Roboguru

Terangkan proses gerak berdasarkan teori sliding filament!

Pertanyaan

Terangkan proses gerak berdasarkan teori sliding filament!undefined

Pembahasan Soal:

Teori kontraksi otot yang disebut model sliding filament menyatakan bahwa kontraksi didasarkan adanya dua set filamen di dalam sel otot kontraktil yang berupa filament aktin dan miosin. Rangsangan yang diterima oleh asetilkolin menyebabkan aktomiosin mengerut (kontraksi). Pada waktu kontraksi, filamen aktin meluncur di antara miosin ke dalam zona H (zona H adalah bagian terang di antara 2 pita gelap). Dengan demikian serabut otot menjadi memendek, yang tetap panjang adalah ban A (pita gelap), sedangkan ban I (pita terang) dan zona H bertambah pendek waktu kontraksi.
Ujung miosin dapat mengikat ATP dan menghidrolisisnya menjadi ADP. Beberapa energi dilepaskan dengan cara memotong pemindahan ATP ke miosin yang berubah bentuk ke konfigurasi energi tinggi. Kemudian simpanan energi miosin dilepaskan. Kemudian terjadi relaksasi. Relaksasi ini mengubah sudut perlekatan ujung miosin menjadi miosin ekor. Ikatan antara miosin energi rendah dan aktin terpecah ketika molekul baru ATP bergabung dengan ujung miosin. Kemudian siklus tadi berulang lagi.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Acfreelance

Terakhir diupdate 13 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Jelaskan mekanisme kontraksi otot menurut teori pergeseran filamen!

Pembahasan Soal:

Kontraksi otot disebabkan karena adanya interaksi jembatan silang antara aktin dan miosin melalui mekanisme pergeseran filamen. Sewaktu kontraksi, filamen tipis di kedua sisi sarkomer bergeser ke arah dalam terhadap filamen tebal yang diam menuju ke pusat pita A. Saat bergeser, filamen tipis menarik garis-garis Z sehingga sarkomer memendek, menyebabkan seluruh serat otot memendek. Sewaktu kontraksi jembatan silang miosin dapat berikatan dengan molekul aktin sekitar, disebabkan adanya pergeseran tropomiosin dan troponin oleh C a to the power of plus 2 end exponent. Dua kepala miosin di masing-masing molekul miosin bekerja secara independen,dengan satu kepala yang melekat ke aktin pada suatu saat. Ketika tempat perlekatan dengan aktin terpajan, molekul miosin pada ekor menekuk untuk memudahkan pengikatan kepala miosin dengan molekul aktin yang terdekat. Pada pengikatan, kepala miosin menekuk 45⁰ ke arah dalam, menarik filamen tipis ke pusat sarkomer.space space 

0

Roboguru

Teori yang menjelaskan mekanisme kontraksi otot berdasarkan protein otot yang meluncur dan saling tumpang tindih untuk menghasilkan gerakan disebut dengan teori...

Pembahasan Soal:

Teori sliding filament menjelaskan tentang mekanisme kontraksi otot berdasarkan protein otot yang meluncur dan saling tumpang tindih untuk menghasilkan gerakan. Teori ini dikemukakan oleh peneliti dari University of Cambridge yaitu Andrew F. Huxley dan Rolf Niedergerke, dan peneliti dari Massachusetts Institute of Technology yaitu Hugh Huxley, dan Jean Hanson pada tahun 1954. Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah A.

0

Roboguru

Perhatikan pernyataan berikut ini! kepala miosin mengikat aktin pemecahan ATP menjadi ADP dan P pita A tetap otot memanjang pita I memanjang zona H memendek pernyataan yang benar mengenai ke...

Pembahasan Soal:

ketika otot relaksasi terjadi:

  • miosin melepas aktin
  • pita A tetap
  • pita I memanjang
  • zona H memanjang
  • otot memanjang

0

Roboguru

Otot yang bekerja secara sadar adalah otot ....

Pembahasan Soal:

Berdasarkan cara kerjanya, jenis otot dapat dikelompokkan menjadi otot sadar (berdasarkan kehendak) dan otot tidak sadar (di luar kehendak). Otot yang bekerja secara sadar adalah otot lurik/otot rangka, sedangkan otot tidak sadar adalah otot polos dan otot jantung.

Dengan demikian, otot yang bekerja secara sadar adalah otot lurik/otot rangka.space

0

Roboguru

Bagian otot yang melekat pada rangka disebut ....

Pembahasan Soal:

Gabungan otot berbentuk kumparan memiliki bagian ujung-ujung yang mengecil. Bagian ini disebut dengan urat otot (tendon). Berdasarkan cara melekatnya pada tulang, tendon dibedakan menjadi origo dan insersi. Origo merupakan ujung otot yang melekat pada tulang yang tidak bergerak ketika otot berkontraksi. Insersi merupakan tendon yang melekat pada tulang yang bergerak ketika otot berkontraksi.

Dengan demikian, bagian otot yang melekat pada rangka disebut tendon.space

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved