkatnya jumlah hewan tikus yang dapat merusak hasil padi.

Jadi, jawaban yang benar adalah A.

0

Roboguru

Usaha-usaha yang bertujuan untuk menjadikan udara bersih dari polusi disebut program...

Pembahasan Soal:

Program langit biru merupakan program yang bertujuan untuk mengendalikan dan mencegah pencemaran udara dan mewujudkan perilaku sadar lingkungan baik dari sumber tidak bergerak (industri) maupun sumber bergerak yaitu kendaraan bermotor. Program Langit Biru tersebut telah diluncurkan pertama kali pada tahun 1996 oleh Kementerian Negara Lingkungan Hidup melalui Keputusan Menteri Negara Lingkungan Hidup Nomor 15 Tahun 1996. 

Jadi, jawaban yang benar adalah A.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved