Roboguru

Terbentuknya Pegunungan Andes disebabkan oleh pergerakan lempeng secara...

Pertanyaan

Terbentuknya Pegunungan Andes disebabkan oleh pergerakan lempeng secara...

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Pegunungan Andes adalah pegunungan terpanjang di dunia yang membentuk rangkaian dataran tinggi sepanjang pantai barat Amerika Selatan. Pegunungan Andes adalah salah satu pegunungan yang terbentuk dari proses konvergensi antara Lempeng Nazca dan Lempeng Amerika Selatan, dimana Lempeng Nazca ini adalah lempeng samudra yang punya massa jenis lebih besar sehingga Lempeng Nazca menunjam ke bawah lempeng Amerika. Hal ini ini kemudian membentuk deretan gunung-gunung api di dekat batas penunjamannya, yaitu Pegunungan Andes.
 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

N. Puspita

Terakhir diupdate 30 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Pegunungan lipatan yang terbentuk seperti pada gambar merupakan bukti dari batas pergerakan lempeng ....

Pembahasan Soal:

Gerakan konvergen adalah ketika lempeng tektonik bergerak saling mendekati hingga bertumbukan. Peristiwa pada gambar menunjukkan gerak konvergen antara dua lempeng benua, yang menyebabkan lempeng tektonik terangkat dan membentuk pegunungan tinggi.    space space

Roboguru

Kesamaan corak spesies hewan dan tumbuhan di permukaan bumi sebelah timur dan barat Samudra Atlantik serta pembentukan gunung dijelaskan dalam teori lempeng tektonik oleh...

Pembahasan Soal:

Teori pengapungan benua dikemukakan oleh Alfred Wegener (1912), dikatakan bahwa sampai sekitar 225 juta tahun lalu, di Bumi baru ada satu benua dan samudra yang mahaluas. Benua ini dinamakan dengan Pangea, sedangkan samudra yang mahaluas diberi nama Panthalassa. Benua tersebut mengalami pergerakan dan pecah. Teori ini didukung oleh berbagai bukti seperti adanya kesamaan garis pantai Afrika bagian barat dengan Amerika Selatan bagian timur, dan adanya kesamaan fosil pada daerah tersebut. 

Roboguru

Pernyataan  : (1) Patahan San Andreas;  (2) Palung Mariana; (3) Palung Jawa;  (4) Palung Mindanao;  (5) Pegunungan Andes. Bukti gerakan pertemuan lempeng Samudra Pasifik dan lempeng Filipina ter...

Pembahasan Soal:

Pola gerakan yang terjadi antara lempeng Samudera Pasifik dan Lempeng Filipina sudah sangat lama terjadi, dan mungkin hingga saat ini. Dalam pergerakan yang terjadi antara lempeng Samudera Pasifik dan Lempeng Filipina merupakan gerak Konvergen (gerakan yang saling mendekat) Oleh karena itu fenomena yang terjadi membentuk Zona Konvergen karena pertemuan yang terjadi antara lempeng samudra dengan lempeng benua. Dampaknya adalah terbentuknya palung laut karena adanya penunjaman yang dilakukan lempeng Filipina terhadap lempeng Samudera Pasifik lempeng tersebut ialah (2) Palung Mariana, dan (4) Palung Mindanao. Oleh karena itu jawaban yang tepat adalah pilihan jawaban C.

Roboguru

Terbentuknya pegunungan di Indonesia merupakan hasil dari...

Pembahasan Soal:

Terbentuknya gunung api dan pegunungan di Indonesia akibat pergerakan lempeng India-Australia yang menabrak dan bergerak ke bawah/ menujam lempeng Eurasia. Tabrakan kedua lempeng ini kemudian membentuk Pegunungan Himalaya, Parit Sunda dan Jawa, serta dataran tinggi Nugini. Ketika lempeng India-Australia bertabrakan dengan lempeng Eurasia, lempeng tersebut longsor jauh ke dalam bumi di bawah Indonesia. Akibat suhu yang berada di dalam bumi sangat tinggi, lempeng-lempeng yang menujam ke bawah bumi melebur menjadi magma, kemudian magma muncul melalui retakan di permukaan bumi dan lama kelamaan akibat suhu dan tekanan mengalami pendinginan dan membentuk gunung-gunung berapi yang ada di Indonesia.
 

Berdasarkan pembahasan di atas, jawaban yang tepat untuk soal ini adalah A.

Roboguru

Apa yang dimaksud dengan zona subduksi?

Pembahasan Soal:

Zona subduksi merupakan zona pertemuan dua lempeng atau lebih, yang merupakan tempat penunjaman antar lempeng sehingga menghasilkan punggungan lipatan. Zona subduksi dapat terjadi, baik antar dua lempeng samudra maupun antara lempeng benua dan samudra. Hal tersebut di sebabkan oleh perbedaan massa jenis, undefinedMassa lempeng samudra lebih berat dibanding massa lempeng benua. 

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved